7 Fakta Menarik Di Balik Film Enola Holmes


  • 7 Fakta Menarik Di Balik Film Enola Holmes
    Fakta menarik di balik film Enola Holmes. (Foto: Dok. Instagram/enolasource)

    Enola Holmes menjadi salah satu film terbaru yang dirilis oleh Netflix pada 23 September lalu. Menceritakan tentang perjalanan Enola dalam mencari ibunya yang menghilang, film yang dibintangi oleh Millie Bobby Brown, Henry Cavill, dan Sam Claflin ini dikemas dengan ringan sehingga dapat disaksikan untuk melepas penat. Berikut herworld merangkum fakta menarik di balik film yang memiliki latar tempat di Inggris pada 1884 ini.


    (Baca Juga: Enola Holmes Pecahkan Misteri Atas Hilangnya Sang Ibu)




    Bertemakan feminisme

    Film yang disutradarai oleh Harry Bradbeer ini memiliki pesan kuat tentang perempuan yang dapat menentukan perjalanan hidupnya sendiri. Dengan menampilkan perempuan yang saling mendidik dan mendukung saat mengampanyekan kesetaraan gender ini juga mengacu pada kehidupan saat itu di mana hak pilih hanya dimiliki oleh laki-laki.


    Selain itu, Eudoria Holmes yang merupakan ibu dari Enola, juga digambarkan sebagai perempuan yang bercita-cita untuk melakukan perubahan. Ia membaca The Subjection of Women oleh John Stuart Mill. Beberapa scene juga menampilkan flyer tentang pertemuan hak pilih yang melibatkan Gwyneth Vaughan dan Margaret McMillan.




    Ilmu bela diri yang dikuasai para perempuan

    Selain dididik oleh ibunya tentang ilmu bela diri, sebuah adegan dalam film ini juga menampilkan Enola yang mengunjungi kelas jiu-jitsu yang diajar oleh Edith Garrud. Para perempuan ini mengikuti kelas jiu-jitsu sebagai bentuk perlindungan diri saat menghadapi kekerasan dengan polisi dan warga laki-laki ketika berkampanye untuk pemungutan suara.




    Millie Bobby Brown menjalin kedekatan dengan Louis Partridge

    Bintang yang memerankan tokoh Enola Holmes dan Viscount Tewkesbury ini tak hanya berteman dengan akrab di depan layar. Keduanya juga menjalin hubungan baik sejak proses syuting berlangsung. Bahkan, Millie senang mengunggah foto-foto bersama Louis dan di hari pertamanya, aktris yang juga membintangi Stranger Things itu menulis pesan untuk Louis di cermin dengan tinta pink.


    “Hi there, Mr. Partridge. Happy first day. Love, Millie xoxo. Gossip girl.” 




    Selain itu, sejak Louis mengikuti audisi, Millie tahu kalau lawan mainnya itu akan memerankan tokoh Tewkesbury dengan baik.




    Kedekatan antara keduanya ini juga menuai komentar netizen yang gemas karena pertemanan mereka.


    Henry Cavill senang saat menjadi pemain pendukung

    Aktor yang biasanya menjadi pemeran utama dalam berbagai film ini justru berperan sebagai pemain pendukung dalam Enola Holmes. Meskipun demikian, baginya peran ini merupakan pengalaman luar biasa yang menyenangkan. Dilansir dari CNN Indonesia, Henry justru menikmati menjadi bagian dari pesan feminisme dan keberagaman yang disampaikan dalam film ini.




    Menunjukkan ‘sisi gelap’ dari Sam Claflin 

    Tokoh Mycroft Holmes menjadi kesempatan bagi Sam Claflin dalam mengeksplor karakter yang memiliki sisi gelap. Selama tujuh tahun, pemeran Alex Stewart dalam Love, Rosie ini selalu terlibat dalam film romantis. Kepada Digital Spy, pria 34 tahun ini menuturkan bahwa ia senang dalam memerankan Mycroft. Ia juga menambahkan kalau dirinya bukan pria berusia muda lagi sehingga lebih cocok untuk memerankan karakter seorang ayah yang selalu tampak lelah dan menyebalkan.




    Berlokasi syuting yang sama dengan beberapa film Hollywood

    Dengan latar tempat di Inggris, ternyata beberapa lokasi syuting Enola Holmes sama dengan film Hollywood lainnya, seperti Treasury Building di Westminster dan Royal Naval College di Greenwich yang pernah menjadi lokasi syuting Les Miserables, Sleepy Hollow, Thor 2, dan Sherlock Holmes yang disutradarai oleh Guy Ritchie.


    Selain itu, kediaman Tewkesbury yang berlokasi di Hatfield House, Hertfordshire, juga menjadi lokasi syuting The Favourite dan video klip dari lagu Jonas Brothers, Sucker.




    Digugat oleh agensi Arthur Conan Doyle

    Pada Juni 2020, agensi milik Arthur Conan Doyle mengajukan gugatan terhadap Nancy Springer, Netflix, dan produser film Enola Holmes. Gugatan tersebut mengklaim bahwa seri Enola Holmes telah melanggar hak cipta karena menampilkan Sherlock Holmes yang bersikap lebih emosional dan peduli kepada sang adik, tidak seperti yang selaam ini digambarkan oleh Arthur dalam serialnya.


    (Baca Juga: 5 Rekomendasi Film Yang Wajib Kamu Tonton Di Akhir Pekan)


    Dari ketujuh fakta di atas, fakta nomor berapa yang baru kamu ketahui?


    (Penulis: Aurelia Gracia)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below