Ini Tanda Hubungan Sudah Tidak Cocok Untuk Dipertahankan


  • Ini Tanda Hubungan Sudah Tidak Cocok Untuk Dipertahankan
    Tanda Hubungan Sudah Tidak Cocok Untuk Dipertahankan (Foto:Dok/Pixabay)


    Saat menjalin hubungan, kamu dan pasangan pasti memilki perbedaan dalam menjalani hidup. Hal ini bukanlah masalah jika keduanya bisa saling memahami dan mengerti. 

    Namun jika tidak, hal ini bisa membuat hubungan tidak berjalan dengan lancar. Kamu dan pasangan akan sering bertengkar dan saling menyalahkan. Apa hubungan seperti ini masih patut dipertahankan?

    Sebelum membuat keputusan penting untuk mengetahui berbagai tanda hubungan sudah tidak cocok untuk dipertahankan. Dirangkum dari Bustle, berikut diantaranya.


    (Baca Juga: 5 Dampak Dari Memaksakan Hubungan Toxic Yang Patut Diketahui)


    1. Hadapi konflik sendirian

    Sebagai pasangan, kamu dan dia harus kerap dihadapi dengan berbagai konflik dalam hubungan. Dan untuk mengatasinya, kamu dan pasangan harus berkomunikasi dan berdiskusi agar keduanya sama-sama menyetujui cara untuk melaluinya.

    Namun jika hanya kamu yang memikirkan atau bahkan kamu cenderung tak didengarkan dan dihiraukan, ini bisa jadi salah satu tanda bahwa kamu dan dia tak lagi cocok untuk bersama. Davida Rappaport sebagai pakar hubungan dan konselor mengatakan bahwa jika pasangan merasa tak puas didengarkan dan diperhatikan, hal ini bisa memicunya untuk mencari orang lain.

    "Jika pasangan kamu tidak ingin membahas masalah, kamu pasti perlu bersama seseorang yang ingin membahas masalah dan hal-hal lain," kata Rappaport pada Bustle. Untuk memiliki hubungan yang benar-benar sehat, kamu harus cukup nyaman untuk mengekspresikan perasaan apa pun yang terjadi.


    2. Tidak apa adanya

    Jika kamu mulai merasa kamu perlu mengubah diri sendiri untuk menenangkan pasangan, mungkin inilah saatnya untuk memutuskan hubungan. Seperti yang dikatakan Maria Sullivan, pakar kencan dan VP dari Dating.com, "Kamu membutuhkan dukungan saat kamu tumbuh. Dan tidak ada gunanya mengubah dirimu sendiri untuk memperpanjang situasi yang tidak mengalir secara alami." 

    Berubah menjadi pribadi yang lebih baik adalah suatu hal yang positif. Namun hal ini harus dilakukan atas kesadaran diri sendiri, dan bukan tuntutan semata. Kamu mungkin akan bertanya pada diri sendiri apakah menjalin hubungan dengan satu orang ini benar-benar sepadan dengan kebahagiaanmu?


    (Baca Juga: Lakukan 5 Cara Ini Agar Hubungan Awet Dan Bertahan Lama)


    3. Selalu curiga

    Begitu juga dengan kepercayaan. Hubungan tanpa kepercayaan tak akan pernah berjalan dengan baik. "Kepercayaan adalah hal terpenting dalam hubungan apa pun dan sering kali ditanamkan seiring waktu," ujar Dr. Erica Rojas seorang psikolog khusus hubungan dan pendiri Broadway Psychological Associates kepada Bustle.

    "Jadi, jika salah satu pasangan telah menunjukkan perilaku yang menyebabkan perasaan yang lain untuk tidak percaya, ini harus ditangani secara langsung dalam hubungan," tambahnya.


    4. Tidak bisa berkompromi

    "Hubungan adalah tentang memberi dan menerima," jelas Dr. Erica Rojas. Jika kamu selalu merasa hanya kamu yang terus mengalah dan berjuang, mungkin ini saatnya untuk mengakhiri hubungan.

    Hubunganmu tidak akan pernah bisa seimbang jika hanya salah satu orang di dalam hubungan yang berjuang. Hubungan semacam ini akan sangat melelahkan untuk diperjuangkan.


    5. Tidak saling mendukung

    Jika kamu ingin hidup bersama dengan orang dalam jangka waktu yang lama, kamu perlu memahami bahwa banyak hal yang akan berubah seiring perjalanan waktu. Baik itu dari pola hidup, pekerjaan hingga tempat tinggal.

    Namun bagaimapun hal ini tentunya tak bisa jadi alasan untuk seseorang berhenti dan melarangmu mengejar impianmu. Justru sebaliknya, pasanganmu harus bisa membantumu mencari solusi agar tujuanmu tetap bisa terlaksana. Kamu dan dia perlu saling mendukung agar keduanya tumbuh bersama.

    "Pada akhirnya, menjalin hubungan tidak mengubah fakta bahwa kamu masih menjadi dirimu sendiri dengan harapan, impian, dan aspirasi individu," kata Rojas. Jadi, memiliki pasangan yang mendukung kebutuhanmu penting dalam jangka panjang.


    Itulah sejumlah tanda hubungan sudah tidak cocok untuk dipertahankan. Jika kamu merasakannya, ada baiknya untuk membicarakannya bersama pasangan agar mendapati jalan tengah.