4 Skill Yang Wajib Dimiliki Sebelum Menikah Dengan Pasangan


  • 4 Skill Yang Wajib Dimiliki Sebelum Menikah Dengan Pasangan
    Wajib memiliki 4 skill ini sebelum memutuskan untuk menikah. (Foto: Dok. Samantha/Unsplash)


    Siapa bilang cinta saja cukup untuk membangun rumah tangga yang harmonis? Meskipun tanpanya pernikahan akan terasa hambar, namun ada beberapa hal lain yang wajib dimiliki oleh kamu dan pasangan sebelum menikah.

    Ada beberapa skill yang diperlukan dan ditanam di dalam diri agar pernikahanmu berjalan dengan lancar. Sehingga saat masalah menimpa, kamu dan pasangan tak lagi saling menyalahkan, tapi saling bekerjasama agar konflik cepat berlalu.

    Lalu skill apa saja itu? dirangkum dari Your Tango, berikut empat skill yang wajib dimiliki kamu dan pasangan sebelum menikah.


    (Baca Juga: Jatuh Cinta Setelah Menikah Pada Orang Lain)


    1. Pengendalian emosi

    Sebelum memutuskan menikah, skill yang wajib dimiliki adalah cara mengendalikan emosi diri sendiri. Sehingga saat kamu atau pasangan berada di puncak kemarahan, salah satu di antaranya bisa menghadapinya dengan tenang.

    Jika kamu merasa dirimu belum cukup mampu mengendalikan emosi pribadimu, ada baiknya untuk mengasah kembali skill ini agar rumah tanggamu tenang dan berjalan dengan lancar.


    2. Komunikasi

    Berbicara dengan bijaksana, terutama ketika masalah yang dihadapi cukup membuat tertekan, adalah hal penting untuk dilakukan. Selain itu, mendengarkan dengan cara yang produktif juga bisa meringankan masalah yang ada.

    Oleh sebabnya penting untuk mengasah skill komunikasimu dengan baik. Mulailah dengan mendengarkan apa yang dikatakan oleh pasanganmu.


    (Baca Juga: 8 Persiapan Sebelum Menikah Yang Harus Kamu Dan Calon Tahu)


    3. Atasi konflik

    Semua pasangan memiliki perbedaan. Pasangan yang berhasil bisa mengetahui bagaimana membuat jalan antara satu sama lain agar mencapai tujuan yang sama. Terutama saat keduanya kerap dihadapi konflik dan memiliki sudut pandang penyelesaian yang berbeda.

    Oleh sebabnya sebelum menikah kamu perlu memiliki skill cara mengatasi konflik yang tak membuat satu di antara kalian merasa tak dihargai. Dengan begitu, kamu dan pasangan akan dengan mudah menyelesaikannya.


    4. Berpikiran positif

    Setiap kali kamu berbagi senyuman, menertawakan lelucon pasangan, menyetujui komentarnya, memuji dan berterima kasih kepadanya kamu telah membangun satu nilai positif di dalam hubunganmu. Tanpa disadari, hal-hal semacam inilah yang menyuburkan cinta kalian setiap harinya.

    Sehingga agar pernikahanmu berjalan dengan sempurna penting untuk memiliki skill itu semua. Ingatlah bahwa pernikahan itu bukan untuk satu hari. Tapi pernikahan untuk selamanya.