Sex & relationship

8 Persiapan Sebelum Menikah Yang Harus Kamu Dan Calon Tahu

By : Kiki Riama Priskila - 2020-07-02 17:25:00 8 Persiapan Sebelum Menikah Yang Harus Kamu Dan Calon Tahu

Kalau kamu berniat menikah pada tahun ini tentu sudah tahu bahwa pemerintah mengadakan sertifikasi pranikah sebagai syarat wajib. Tujuannya pun baik yakni untuk membekali calon pengantin seputar kesehatan reproduksi, pengasuhan anak, hingga keuangan dengan harapan keduanya akan lebih siap menghadapi rumah tangga. Sebenarnya, apa saja sih yang harus kamu dan pasangan wajib pelajari sebelum menikah? Baca selanjutnya di sini.



1. Mengetahui makna pernikahan

Demi membuka wawasan berpikir bagi kedua calon pengantin tentang arti pernikahan dan rumah tangga, kamu dan pasangan harus bisa mengenal satu sama lain dengan lebih baik. Berdiskusilah lebih dulu untuk menyamakan persepsi soal pernikahan dan kehidupan rumah tangga, karena gambaranmu akan keluarga bahagia belum tentu sama dengan pasangan.



(Baca Juga: 8 Pertanyaan Yang Harus Diajukan Sebelum Menikah)



2. Berkomitmen dalam pernikahan

Ketahui bahwa pernikahan merupakan komitmen yang harus dijalani seumur hidup. Dengan begitu, kamu dan calon suami bisa membangun kesiapan untuk menjalani pernikahan sehingga mampu menyiapkan diri untuk terus melakukan penyegaran hubungan pernikahan agar tak mudah merasa bosan.



3. Komunikasi yang efektif


(Usahakan agar komunikasi dengan pasangan tetap baik. Foto: Dok. Pexels/ArtHouse)


Sadari bahwa banyak perselisihan yang terjadi dalam pernikahan dipicu oleh komunikasi yang kurang baik. Pria dan wanita punya cara komunikasi yang berbeda sehingga bukan tak mungkin membawa pengaruh besar saat berumah tangga. Bagaimana seseorang berkomunikasi dan cara orang lain menerimanya sangat penting untuk dipelajari. Inilah yang nantinya bisa membantu menyelesaikan masalah karena kamu dan pasangan sudah saling memahami cara berkomunikasi.



4. Memahami proses penyelesaian masalah

Kamu dan calon suami harus menyiapkan diri untuk menghadapi segala tantangan rumah tangga. Belajarlah untuk mencari jalan keluar yang disepakati bersama jika ada masalah yang muncul. Pelajari juga alternatif problem solving yang bisa diterapkan jika ada tantangan.



(Baca Juga: Masih Rindu Mantan? Ini 6 Tanda Kamu Belum Siap Menikah)



5. Pehamanan finansial

Ajak pasangan untuk saling terbuka seputar finansial, mulai dari jumlah pemasukan, biaya yang akan ditanggung setelah menikah, pengeluaran saat menikah, hingga cara mengatur keuangan lainnya. Jika kamu atau pasangan memang ada utang, sebaiknya juga bicarakan soal hal ini. Finansial kerap jadi salah satu masalah utama dalam rumah tangga jika tak dibicarakan baik-baik. Mempersiapkannya sejak dini akan mengurangi potensi terjadinya konflik.



6. Menyesuaikan diri

Menikah merupakan proses penyesuaian diri yang dijalani seumur hidup. Bukan hanya antara kamu dan pasangan tapi juga pada keluarga dan teman-temannya, sekaligus tantangan-tantangan yang mungkin datang setelah menikah nanti. Gunakan setiap momen sebagai pembelajaran agar pribadimu dan si dia akan terus bertumbuh menjadi sosok yang lebih dewasa dan bijak.



(Baca Juga: Awas Salah Langkah, Begini Dampaknya Kalau Menikah Muda)



7. Cara mempertahankan api asmara


(Berusaha untuk tetap romantis. Foto: Dok. Pexels/Cottonbro)


Susah senang akan dijalani bersama namun kenyataannya, namun kehidupan pernikahan tak pernah seindah film. Sebagian besar dari kita akan mulai merasa bosan. Namun, pastikan kamu dan si dia sudah mempelajari cara untuk mempertahankan romansa di antara kalian. Tetap jaga keutuhan dan keharmonisan rumah tangga dengan terus berupaya untuk memberikan yang terbaik bagi pasangan, begitu juga sebaliknya.



8. Perencanaan keluarga

Satu lagi yang tak boleh dilewatkan, pastikan kamu dan pasangan sudah membicarakan soal perencanaan keluarga seperti program hamil, usia berapa kalian berencana untuk hamil, berapa banyak anak yang ingin dimiliki, dan jarak umurnya. Meski terkesan sepele, tapi ini menjadi salah satu poin penting yang bisa memengaruhi banyak aspek dalam rumah tanggamu kelak.



Pada akhirnya, persiapan untuk menikah tak hanya seputar budget, dekorasi, venue, atau rencana rumah masa depan. Namun, pastikan kamu dan pasangan sama-sama menyiapkan semuanya mulai dari dalam diri sendiri. Semoga dengan mempelajari 8 hal yang wajib kamu ketahui sebelum menikah ini, rumah tanggamu akan senantiasa harmonis.

Sex & relationship