Ketahui Dampak Buruk Menjalin Hubungan Asmara Terlalu Cepat


  • Ketahui Dampak Buruk Menjalin Hubungan Asmara Terlalu Cepat
    Dampak buruk menjalin hubungan asmara terlalu cepat. (Foto:Dok.Kelly/Pexels)


    Saat sedang sendiri, mungkin kamu berpikir bahwa memiliki pasangan akan menjadi hal yang menyenangkan. Perasaan kesepian mungkin tak akan lagi dirasakan jika kamu menjalin hubungan asmara. Pernah memikirkannya?

    Namun perlu dipahami, menjalin hubungan asmara terlalu cepat memiliki dampak buruk bagi kamu dan pasangan. Bahkan, hal ini bisa berujung pada ketidakberhasilan hubungan dan hanya membuang waktu kamu dan dia. Agar kamu tak terlanjur memilihnya, berikut dampak buruk menjalin hubungan asmara terlalu cepat.


    (Baca Juga: 3 Alasan yang Bikin Pria Bosan Saat Menjalin Hubungan)


    1. Sulit menerima kekurangan pasangan

    Kebanyakan orang mengatakan bahwa suatu hubungan baru teruji kekuatan saat diterpa oleh masalah. Di momen itulah sepasang kekasih akan terlihat seberapa kompak mereka dalam mengatasi masalah.

    Oleh sebabnya, mengenal satu sama lain sebelum memutuskan untuk menjalin hubungan, penting untuk dilakukan agar kamu dan pasangan saling mengetahui karakter satu sama lain. Sekaligus secara bersamaan kamu bisa menganalisa bagaimana dia mempertahankan argumen dan janjinya.

    "Kedua belah pihak akan menjanjikan hal-hal yang tidak dapat mereka capai secara realistis atau yang tidak sepenuhnya dipikirkan," ujar Jonathan Bennett, pakar hubungan dan kencan di Double Trust Dating.


    2. Terlalu mengutamakan perasaan

    Meskipun kamu memiliki perasaan cinta yang besar pada pasanganmu, namun tujuan utama saat menjalin hubungan adalah bagaimana hubungan itu bisa dipertahankan selama-lamanya. Namun hal ini akan menjadi sulit jika salah satu di antaranya hanya mengutamakan perasaan dibanding tujuan tersebut.

    "Banyak orang yang bergerak terlalu cepat dalam suatu hubungan lebih mengejar perasaan daripada membangun hubungan yang langgeng," kata Bennett. "Mereka mungkin saja mencari obat untuk kesepian, kenikmatan seksual, atau perasaan dicintai."


    (Baca Juga: Tanda Hubungan Cinta Tidak Akan Bertahan Lama)


    3. Belum sepenuhnya belajar dari masa lalu

    Walaupun mungkin masa lalu sudah terlewati, tapi bukan berarti kamu dan pasangan sudah memahami betul pelajaran dari hubungan itu. Sama seperti move on, belajar dari masa lalu juga butuh waktu untuk bisa dipahami hikmahnya.

    Dan jika kamu terburu-buru menjalin hubungan asmara dengan orang lain, kesalahan yang sama bisa terulang kembali. Alhasil kamu dan pasangan hanya kembali belajar dan berusaha lebih kuat lagi.

    "Berhati-hatilah dengan alasan kamu ingin bersama orang lain dan mengapa menurutmu, dia orang yang tepat," kata Laura F. Dabney, seorang psikiatris.


    4. Sulit menemukan jati diri

    Walaupun meluangkan waktu bersama pasangan adalah hal yang menyenangkan, namun bukan berarti kamu sudah sepenuhnya memahami apa yang benar-benar kamu inginkan. Bahkan, bisa jadi kamu pun belum mengetahui secara pasti apa yang menjadi jati dirimu sebenarnya.

    Oleh sebabnya, kamu butuh waktu untuk mengetahui siapa dirimu sebenarnya, apa yang kamu inginkan sekaligus tujuan dari hubungan yang ingin kamu jalin. Sehingga jika kamu belum menemukannya sebelum menjalin hubungan, hal ini bisa memperumit hubunganmu di masa depan.


    5. Tidak memiliki batasan

    Selain itu, menjalin hubungan asmara terlalu cepat juga akan menyulitkanmu untuk membangun ruang privasi dan mendiskusikan batasan-batasan antara kamu dan dia. Meskipun telah menjalin hubungan sebagai sepasang kekasih, hal ini diperlukan sebagai bentuk penghargaan untuk diri sendiri.

    Itulah sejumlah dampak buruk dari menjalin hubungan asmara terlalu cepat. Pikirkanlah dengan matang sebelum memutuskan untuk memiliki pasangan lagi, ya?