3 Tips Mencegah Jerawat Muncul Saat Pakai Masker Seharian


  • 3 Tips Mencegah Jerawat Muncul Saat Pakai Masker Seharian
    Berikut cara mencegah timbulnya jerawat saat pakai masker di era new normal (Foto:Dok/Freepik/Dianagrytsu)


    Menghadapi new normal, sejumlah masyarakat dihimbau untuk mematuhi sejumlah protokol. Salah satunya adalah dengan menggunakan masker dan tetap menjaga kebersihan diri seperti mencuci tangan sesudah menyentuh barang. Cara ini adalah upaya untuk mencegah diri dari penularan virus corona.

    Namun, menggunakan masker seharian bisa menimbulkan efek bagi kulit, yaitu timbulnya permasalahan kulit yaitu jerawat. Apakah kamu salah satunya? 



    Melansir laman The Washington Post, Jacob Steiger seorang ahli bedah plastik mengatakan bahwa masker bisa mengunci kelembapan, keringat, minyak dan kotoran yang dekat dengan kulit. Inilah yang jadi alasan kulit kerap mengalami iritasi saat menggunakan masker terlalu lama. Lalu bagaimana cara menyiasatinya? Berikut caranya. 

    (Baca Juga: 7 Label Lokal Yang Menghadirkan Masker Kain Menggemaskan)


    1. Skin care rutin

    Menggunakan masker seharian bukan berarti wajahmu terhindar dari debu dan polusi. Sehingga membersihkan wajahmu jadi rutinitas yang tak boleh dihentikan.

    Oleh sebabnya, tetap menggunakan skincare sebelum menggunakan masker adalah solusi yang tepat untuk membuat kulit terjaga dari iritasi. Menurut Dendy Engelmen seorang ahli bedah kulit dari New York juga menyarankan untuk menghindari pemakaian makeup yang berlebihan dan bisa menyumbat kulit. 

    2. Pilih jenis masker

    Memilih masker yang digunakan juga jadi cara agar kulitmu tidak berjerawat di era new normal ini. Sudah tahu apa bahan yang tepat?

    Dana Marshall seorang ahli Dermatologi di Gretna mengatakan pada The Washington Post bahan yang baik untuk digunakan sebagai masker adalah sutera. Hal ini dikarenakan kain sutra ataupun yang berlapis sutra memiliki antimikroba dan terbukti baik untuk kulit yang sensitif. Sehingga saat digunakan bisa mencegah untuk munculnya permasalahan kulit seperti jerawat.

    Namun kelemahannya, bahan ini tidak efektif untuk menangkal virus corona karena sifat kainnya yang tidak elastis dan lebih mudah menyerap air. Sehingga jika ingin menggunakannya, tetap menambahkan lapisan lain sebagai filter.

    (Baca Juga: Riri Rengganis Luncurkan Masker Kain Sebagai Aksesoris Modis )


    3. Mencuci masker

    Terlepas dari apapun bahannya, masker memang harus dibersihkan setiap hari setelah pemakaian. Jika kamu menggunakan masker medis, ada baiknya untuk menggantinya 2-3 kali sehari. Selain bisa melindungi kulit dari kuman, cara ini juga efektif membunuh bakteri serta virus yang menempel pada maskermu.

    Gunakan deterjen yang lembut dan bebas dari zat berbahaya seperti pewarna. Bersihkan masker sampai riasan, lip balm, dan minyak yang menempel hilang secara sempurna.

    Itu dia sejumlah cara agar menjaga wajah terhindar dari jerawat saat menggunakan masker seharian. Tetap terapkan membersihkan wajah setiap hari dan menggunakan pelembap agar wajah terhidrasi dengan baik



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below