Cara Dan Waktu Yang Tepat Pakai Sunscreen Saat Bersepeda


  • Cara Dan Waktu Yang Tepat Pakai Sunscreen Saat Bersepeda
    Yuk selalu ingat untuk pakai sunscreen dengan cara yang tepat sebelum bersepeda. (Foto: Dok. Prostooleh/Freepik)

    Bersepeda tengah menjadi hobi terfavorit. Selain membuat badan sehat dan kencang, bersepeda dalam aturan yang benar juga menjadi salah satu opsi olahraga yang masih bisa menerapkan social distancing, plus, dilakukan di udara terbuka. Nah jika kamu termasuk salah satu yang lagi senang-senangnya bersepeda, selalu ingat juga untuk melindungi kulitmu ya! Sangat penting untuk menggunakan sunscreen ketika bersepeda. Simak cara dan waktu yang tepat untuk memakai sunscreen saat bersepeda.


    (Baca Juga: Mengenal Manfaat Sunscreen Pills, Teman Berjemur Baru)




    Sebaiknya gunakan SPF berapa?

    Jumlah SPF menunjukkan durasi perlindungan yang diberikan. Rata-rata kulit manusia (bisa juga berbeda), memerlukan waktu 10-15 menit untuk terbakar saat terpapar sinar matahari. Nah, kalikan angka SPF dengan waktu tersebut, dari situlah kamu mengetahui berapa lama durasi perlindungan yang diberikan sebuah sunscreen


    Contoh: 

    Kulitmu membutukan waktu 10 menit untuk terbakar dan menggunakan SPF 15, Jadi 10 x 15 = 150. Maka, perlindungan yang dapat diberikan oleh sunscreen tersebut adalah 150 menit. 


    Untuk bersepeda, kamu bisa menggunakan tabir surya dengan SPF 50. 


    Kapan waktu terbaik memakai sunscreen untuk bersepeda?

    Dilansir dari bicycling.com, dr. Mitchell Goldman, seorang spesialis kulit terkemuka di San Diego menyarankan untuk mengaplikasikan tabir surya 15 menit sebelum terekspos matahari. 


    Cara menggunakan sunscreen yang tepat bagi para pesepeda

    Gunakan di seluruh wajah dan tubuh, terutama pada bagian kulit yang terbuka. Selain wajah, tangan, dan kaki, aplikasikan juga pada tengkuk karena area ini sangat rentan untuk terbakar. 


    Karena bersepeda = berkeringat, maka untuk perlindungan maksimal, pilih yang formulanya sweat dan waterproof, lalu aplikasikan ulang tabir surya setiap dua jam. Agar praktis, kamu bisa membawa yang berbentuk spray


    (Baca Juga: 5 Rekomendasi Sunscreen Lokal yang Berkualitas)


    Helm juga wajib dikenakan selama bersepeda. Selain melindungi seluruh area kepala, helm juga berfungsi mem-blok sinar matahari ke kulit kepala yang sensitif. 




 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below