5 Tips Agar Pernikahan Bahagia Dan Langgeng Bersama Pasangan


  • 5 Tips Agar Pernikahan Bahagia Dan Langgeng Bersama Pasangan
    Ketahui tips agar pernikahanmu bahagia dan langgeng bersama pasangan (Foto:Dok.Eugenivy/Unsplash)


    Setelah menjalin hubungan dengan orang yang kamu cintai, pernikahan kerap jadi impian bagi hampir setiap pasangan. Memutuskan untuk mengikat cinta agar terus bersama.

    Namun untuk memasuki fase ini, kamu dan pasangan patut mengetahui kunci agar hubungan pernikahanmu dipenuhi kebahagiaan dan langgeng. Apa saja? 

    Selain komunikasi dan melakukan hal-hal romantis, berikut tips agar pernikahanmu bahagia dan langgeng.


    (Baca Juga: 5 Perasaan Yang Bisa Muncul Sebelum Hari Pernikahan Tiba)


    1. Komunikasi

    Kunci utama untuk membangun hubungan pernikahan yang bahagia adalah memiliki komunikasi yang efektif dengan pasangan. Jika kamu dan dia sudah mempunyai cara bicara yang cocok digunakan, hubungan akan mudah dijalani, terutama saat kamu ingin menyampaikan perasaanmu kepadanya dan begitu juga sebaliknya.


    2. Satu arah

    Setelah menikah, kamu dan pasangan tidak lagi bisa memiliki jalan yang berbeda. Itu sebabnya, penting untuk membahas tentang pencapaian hidup kalian berdua sebelum akhirnya menikah.

    Untuk menjadi sukses, kamu dan pasangan harus melakukan petualangan satu arah. Mulailah dengan pembahasan arah yang diinginkan untuk keluarga, cara mengasuh anak dan lainnya yang menjadi tujuan dari pernikahan. Pernikahan bukanlah jalan dua arah, melainkan jalan satu arah yang ditempuh dan bertanggung jawab bersama-sama.


    (Baca Juga: 8 Tips Agar Hubungan Pernikahan Tidak Mudah Retak)


    3. Saling memahami

    Seiring dengan berkomunikasi dan menjalani hidup bersama-sama, satu lagi kunci utama yang harus dipahami adalah saling menghargai satu sama lain. Di mana kamu dan pasangan bisa memahami apa yang membuat perubahan sikap dan perilaku secara mendadak.

    Seperti dikutip dari Lifehack, saat pasanganmu mengalami hari yang buruk, mungkin ia tak memelukmu atau menciummu setelah pulang ke rumah. Agar tidak menambah bebannya, kamu bisa mendekatinya dan menanyakan apa yang membuatnya menjadi kesal, stres atau bahkan marah. Sehingga kamu pun bisa mengetahui apa yang sebenarnya ia butuhkan saat seperti itu.


    4. Jangan tidur saat bertengkar

    Bagaimanapun, jangan pernah membawa tidur masalahmu. Cara ini hanya membuat hubungan kalian semakin renggang. Bahkan, tidur pun menjadi tidak nyenyak karena beban pikiran yang belum dilepaskan. Selesaikan masalahmu secepat mungkin, agar hubunganmu bisa lebih baik di besok hari.


    5. Godai dia

    Agar hubungan pernikahan kalian bahagia, selain memberikan perhatian, menggodanya juga bisa membuat kalian saling tertawa bersama. Gombalan-gombalan kecil terkadang juga bisa membawa kalian bernostalgia ke masa-masa pendekatan dulu.

    Oleh sebabnya, meskipun kalian telah menikah bertahun-tahun, jangan pernah malu untuk membelikannya bunga, mengatakan 'I love you' dan lainnya yang bisa membuatmu merasa bahagia satu sama lain.


    Sejumlah cara ini bisa kamu coba sebagai tips hubungan pernikahan yang bahagia dan langgeng. Berdiskusilah bersama pasanganmu agar kalian saling mengenal satu sama lain.