Ketahui Manfaat Memasak Makanan Untuk Kesehatan Mental


  • Ketahui Manfaat Memasak Makanan Untuk Kesehatan Mental
    Memasak makanan ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan mental (Foto:Dok.Jason/Unsplash)


    Memasak makanan kerap digemari hampir sebagian orang saat ini. Banyak menghabiskan waktu di rumah, memberi waktu tersendiri untuk diri mencoba berbagai resep masakan yang praktis dan mudah dibuat. Apa kamu salah satunya?

    Selain menambah skill baru selama pandemi virus corona, memasak makanan ternyata juga baik untuk kesehatan mentalmu. Dirangkum dari berbagai sumber berikut manfaat memasak untuk kesehatan mental yang patut diketahui.




    (Baca Juga: 10 Masakan Lezat Dari Olahan Daging Sapi dan Kambing)


    1. Memberimu hadiah

    Saat kamu menyiapkan hidangan, tanpa disadari bahwa dirimu sedang membuat sesuatu untuk dirimu sendiri. Kamu akan berusaha meracik makanan yang lezat dan nikmat untuk disantap.

    Faktanya, manfaat dari proses memasak adalah kamu bisa menghasilkan makanan yang enak sebagai hadiah untuk dirimu sendiri. Ditambah dengan pujian orang lain, hal ini akan menambah rasa bahagiamu.


    2. Membangun kreatifitas & fokus

    Secara sadar atau tidak, saat kamu mencoba berbagai resep masakan, kamu akan terlatik untuk lebih fokus pada proses yang diperlukan. Mulai dari menghitung-hitung takaran hingga cara menyajikan versi kamu.

    Melansir laman Bustle, menurut sebuah penelitian di tahun 2016, hal itu juga meningkatkan kreativitas dan kebahagiaan. Studi ini mengikuti gerakan dan tindakan 658 orang dengan cermat dan mencatat bahwa ketika mereka melakukan hal-hal kecil, bermakna, dan menenangkan seperti memanggang, mereka merasa lebih bahagia secara keseluruhan. 


    (Baca Juga: 5 Alasan Untuk Makan Masakan Italia di Dapur Oma Elly)


    3. Melatih ketenangan

    "Memasak bisa terasa seperti latihan meditasi," kata terapis Justyna Wawrzonek kepada Bustle. "Banyak klien saya menggambarkan memasak sebagai 'berada di dalam zona', perasaan di mana mereka lupa waktu dan hanya fokus pada tugas yang ada. Untuk seseorang yang melawan pikiran negatif, kekhawatiran, dan terus-menerus dibombardir dengan keraguan, ketakutan , memalukan, memasak bisa menjadi jalan keluar yang sehat untuk membawa kedamaian dan ketenangan ke ruang kepala mereka. "

    Saat kamu meracik makanan, tanpa disadari kamu sedang mempraktikkan cara mengendalikan pikiran. Kamu berusaha untuk tenang, agar tidak melewatkan satu pun bahan yang dibutuhkan dalam masakanmu.

    Itulah sejumlah manfaat dari memasak makanan untuk kesehatan mentalmu. Jadi, sudah berapa resep masakan yang telah kamu coba selama pandemi ini?



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below