Alasan Pria Mendiamkan Wanita, Bisa Jadi Tanda Marah


  • Alasan Pria Mendiamkan Wanita, Bisa Jadi Tanda Marah
    Pasti kamu pernah mengalami momen saat pasangan mendiamkanmu. Cari tahu alasan pria mendiamkan wanita berikut sebelum parno berlebih. (Foto: Dok. Andrea/Pexels)

    Tentu kamu pernah mengalami saat pasangan tiba-tiba diam tanpa sebab hingga kamu jadi bingung bukan main. Inilah yang disebut dengan dinamika hubungan yang dialami hampir semua pasangan pada umumnya. Nah, sebelum kamu berpikir terlalu jauh dan justru menciptakan api pertengkaran, ketahui dulu alasan pria mendiamkan wanita berikut ini.


    1. Butuh waktu untuk berpikir

    Pria tak hanya bisa memproses komunikasi secara verbal tapi juga bahasa non-verbal. Perbedaannya, kamu mungkin lebih suka membicarakan masalah atau hal-hal yang menyangkut emosi dan perasaan, sedangkan pria justru memilih untuk diam dan menyelesaikannya sendiri. Ia cenderung menarik diri dalam keheningan saat terkena masalah demi memikirkan langkah ke depan yang terbaik. Saat ia diam, sebenarnya ia hanya perlu waktu untuk berpikir.


    (Baca Juga: Ketahui 6 Alasan Wanita Merasa Nyaman Dengan Pria)


    2. Sedang menikmati dunianya

    Di satu sisi seorang pria bisa jadi makhluk yang sangat peka, tapi bisa juga ia jadi sosok yang cuek. Bukan tanpa alasan, biasanya hal ini terjadi karena ia sedang menikmati waktunya sendiri. Mungkin ia sedang tergila-gila dengan hobi barunya. Tak perlu khawatir, biarkan ia ruang dan jarak untuk menumbuhkan rindu. Ia akan segera kembali padamu karena baginya, kamu yang penyabar adalah rumahnya.


    3. Takut menyakitimu

    Umumnya, pria akan malas berbicara saat marah. Jika hatinya sedang tersulut emosi, ia takut akan menyakiti hati orang-orang yang dicintainya. Inilah situasi yang harus kamu pahami. Tunggu momen yang tepat hingga emosinya menjadi lebih stabil sebelum memaksanya untuk terbuka. Percayalah, ia tak ingin mengungkapkan kata-kata yang bisa menyakitimu hanya karena emosi sesaat.


    4. Tak ingin membuat janji palsu

    Pria cenderung punya pribadi yang giat bekerja, khususnya demi merealisasikan semua mimpinya. Namun, dalam mewujudkannya, pria berusaha untuk tidak membuat janji palsu. Ia tahu bahwa yang bisa dipegang dari seorang pria adalah ucapannya. Jadi, wajar saja jika pasanganmu tiba-tiba diam saat kamu mengajaknya merencanakan liburan, mungkin ia memang belum bisa membuat janji. Daripada nanti kamu sakit hati karena sudah berharap, sebaiknya ikuti saja permainannya.


    (Baca Juga: Zodiak Paling Romantis, Bikin Ngilu)


    5. Kamu lebih menguasai percakapan

    Meski kamu tak pernah menganggap momen ini sebagai kompetisi, tapi pria biasanya memandang banyak hal dengan konsep kalah-menang, maju-mundur, atau menyerah-melawan. Beginilah pola pikir pria secara umum. Jadi, wajar rasanya kalau ia sudah merasa wanita lebih menguasai percakapan dibanding dirinya, ia akan memilih untuk diam dan jadi pendengar. 


    Pada akhirnya, seorang pria akan diam saat marah, benci, dan tidak suka akan suatu hal. Tapi, tak selamanya hal-hal negatif ini dilakukan untuk melukai perasaan kamu. Kadang, ada waktu yang diperlukan untuk menenangkan diri sendiri dari masalah. Jadi, tak perlu khawatir berlebihan. Jika hal ini sudah benar-benar mengganggu, kamu bisa utarakan dengan baik pada si dia.