Ingin Memperbaiki Tekstur Kulit? Yuk Ikuti 5 Cara Ini!


  • Ingin Memperbaiki Tekstur Kulit? Yuk Ikuti 5 Cara Ini!
    Paparan sinar matahari dan kesalahan dalam perawatan kulit dapat membuat tekstur kulit rusak. (Foto: Dok. Diana.grytsku/Freepik)

    Siapa yang tidak mendambakan kulit yang sehat dan cantik. Rasanya hampir semua perempuan mengidamkannya. Namun sayangnya, paparan sinar matahari dan kesalahan dalam perawatan kulit, dapat membuat tekstur kulit rusak. Tekstur kulit yang rusak biasanya ditandai dengan munculnya kulit yang kasar, mudah iritasi dan terlihat kusam.


    Akibatnya, riasan wajah menjadi sulit untuk menempel dengan baik pada kulit wajah. Akan tetapi, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memperbaiki tekstur kulit yang rusak. Bagaimana caranya? Simak pemaparannya di bawah ini, ya!




    1. Melakukan Eksfoliasi


    Penumpukan sel-sel kulit mati pada permukaan kulit juga bisa menjadi salah satu penyebab kulit kasar akibat banyaknya komedo, pori-pori yang tersumbat, dan sel kulit kering yang menumpuk. Oleh karena itu, lakukan eksfoliasi dua kali dalam seminggu menggunakan face scrub, bahan eksfoliator, atau cleansing brush. 


    (Baca Juga: Kenali 7 Tanda Kulit Sensitif Dan Cara Perawatannya)


    Namun perlu dicatat bahwa penggunaan produk pengelupasan kulit yang terlalu abrasif, atau terlalu sering melakukan eksfoliasi justru dapat menyebabkan produksi minyak berlebih dan micro-tears pada kulit, yang hanya akan memperburuk masalah tekstur kulit kamu. Ada baiknya, pilihlah eksfoliator yang sesuai dengan jenis kulit kamu untuk meminimalisir risiko iritasi pada kulit. 


    2. Melembapkan Kulit


    Pelembap berfungsi mencegah kulit menjadi terlalu kering atau menghasilkan minyak berlebih. Menjaga keseimbangan kulit pada gilirannya akan membantu menjaga tekstur kulit kamu. Ada beberapa jenis pelembap, yang dapat disesuaikan dengan jenis kulit, atau masalah kulit tertentu. Untuk memperbaiki kulit kasar, gunakan pelembap yang memiliki kandungan vitamin C, atau yang mengandung vitamin E. 


    3. Rutin Menggunakan Sunscreen


    Cara berikutnya yang dapat dilakukan untuk memperbaiki tekstur kulit yang rusak adalah dengan rutin menggunakan sunscreen. Sunscreen berfungsi untuk mencegah kulit dari paparan sinar matahari yang dapat membuat kulit kusam dan tekstur menjadi lebih kasar. Selain itu, sunscreen juga bisa membantu mencegah serangan radikal bebas, yang merusak sel-sel kulit, dan membantu mencegah proses penuaan dini pada kulit.


    4. Pastikan Kamu Cukup Tidur


    Seperti yang kamu ketahui, stres dan kelelahan dapat memengaruhi kondisi kulit, salah satunya dapat mempercepat proses penuaan dini pada kulit. Melansir dari laman Dermstore, menurut dokter kulit bersertifikat Anna Guanche mengatakan bahwa, stres dan kelelahan dapat menyebabkan kulit kering, kulit kasar, dan munculnya kantung mata. Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan agar kamu memiliki kualitas tidur yang baik. 


    (Baca Juga: Rambut Rontok Parah? Rawat Dengan 5 Rekomendasi Serum Ini)


    5. Mengonsumsi Air Putih


    Cara memperbaiki tekstur kulit lainnya yaitu dengan rutin mengonsumsi air putih, untuk membantu menghidrasi kulit. Dengan kata lain, rutin mengonsumsi air putih dapat membantu mengembalikan kelembapan kulit. Tak hanya itu saja, rutin mengonsumsi air putih juga dapat membantu meningkatkan produksi kolagen, sehingga kulit tampak lebih sehat dan kenyal. 


    Selamat mencoba!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below