Ketahui 5 Hal Ini Sebelum Menjalani Hubungan LDR


  • Ketahui 5 Hal Ini Sebelum Menjalani Hubungan LDR
    Hal penting yang patut diketahui sebelum menjalin hubungan LDR (Foto:Dok/Freepik)


    Mendengar kata Long Distance relationship (LDR) atau hubungan jarak jauh, kamu mungkin akan memikirkan betapa sulitnya menjalin ikatan cinta dengan cara ini. Apalagi jika kamu belum pernah merasakannya, tapi terpaksa harus mencobanya.

    Memiliki pikiran seperti ini adalah hal yang wajar, tapi tak jadi alasan untuk menyerah di tengah jalan. Bagaimanapun cinta butuh perjuangan. Lalu apa yang bisa dilakukan?

    Sebelum memutuskan untuk menjalin hubungan jarak jauh atau LDR dengan pasanganmu, penting untuk mengetahui hal apa saja yang mungkin akan kamu hadapi di depan nanti. Cara ini bisa membantu hubunganmu berjalan dengan lancar. Apa saja? dirangkum dari berbagai sumber berikut di antaranya.


    (Baca Juga: Inilah 7 Zodiak Yang Paling Bisa Bertahan Menjalani LDR)


    1. Perbedaan waktu itu menjengkelkan

    Awal mula menjalani hubungan jarak jauh memang menyenangkan, namun semakin hari kamu akan menanti waktu untuk bertemu. Terutama jika kamu menjaalani LDR dengan perbedaan waktu yang cukup jauh.

    Setelah beberapa kali mencoba kencan secara virtual, kamu akan segera menyadari bahwa sulit untuk mendapatkan momen manis, seperti tertidur saat menerima telephone. Waktu untuk bertemu pun akan semakin terbatas, ditambah kamu dan pasangan harus saling mencocokkan waktu agar bisa berbincang tentang banyak hal.

    Meski sekilas akan terasa seru dengan tantangan ini, tapi jika kamu berdua tidak bisa memahami dan berempati terhadap kebutuhan satu sama lain, hubungan akan sulit dipertahankan.


    2. Kamu mungkin akan merasa ragu

    Sesekali kamu akan termenung dan membayangkan betapa indahnya jika kamu dan pasangan tak terhalang jarak yang jauh. Terkadang juga pikiran negatif muncul dan buatmu bertanya-tanya, akankah hubungan ini berhasil? Apakah hanya membuang-buang waktu? Apakah kita benar-benar sedang jatuh cinta? 

    Keraguan adalah perasaan normal terutama saat menjalin hubungan jarak jauh. Namun, cobalah melawannya dengan fokus kepada apa yang kamu rasakan, terutama saat bertemu dengannya. Kamu pun bisa mengalihkan dengan menghubunginya dan mengatakan kamu merindukannya.


    (Baca Juga: Ketahui Cara Menjaga Hubungan Jarak Jauh Dari Peselingkuhan)


    3. Kepercayaan itu penting

    LDR atau pun tidak, sebetulnya kepercayaan adalah kunci utama dalam mempertahankan hubungan. Dan hal ini sulit untuk didapatkan jika kamu tidak mencoba untuk memberinya. 

    Jika kamu bertanya-tanya apa yang mungkin dilakukannya di belakangmu, maka kamu perlu membicarakannya. Bagaimanapun komunikasi adalah hal terpenting agar hubunganmu bisa berhasil.


    4. Mengatur rencana tidak boleh terlewatkan

    Mengatur rencana untuk berkencan secara online atau pun secara tatap muka adalah hal yang tak boleh dilewatkan saat menjalin hubungan jarak jauh. Selain untuk melepas kerinduan, cara ini satu-satunya langkah agar kalian saling membuktikan bahwa kalian ada untuk satu sama lain.

    Menurut sebuah studi tahun 2006 dari Universitas Ohio yang dikutip dari Elite Day, sepertiga dari hubungan jarak jauh berakhir setelah tiga bulan bertemu kembali di kota yang sama. Jadi, jika kamu bisa mencapai titik ini dan masih merasa memiliki sesuatu yang layak untuk diperjuangkan, kemungkinan hubunganmu akan berjalan baik-baik saja.


    5. Rencana bisa gagal

    Hal yang patut dipahami bagi pasangan yang menjalin hubungan jarak jauh bahwa rencana bisa sewaktu-waktu gagal karena beberapa alasan. Terpisah jarak membutuhkan pengorbanan lebih untuk bertemu. Mulai dari memesan tiket, mencocokkan waktu libur, menentukan destinasi dan lainnya.

    Rencana bertemu mungkin saja terpaksa terundur karena tiket yang habis atau bahkan waktu liburmu dan si dia yang tidak sama. Oleh sebabnya, berusahalah untuk mengerti, hal ini sewaktu-waktu bisa terjadi.

    Inilah yang patut kamu pahami sebelum menjalin LDR atau hubungan jarak jauh. Pada akhirnya, LDR itu sulit, tetapi bisa berhasil. Dengan saling berusaha dan mau berkorban segala risiko bisa diarungi bersama dan hubungan berjalan lancar.