Ketahui Penyebab Bibir Hitam dan Cara Mengatasinya


  • Ketahui Penyebab Bibir Hitam dan Cara Mengatasinya
    Bibir yang menggelap atau menghitam bisa disebabkan oleh kebiasaan yang tidak kita sadari. (Foto: Dok. Rawpixel.com/Freepik)

    Layaknya kulit, setiap orang juga memiliki rona bibir yang berbeda-beda. Sehingga tidak dapat dikatakan bahwa warna bibir yang pink merona mutlak lebih cantik atau sehat dibandingkan dengan yang warnanya lebih gelap, begitu juga sebaliknya. Namun jika kamu merasa warna bibir menggelap dari warna aslinya, mungkin ada kebiasaan-kebiasaan tertentu yang menyebabkannya. Penyebab bibir menghitam biasanya bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan, namun kamu bisa melakukan perawatan ekstra untuk mencerahkannya kembali. Penyebab bibir menghitam di antaranya adalah:


    (Baca juga: Ini Dia 5 Kebiasaan yang Justru Buat Bibir Jadi Kering)




    1. Paparan Sinar Matahari

    Kulit yang terekspos sinar matahari mendorong tubuh untuk memproduksi melanin untuk menyerap ultraviolet. Proses ini memang berfungsi untuk melindungi kulit dari kerusakan yang serius, namun secara bersamaan, hal ini juga menyebabkan kulit menggelap. 


    Oleh karena itu, selain menggunakan tabir surya pada kulit wajah dan tubuh, gunakan juga pada area bibir. Kamu bisa memilih lip balm yang mengandung SPF.


    2. Merokok


    (Solusi alami dari penyebab yang satu ini? Kurangi atau berhenti merokok. Foto: Dok. Fotografierende/Pexels)

    Dilansir dari Medical News Today, nicotine dan benzpyrene dalam asap tembakau dapat mendorong produksi melanin di kulit, terutama di area bibir yang kontak langsung rokok dan asap. Bertahap seiring waktu, bibir dapat menggelap jika seseorang terus merokok. 


    3. Kehamilan

    Sejumlah wanita mengalami perubahan kulit selama kehamilan. Hal ini terjadi karena kondisi hormon yang fluktuatif. Jika mengalami ini, biasanya beberapa area pada tubuh termasuk payudara (puting), leher, dahi, hidung, dan bibir, akan menggelap. Namun tak perlu khawatir, setelah melahirkan atau saat hormon sudah kembali stabil, kondisi kulit akan kembali dengan sendirinya. 


    4. Obat-obatan Tertentu

    Beberapa obat seperti obat anti malaria dan antibiotic minocycline bisa menyebabkan hiperpigmentasi. Efek ini dapat hilang setelah berhenti mengonsumsi obat, tetapi ada juga yang menetap, tergantung dari pemakaiannya obatnya.


    5. Alergi

    Bibir yang menggelap juga bisa disebabkan oleh reaksi alergi. Perhatikan pasta gigi sampai lipstik yang kamu gunakan sehari-hari. Pastikan kandungannya tidak terlalu keras untuk kulit/bibirmu. Hindari juga menggunakan lipstik yang sudah kedaluwarsa. 


    Selain mengetahui penyebab bibir menghitam, kamu juga bisa melakukan perawatan alami di rumah agar bibir pun tampak lebih sehat, lembap, dan merona. Perawatan bibir DIY yang bisa kamu coba adalah:


    Scrub Madu


    (Rajin menggunakan madu juga akan memudarkan garis-garis halus pada bibir. Foto: Dok. Pixabay)

    Campurkan satu sendok teh gula dengan satu sendok madu, lalu gosokkan secara lembut pada bibir dengan gerakan memutar. Bilas menggunakan air hangat. Untuk eksfoliasi seperti ini, cukup lakukan satu sampai dua kali seminggu agar area bibir yang sensitif terhindar dari iritasi. 


    Almond Oil

    Memijatkan minyak almond ke bibir dapat membantu melembapkan dan mendorong sirkulasi. Jika aliran darah lancar di area bibir, otomatis warnanya pun akan memerah. Jika tidak memiliki almond oil, kamu juga bisa menggunakan virgin coconut oil.


    Lemon dan Madu


    (Lemon kaya akan vitamin C yang membantu melindungi kulit bibir dari radikal bebas. Foto: Dok. Lisa Fotios/Pexels) 

    Selain baik untuk pencernaan dan imunitas tubuh, campuran lemon dan madu juga dapat membantu mempercantik bibir. Campurkan satu sendok teh perasan air lemon dengan satu sendok teh madu, lalu bubuhkan ke seluruh bibir sebelum tidur. Bilas keesokan paginya. Campuran ini akan membantu menekan produksi melanin dan mencerahkan tampilan bibir. 


    (Baca juga: Buat Bibir Jadi Lebih Seksi Dengan Warna Lipstik Ini)


    Masker Buah Bit

    Lumatkan ½ atau ¼ buah bit dalam blender atau food processor sampai teksturnya menyerupai paste. Lalu bubuhkan pada bibir selama 5 sampai 10 menit, kemudian bilas. Keringkan bibir dan lanjutkan dengan penggunaan lip balm. Hasilnya? Bibir tampak merah merona seperti menggunakan lip tint



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below