6 Cara Pakai Sheet Mask yang Benar agar Hasilnya Maksimal


  • 6 Cara Pakai Sheet Mask yang Benar agar Hasilnya Maksimal
    Apakah selama ini cara pakai sheet mask-mu sudah benar? (Foto: Dok. Shiny Diamond/Pexels)

    Dengan beragamnya produk perawatan kulit saat ini, pasti banyak dari kamu yang sudah menjadikan masker sebagai rutinitas wajib tiap minggu. Salah satunya sheet mask yang nyaman dan terasa memanjakan saat digunakan. Tak hanya praktis karena tidak perlu dibilas, masker yang berbentuk lembaran menyerupai tisu ini juga dapat diandalkan untuk membuat kulit wajah lembap, kenyal, halus, dan lebih cerah seketika. Agar efeknya maksimal, penting untuk mengaplikasikannya secara seksama. Ini cara pakai sheet mask yang benar.


    1. Pilih yang Sesuai dengan Kebutuhan Kulit

    Biasanya sheet mask digunakan sebagai skin booster untuk membantu memenuhi kebutuhan atau mengatasi permasalahan kulit pada saat itu. Jadi, pilih yang sesuai dengan kondisi kulit ya. Misalnya, jika keluhanmu adalah jerawat, kamu bisa memilih sheet mask yang mengandung tea tree sebagai antibakteri atau centella asiatica untuk menenangkan peradangannya. Kalau kulitmu kering dan membutuhkan kelembapan ekstra, pilih sheet mask yang kaya hidrasi seperti hyaluronic acid atau ceramide




    (Baca juga: Pilihan Sheet Masks Baru Untuk Menemani Kerja Di Rumah)


    2. Masukkan ke Dalam Kulkas

    Jika kamu ingin mendapat sensasi menyejukkan sekaligus untuk depuff, biasakan untuk menyimpan sheet mask di dalam kulkas. Sehingga saat menggunakannya, masker terasa dingin dan me time pun lebih menenangkan. 


    3. Pastikan Wajah dalam Keadaan Bersih Total

    Sebelum menggunakan sheet mask, penting untuk memastikan kulit wajah benar-benar bersih dari kotoran, minyak, dan riasan. Agar bersih menyeluruh, lakukan double cleansing terlebih dulu. Langkah ini penting agar serum atau esens yang terdapat pada sheet mask nantinya dapat menyerap ke dalam kulit tanpa menyumbat pori-pori.


    4. Oleskan Toner


    (Pastikan kandungan toner-mu cukup gentle untuk dikombinasikan dengan sheet mask. Foto: Dok. cookie_studio/Freepik)

    Setelah double cleansing, usapkan toner harianmu ke kulit wajah menggunakan kapas. Proses ini akan membantu menyingkirkan sel kulit mati dan minyak yang masih menyisa di permukaan kulit, sekaligus menenangkan kulit. Ibaratnya toner ini seperti primer untuk sheet mask-mu. Tunggu sampai toner menyerap dan kering, lalu aplikasikan sheet mask.


    (Baca juga: 6 Rekomendasi Toner untuk Setiap Kondisi Kulit yang Berbeda)


    5. Diamkan Sesuai Waktu yang Ditentukan

    Di setiap kemasan sheet mask pasti terdapat cara pakai, dan instruksi untuk mendiamkannya selama sekian menit. Ikuti instruksi tersebut, aplikasikan sheet mask sampai rapi dan merata ke seluruh wajah, lalu hindari menggunakannya lebih sebentar maupun lebih lama dari yang disarankan. Jika didiamkan lebih sebentar dari semestinya, kemungkinan nutrisi sheet mask belum terserap sempuran oleh kulit. Dan apabila didiamkan lebih lama, lembaran masker dapat mengering dan justru menarik kelembapan dari kulitmu. Selain itu, hal ini juga berisiko menyumbat pori-pori. 


    6. Pijatkan Sisa Esens


    (Kamu juga bisa melakukan gerakan menekan lembut. Foto: Dok. cookie_studio/Freepik)

    Saat kamu melepas sheet mask, biasanya wajah masih dalam keadaan basah. Agar esens tersebut tidak terbuang dan manfaatnya lebih maksimal untuk kulit, pijatkan sisa-sisa esens yang masih basah tadi. Pijatkan perlahan sampai area leher. Kamu juga bisa menggunakan sisa esens yang masih ada di dalam kemasan sheet mask agar tidak terbuang sia-sia.


    Walaupun simpel, tetapi hal-hal di atas suka terlewatkan saat menggunakan sheet mask. Jika ingin mendapat manfaat maksimal dari sheet mask, ingat-ingat dan ikuti langkah-langkah di atas ya! Oh ya, kamu juga bisa mengoptimalkan penyerapan esens dengan memijatkan face roller di atas sheet mask. Happy pampering :) 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below