6 Rekomendasi Toner untuk Setiap Kondisi Kulit yang Berbeda


  • 6 Rekomendasi Toner untuk Setiap Kondisi Kulit yang Berbeda
    Kenali kondisi dan kebutuhan kulitmu untuk temukan toner yang tepat. Simak rekomendasinya. (Foto: Dok. Drobotdean/ Freepik)

    Di era 90’an, umumnya toner memiliki formula astringent yang berbahan dasar alkohol dan mengandung salicylic acid. Ini membuatnya ampuh membantu mengurangi minyak berlebih, mengecilkan pori-pori, serta melawan jerawat. Namun di satu sisi, kandungannya cukup keras dan bisa membuat kulit terlalu kering. Untungnya, saat ini formulasi toner sudah jauh berkembang, sehingga terdapat berbagai macam jenis untuk memenuhi segala kebutuhan kulit. Simak rekomendasi toner untuk setiap kondisi kulit yang berbeda-beda. 


    Kenapa Toner Penting?

    Jika selama WFH atau akibat penggunaan masker setiap hari saat ini kulit semakin kusam dan mengalami breakout, coba deh perbaiki dengan penggunaan toner yang tepat. Banyak yang masih melewatkan tahap toner padahal ia bisa berkontribusi banyak untuk kesehatan dan kecerahan kulit wajah. Selain berfungsi sebagai tahap terakhir dalam mengangkat sisa kotoran dan makeup setelah mencuci wajah, toner bisa menyeimbangkan kadar pH kulit. Ia juga seolah membuka “gerbang” bagi skincare lainnya agar bisa terserap dan bekerja lebih maksimal. Otomatis, proses perbaikan kulit juga semakin cepat. 




    Toner Apa yang Cocok untuk Kulitku?


    1. Kulit Kering: Cari kandungan yang menghidrasi


    dr. Jart+ Liquid Ceramidin Liquid Moisturizing Toner


    Ceramide adalah lipids atau lemak yang dihasilkan secara alami oleh kulit sebagai lapisan pelindung. Kadar dan kualitas ceramide bisa berkurang akibat agresi eksternal dan pertambahan usia. Produk ini membantu mencukupi kebutuhan ceramide pada kulit agar tetap lembap dan dan terhidrasi. 


    (Baca juga: Ketahui Cara Dan Waktu Yang Tepat Memakai Toner)


    2. Kulit Kusam: Bantu dengan formula eksfoliasi


    Kiehl’s Daily Refining Milk Peel Toner

    (Tips: Penggunaan exfoliating toner sebaiknya tidak diikuti oleh serum yang mengandung zat eksfoliator juga untuk mencegah pengelupasan kulit berlebih. Foto: Dok. Kiehl's)

    Exfoliating toner yang memiliki kombinasi formula lipo hydroxy acid serta 23 persen emolien dan susu almond. Ini membuatnya beraksi ganda dalam mengangkat sel kulit mati dan melembapkan, juga membantu meratakan warna kulit. Aman digunakan setiap hari. 


    3. Kulit Sensitif: Cari bahan-bahan natural yang menenangkan


    Mamonde Chamomile Pure Toner

    (Hindari toner yang mengandung asam untuk mencegah kemerahan pada kulit sensitif. Foto: Dok. Mamonde Indonesia)

    Hanya terdiri dari enam ingredients, termasuk ekstrak kamomil yang memberi efek menenangkan, dan D-panthenol untuk memperkuat skin barrier.  


    4. Kulit Berminyak dan Berjerawat: Kendalikan produksi sebum


    Sunday Riley Martian Mattifying Melting Water-Gel Toner

    (Walapun kulitmu berminyak, tetap gunakan moisturizer agar hidrasinya tetap terjaga. Foto: Dok. Sephora Singapore)

    Memiliki kandungan unik bentonite clay yang mengurangi minyak berlebih, serta marshmallow dan green tea untuk menenangkan kulit. Terdapat pula manuka yang menyeimbangkan kulit bermasalah sehingga tampak lebih segar dan matte


    (Baca juga: Pilihan Exfoliating Toner Yang Aman Untuk Kulit Berjerawat)


    5. Kulit dengan Tanda Penuaan: Kelembapan ekstra dan bahan aktif yang berperforma tinggi akan membantu


    Sulwhasoo Timetreasure Invigorating Water


    (Untuk hasil maksimal, gunakan bersama rangkaian Timetreasure lainnya dari Sulwhasoo. Foto: Dok. Amorepacific Indonesia)

    Toner antipenuaan premium dengan Korean red pine yang terkonsentrasi tinggi, jamur shitake, serta akar jahe kering. Seluruhnya memberikan hidrasi mendalam dan meremajakan kulit. 


    6. Kulit Normal: Toner penyegar sehari-hari

     

    Dear Klairs Supple Preparation Facial Toner 


    (Produk ini cocok untuk kamu yang baru-baru saja ingin mencoba toner dalam ritual perawatan kulit. Foto: Dok. Sociolla)

    Hydrating toner yang berformula netral dan dapat menyegarkan semua jenis kulit. Ia mengembalikan pH kulit ke kadar normalnya dan menciptakan “kanvas” yang sempurna untuk ritual perawatan selanjutnya.


    *DISCLAIMER: Artikel ini sudah terbit di majalah Her World Indonesia edisi Juli 2020 dengan judul "Must Have: Best Toner for Your Skin".