Cara Memilih Pasangan Hidup


  • Cara Memilih Pasangan Hidup
    Menikah adalah komitmen besar yang dilakukan seumur hidup. Daripada gegabah, simak cara memilih pasangan hidup berikut. (Foto: Dok. Emma/Pexels)

    Semua orang pasti menginginkan pernikahan yang bahagia dan langgeng. Tentu syarat utamanya adalah memiliki pasangan hidup yang tepat. Namun, tak sedikit yang masih keliru memilih pasangan hingga akhirnya berujung pada perpisahan. Berikut ini cara memilih pasangan hidup sebelum kamu memutuskan untuk menikah.


    1. Cari tahu asal-usul

    Mungkin kamu familier dengan istilah 'bibit bobot bebet'. Bukan hanya soal fisik, tapi kamu juga harus mencari tahu sifat dasar calon pasangan, seperti sifatnya yang pendiam atau cerewet, dominan atau pasif. Ketahui juga potensi yang dimiliki calonmu. Cara terbaik adalah dengan memerhatikannya berbicara. Apakah ia punya tujuan dan rencana hidup yang sesuai denganmu. Terakhir, cari tahu hubungan si dia dengan keluarganya. Bagaimana caranya berkomunikasi dengan ibu, ayah, kakak, atau adiknya.


    (Baca Juga: Tanda Pasangan Tidak Serius, Harus Diwaspadai)


    2. Keseriusan

    Hal paling mudah untuk dilakukan adalah melihat keseriusannya, lewat hal-hal simpel seperti tepat janji, berani bertemu orang tuamu, dan membuat rencana yang jelas. Jika ia tak pernah bisa memenuhi hal-hal dasar ini, tak perlu mempertahankannya.


    3. Tingkat kecocokan

    Sebelum kamu menentukan kecocokan dalam hubungan, cari tahu lebih dulu apakah dirimu benar-benar bisa menerima semua kebiasaan buruk dan kekurangannya. Jauhkan ekspektasi bahwa dirinya akan berubah kelak. Hindari juga terlalu mementingkan penampilan fisik karena yang abadi hanyalah kecocokan dan kebaikan.


    (Baca Juga: 5 Pelajaran Yang Bisa Diambil Setelah Alami Patah Hati)


    4. Perhatikan kode

    Daripada kamu fokus pada hal-hal artifisial seperti kulit putih dan hidung mancung atau dompet tebal, perhatikan kode-kode seperti cara bicara, tatapan mata, atau sikapnya yang humoris dan suka bercanda, yang bisa membantumu menentukan apakah ia adalah pasangan yang tepat. Tanya pada diri sendiri, kriteria seperti apa yang kamu inginkan dari calon suami nanti.


    5. Selalu mendukungmu

    Dalam pernikahan, kamu hanya akan memiliki 1 belahan jiwa, seseorang yang akan menopang hidupmu. Tentu penting rasanya jika ia juga bisa mendukung semua impianmu nanti. Nah, kalau saat ini calon pasangan justru selalu terlihat menentang cita-cita hidupmu, kemungkinan besar ia bukan calon pasangan yang tepat.


    (Baca Juga: 5 Cara Mudah Mengambil Hati Mertua)


    6. Mendengarkan kata hatimu

    Saat kamu bersama pasangan yang tepat, hatimu akan terasa lebih tenang. Kamu benar-benar merasa nyaman tanpa harus dipaksakan. Soal pasangan adalah jalan hidupmu. Jangan memaksakan diri untuk menikah hanya karena keinginan dari orang tua atau lingkungan sekitarmu. Menikahlah karena kamu dan pasangan siap.


    Itulah cara memilih pasangan hidup sebelum kamu memutuskan untuk menikah. Bukan hal simpel seperti berhitung Matematika, tapi juga bukan hal yang mustahil asal dilakukan dengan tepat dan sepenuh hati. Semoga kamu segera bertemu dengan belahan jiwamu.