5 Pelajaran Yang Bisa Diambil Setelah Alami Patah Hati


  • 5 Pelajaran Yang Bisa Diambil Setelah Alami Patah Hati
    Banyak pelajaran yang bisa diambil setelah alami patah hati (Foto:Dok/Unsplash)


    Perasaan sedih, galau dan kecewa kerap dialami oleh sebagian orang setelah patah hati. Bahkan, trauma dan taku untuk menjalin cinta kembali pun bisa dirasakan kala hubunganmu kandas dengan pasanganmu.

    Meskipun hal ini wajar dirasakan, namun patut diketahui bahwa banyak pelajaran yang bisa diambil setelah patah hati. Belajar dari masa lalu yang kelam bisa membuat diri lebih tangguh di masa depan. Bahkan, kamu pun bisa lebih memahami cara membangun hubungan yang lebih baik lagi.

    Lalu, pelajaran apa saja yang bisa diambil setelah patah hati? dikutip dari Your Tango, berikut diantaranya yang patut diketahui.


    (Baca Juga: Zodiak Yang Paling Mudah Alami Patah Hati)


    1. Bahagia itu tergantung diri sendiri

    Saat mengalami patah hati terkadang diri butuh waktu untuk menyendiri. Cara ini ada baiknya jika setelahnya kamu menyadari bahwa kamu perlu bangkit kembali. 

    Jika kamu telah memasuki fase ini, ada patutnya juga kamu menyadari bahwa kebahagiaan hidup ini tidak bergantung pada siapapun. Meskipun kamu mungkin saja merasa bahagia di samping keluarga, teman dan sahabat 


    2. Meminta bantuan bukanlah masalah

    Meminta bantuan terkadang sulit untuk kita lakukan karena takut membawa orang lain masuk ke dalam masalah kita. Namun, ketika patah hati, tak ada alasan untuk tidak melakukannya.

    Kamu bisa menjelaskan pada keluarga dan sahabatmu bahwa dirimu membutuhkan dukungan sekaligus bantuan untuk mengalihkan pikiranmu. Tak ada salahnya juga kamu meminta sentuhan seperti pelukan hangat dari orang terdekat.


    (Baca Juga: Ketahui 4 Cara Mencegah Patah Hati)


    3. Belajar melepaskan

    Terkadang perlu disadari bahwa beberapa hubungan cinta memang tidak bisa diselamatkan. Dan patah hati jadi akibat dari kehilangan orang yang dicintai. Namun, belajar melepaskan bisa buat diri lebih tangguh dari sebelumnya. Bahkan hal ini bisa buatmu menyadari bahwa cara ini adalah pilihan yang tepat.


    4. Ada hikmah di balik setiap peristiwa

    Sesuatu yang terjadi pasti memiliki hikmah di baliknya. Meskipun kamu tidak menyadarinya saat ini, namun kamu pasti akan menemukannya suatu saat nanti.


    5. Cintai diri sendiri sebelum mencintai orang lain

    Bagaimanapun, pasti ada pelajaran yang bisa diambil setelah patah hati. Setelah bercucuran air mata dan sejumlah lagu sedih dimainkan, kamu bisa berdiri teguh lagi. 

    Meskipun kekecewaan masih melekat di hati, namun hal itu adalah proses dari menghargai diri sendiri dan kamu bisa menjadikannya pelajaran bahwa mencintai diri sendiri terlebih dahulu patut dilakukan sebelum mencintai orang lain.


    Itulah sejumlah pelajaran yang bisa diambil setelah mengalami patah hati. Tidak masalah melakukannya secara perlahan, asalkan kamu memiliki tujuan yang pasti.