Ingin Wajah Cerah Bersinar? Ini Solusi yang Mudah dan Aman


  • Ingin Wajah Cerah Bersinar? Ini Solusi yang Mudah dan Aman
    Sebelum terobsesi untuk mencerahkan wajah, ketahui dulu fakta dan kandungan yang tepat. (Foto: Dok. lifeforstock/Freepik)

    Apa tujuan utama kamu menggunakan skincare dan rajin melakukan perawatan kulit? Selain memperlambat proses penuaan, tentu mencerahkan kulit wajah juga menjadi goal yang ingin dicapai, bukan? Sebenarnya mencerahkan wajah bukanlah semata-mata merubah warna kulit yang gelap menjadi putih. Tetapi bagaimana cara memudarkan flek hitam, noda bekas jerawat, serta hiperpigmentasi. Jika masalah-masalah tersebut teratasi, otomatis kulit terlihat lebih bersih, cerah, dan seolah tampak lebih putih. Untuk mewujudkannya, kita perlu mengetahui kandungan-kandungan pencerah yang aman dan efektif.


    Bagaimana cara kerja produk pencerah wajah?

    Produk pencerah dapat dibagi menjadi tiga kategori, yaitu formula yang menghentikan sel penghasil pigmen, formula yang mencegah pigmen transfer, dan formula yang mendorong pergantian sel kulit. Kandungan-kandungan seperti antioksidan, vitamin C, dan niacinamide sangat ideal jika kamu menginginkan produk pencerah yang bekerja efektif.




    Sebelumnya, perlu diketahui bahwa tirosinase adalah enzim yang bertanggung jawab dalam langkah pertama produksi melanin. Ketika sel telah rusak oleh jerawat atau luka, enzim ini mengirimkan kelebihan tirosin, yang mengakibatkan produksi pigmen berlebihan. Bahan-bahan seperti vitamin C, ekstrak licorice, dan arbutin dapat menghambat produksi enzim yang berlebih ini. Mereka membantu mencegah dan meringankan bekas jerawat atau hiperpigmentasi.


    (Baca juga: 10 Manfaat Vitamin C Pada Serum Untuk Kulit Wajah)


    Dengan perawatan bahan-bahan tadi, enzim tirosinase akan tetap masih berperan sebagai mekanisme pertahanan kulit, ia juga akan menjaga bekas luka menjadi tidak terlalu gelap dan membutuhkan waktu lebih singkat untuk sembuh.


    Lalu, ada pula formula eskfoliasi alpha hydroxy acid (AHA) dan beta hydroxy acid (BHA) yang mempercepat laju pergantian sel. Keduanya bekerja pada lapisan kulit paling atas dan bermanfaat memperbaiki tampilan kulit kusam sekaligus menghaluskan teksturnya. AHA mencakup lactic acid dan glycolic acid, sedangkan BHA adalah salicylic acid (lebih sering digunakan untuk pengobatan jerawat), seluruhnya juga memberi efek anti-penuaan pada kulit.


    Seberapa sering sebaiknya menggunakan produk pencerah wajah?

    Dengan faktor-faktor lingkungan seperti polusi dan paparan sinar UV, penting untuk menggunakan produk pencerah kulit secara teratur. Lagi pula, produk pencerah membantu menghilangkan sel kulit mati, memudarkan noda, dan menukarnya dengan kulit baru yang lebih bersih.


    Berikut adalah lima rekomendasi produk pencerah kulit yang dapat membantu memberikan kilau pada wajah.


    1. Sulwhasoo Snowise Brightening Cleansing Foam


    (Kelembapan kulit tetap terjaga setelah membersihkan wajah dengan produk ini. Foto: Dok. Tokopedia)

    Bersamaan dengan komponen white clay yang membantu menghilangkan kotoran pada kulit untuk tampilan yang bersih dan cerah, ekstrak akar licorice bekerja sebagai agen pencerah kulit alami untuk mengendalikan tirosinase, enzim yang menyebabkan produksi pigmen berlebih. Ekstrak akar licorice juga meratakan rona kulit dengan lembut tanpa menyebabkan iritasi.


    2. Laneige Radian-C Cream


    (Untuk hasil maksimal, gunakan bersama essence dari rangkaian yang sama. Foto: Dok. Amorepacific Indonesia)

    Terbaru dari Laneige! Laneige Radian-C Cream adalah krim multifungsi untuk melindungi wajah dari faktor eksternal perusak kulit, sekaligus mencerahkannya. Laneige Radian-C Cream diformulasikan oleh kandungan paten RadianC Superblend. Formula tersebut terdiri vitamin C derivatives sebagai antioksidan tinggi yang mengurangi efek radikal bebas, ia juga lebih tahan terhadap cahaya dan suhu panas sehingga konsistensinya lebih stabil dan tahan lama. Sangat cepat menyerap dengan risiko iritasi minimal. Selain itu, terdapat Melasolv™ yang memiliki 20 kali kekuatan dari niacinamide yang terkenal untuk mencerahkan. Last but not least, krim ini juga diimbangi dengan vitamin E yang mengoptimalkan penyerapan dan menjaga manfaat kandungan dai kedua vitamin lebih lama. 


    3. Kiehl's 12.5% Powerful-Strength Line-Reducing Concentrate


    (Garis halus juga akan tersamarkan berkatnya. Foto: Dok. Kiehl's)

    Diformulasikan dengan 12,5 persen vitamin C dan hyaluronic acid, serum anti-penuaan yang berkinerja tinggi ini meningkatkan kecerahan kulit dan memperbaiki tekstur dengan meminimalisir tampilan pori-pori secara nyata untuk kulit yang lebih halus. Diformulasikan dengan cermat untuk semua jenis kulit, serum terkonsentrasi ini ideal bahkan untuk kulit sensitif sekalipun.


    4. AHC Peony Bright Luminous Serum


    (Rangkaian pencerah ini diklaim bisa memberikan hasil nyata hanya dalam 4 minggu! Sudah tersedia di Sociolla.com. Foto: Dok. AHC Indonesia)

    Serum yang mengandung vitamin C derivatives dan ekstrak kombucha ini memiliki tekstur ringan yang nyaman. Ia memperbaiki tampilan kulit kusam agar terlihat lebih sehat berseri. Keunikan dari serum ini adalah formulanya dapat berubah warna dari putih menjadi pink, membuat kulit terasa lembap dan merona. 


    (Baca juga: 7 Hal Yang Tidak Boleh Dilewatkan Untuk Hindari Kulit Kusam)


    5. Mediheal I.P.I Lightmax Ampoule Mask EX


    (Fun fact: Makeup artist profesional Bubah Alfian selalu mengaplikasikan sheet mask mediheal ke kliennya sebelum memulai riasan agar hasilnya glowing sempurna. Foto: Dok. Mediheal Indonesia)

    Untuk mendapat kulit cerah secara instan dengan hasil akhir glowing, I.P.I Lightmax Ampoule Mask EX dapat menjadi solusi. Teknologi IPL (Intense Perfect Light) Whitelux membantu mengontrol produksi melanin, membuat kulit menjadi lebih cerah dan berseri. Dengan kandungan gluthatione, niacinamide, dan mulberry extract, masker ini dapat membuat kulit tampak lebih cerah berseri. Masker ini dapat digunakan sebagai pertolongan pertama setelah terpapar sinar matahari. Sangat cocok digunakan sebelum makeup untuk aktivitas di luar ruangan.


    *sumber: www.herworld.com 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below