Ketahui 4 Cara Mencegah Patah Hati


  • Ketahui 4 Cara Mencegah Patah Hati
    Takut patah hati? berikut cara mencegahnya (Foto:Dok/Pexels/Pixabay)


    Bagaimana pun, saat jatuh cinta hal yang tak diinginkan adalah patah hati. Sejumlah cara mungkin dilakukan untuk menghindarinya agar tak terjadi.

    Ada beberapa cara yang mungkin bisa kamu lakukan untuk mencegah patah hati. Dengan menjaga sikap dan memilih orang yang tepat hal ini bisa terhindari.


    (Baca Juga: Lagi Patah Hati, Begini Caranya Untuk Move On)


    1. Hindari berkencan dengan 'toxic people'

    Beberapa orang menginginkan pengalaman untuk jatuh cinta lagi. Tapi sayangnya, ia justru menjalaninya dengan orang yang tidak tepat untuknya. 

    Kamu bisa menyelamatkan kisah cintamu yang tak penuh dengan drama dengan cara mencari orang yang memiliki komitmen dan bisa bekerjasama. Dalam sebuah hubungan yang ideal, senang dan sedih bisa dirasakan bersama. Kamu bisa melihat apakah orang yang kamu sukai ada saat waktu kedua ini muncul? Jika ia hanya ada di salah satunya saja, mungkin lebih baik kamu pertimbangkan sebelum menjalani hubungan lebih lama.



    2. Jaga sikap, jangan berlebihan

    Ketika orang yang kamu cintai menolakmu, diri kerap merasa tak dibutuhkan, sehingga tanpa disadari kamu telah bertindak secara berlebihan. Rasa sakit akibat patah hati kerap membingungkan, dan sekaligus bisa membuatmu melakukan apapun untuk membuatnya kembali.

    Biasanya diri akan mengunggah berbagai foto quotes bertema patah hati hingga momen tak terlupakan saat bersamanya ke sosial media. Sebelum melakukannya, perlu disadari bahwa apakah yang kamu lakukan benar diinginkan bukan sekedar reaksi?

    Selain itu, patah hati terkadang membawa diri untuk lebih ingin menunjukkan rasa cinta kita kepada pasangan. Bahkan diri rela untuk pergi ke rumahnya, menghubunganya ratusan kali hanya untuk mendapatkan perhatiannya lagi. Reaksi ini bisa saja berlebihan, bahkan buat dirimu lebih lelah. Cobalah tenangkan diri sebelum bertindak.


    (Baca Juga: Kata-Kata Patah Hati Buat Kamu Yang Baru Putus)


    3. Batasi analisa

    Terlalu sering menganalisa hubungan hanya buat diri dilanda kebingungan, depresi hingga membuang waktu. Bahkan, berakhir dengan kesimpulan yang tak tepat. 

    Untuk mencegahnya, cobalah untuk melihat hubungan secara seimbang. Pertimbangkan baik dan buruk. Jika kamu merasa dan menemukan sesuatu yang tak bisa dipertahankan, mungkin kamu perlu memikirkan untuk melanjutkannya atau tidak.


    4. Kencan kilat

    Patah hati biasanya dikarenakan diri membangun harapan bahwa hubungan yang baru ini bisa menyembuhkan hati yang terluka. Namun sayangnya, tak jarang justru hasilnya akan membawamu pada kegagalan cinta lagi.

    Hal ini mungkin saja terjadi saat diri terburu-buru menginginkan sebuah ikatan, sebelum mengenal lebih jauh orang yang ia sukai. Bahkan buruknya, kamu hanya berujung pada membandingkan orang lain dengan yang lainnya. 


    Itulah sejumlah cara yang bisa dilakukan agar kamu terhindar dari patah hati.