7 Hal Yang Tidak Boleh Dilewatkan Untuk Hindari Kulit Kusam


  • 7 Hal Yang Tidak Boleh Dilewatkan Untuk Hindari Kulit Kusam
    Hal simpel yang bisa membuat kulit lebih cerah bercahaya. (Foto: Dok. cookie_studio/Freepik)

    Pernah sedang bercermin lalu merasa warna kulit tidak merata, terlihat lelah, dan tidak glowing? Ini tandanya kulitmu mengalami kekusaman. Kulit kusam dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti penumpukan kulit mati, polusi dan debu yang menempel, dehidrasi, penuaan, dehidrasi, sampai stres. Agar kulit tidak kusam dan tampak lebih cerah merona, berikut beberapa hal yang tidak boleh dilewatkan.


    1. Eksfoliasi Setiap Minggu

    Agar perputaran sel kulit mati dan yang baru berjalan lancar, bantu dengan produk eksfoliasi yang sesuai dengan kulitmu. Kamu bisa mencoba kandungan AHA seperti glycolic acid atau lactic acid. Mereka efektif untuk meluruhkan sel kulit mati sehingga kulit baru di dalamnya yang lebih sehat dan cerah muncul ke permukaan. Selain mencerahkan, AHA juga mampu mendorong produksi kolagen, meminimalisir garis halus dan kerutan, memancing peredaran darah yang lancar ke kulit agar tampak lebih segar, dan meratakan warna kulit. 




    2. Menggunakan Toner

    Langkah penting yang masih sering dilewatkan. Mengusapkan toner setiap habis mencuci wajah sangat membantu untuk menyingkirkan sisa-sisa kotoran, polusi, dan debu yang masih tersisa. Untuk efek yang lebih mencerahkan, kamu juga bisa menggunakan toner berkandungan AHA yang lebih rendah konsentrasinya daripada produk eksfoliasimu. Di hari menggunakan produk eksfoliasi, kamu bisa menggunakan toner yang bersifat hydrating dan calming, seperti hyaluronic acid atau centella asiatica


    (Baca juga: 6 Rekomendasi Toner untuk Setiap Kondisi Kulit yang Berbeda)


    3. Bersihkan Wajah 2-3 kali Sehari

    Double cleansing is a must! Walaupun di pagi hari kamu merasa wajah tidak kotor, sebenarnya selama tidur terjadi penumpukan sebum. Terlebih jika kamu menggunakan skincare berlapis-lapis. Sebaiknya tetap gunakan first cleanser seperti micellar water atau cleansing oil terlebih dulu sebelum mencuci wajah dengan sabun. Jika aktivitasmu juga cukup memaparkan kulit terhadap faktor eksternal, kamu bisa membersihkan wajahmu di tengah hari, cukup gunakan micellar water apabila mencuci wajah tidak memungkinkan. 


    4. Menggunakan Sunscreen

    Tahukah kamu bahwa spektrum UVA, si penyebab photo-aging, bisa menembus kaca? Inilah mengapa penting untuk tetap mengenakan tabir surya atau sunscreen walaupun berada di dalam ruangan. Kulit yang terpapar sinar matahari tanpa perlindungan akan lebih muda terkena dark spots, garis halus, kerutan, dan warna kulit tidak merata.  


    (Baca juga: 5 Rekomendasi Sunscreen Lokal yang Berkualitas)


    5. Menyeimbangkan Gaya Hidup

    Kontak dengan polusi, dan aktivitas sehari-hari yang membuat stress, berpotensi membuat kulitmu tampak lelah dan kusam. Gunakan produk perawatan kulit yang mampu melindungi kulit dari radikal bebas pada pagi hari, dan pilih produk yang juga bisa memberikan efek rileks pada malam hari sebelum tidur. Yang paling penting, luangkan me time setiap hari untuk rehat sejenak dari segala tuntutan sambil merawat diri. 


    6. Rutin Berolahraga

    Olahraga membuat kita berkeringat dan memperlancar sirkulasi darah. Saat berolahraga, keringat keluar dari pori-pori kulit dan membuat kotoran-kotoran yang terkunci di dalamnya-ikut terdorong keluar. Perputaran oksigen yang merata ke seluruh tubuh juga akan membuat wajah terlihat semakin glowing merona. 


    7. Cukupi Kebutuhan Air Putih Setiap Hari

    Tak hanya mencegah terjadinya dehidrasi, mengonsumsi air putih yang cukup juga membantu meluruhkan toksin di dalam tubuh melalui urin. Efek menguntungkannya lagi, ia turut menjaga kelembapan dan kekenyalan kulit. Jadi, pastikan kamu minum air putih setidaknya 8 gelas per hari ya.