Ketahui 5 Cara Mudah Atasi 'Overthinking'


  • Ketahui 5 Cara Mudah Atasi 'Overthinking'
    Ketahui cara mudah atasi overthinking hingga buatmu sulit tidur (Foto:Dok/Pexels/Juan Pablo)


    Overthinking kerap jadi salah satu penyebab sulit tidur di malam hari. Bahkan dampak lainnya, diri kian merasa khawatir berlebih hingga cemas. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

    Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi overthinking. Diantaranya adalah dengan meditasi, dan mengalihkan pikiran ke hal-hal yang menyenangkan. Selain itu dirangkum dari berbagai sumber berikut langkah lain yang bisa dicoba.




    (Baca Juga: 5 Langkah Mudah Memulai Gaya Hidup Sehat Dari Sekarang)



    1. Alihkan

    Cara menghentikan overthinking yang bisa kamu lakukan adalah berusaha untuk mengalihkannya. Hal ini bisa dibantu dengan mencari kegiatan yang kamu sukai. Seperti memasak, mencoba olahraga baru, menonton film dan lainnya.


    2. Latih pernapasan

    Mungkin kamu sudah sering mendengar bahwa melatih pernapasan dengan teknik inhale and exhale bisa bantu menenangkanmu dari rasa cemas. Hal ini juga rupanya bisa menetralkan pikiranmu. Dikutip dari laman Healthline, berikut panduannya.


    1. Carilah tempat yang nyaman untuk duduk dan merilekskan leher dan bahumu.

    2. Letakkan tanganmu dibagian hati atau diantara dada dan perut

    3. Tutup matamu dan ambil napas dalam-dalam

    4. Buanglah udara melalui hidung secara perlahan. 

    5. Fokuskan pikiran pada dada dan perut yang bergerak saat bernapas.

    Praktikkanlah cara ini sebanyak 3 kali setiap harinya selama 5 menit. Terutama saat pikiranmu tak dapat dikendalikan.


    (Baca Juga: 8 Cara Efektif Mengatasi Sulit Tidur Tanpa Obat)


    3. Latih pikiran

    Selain melatih pernapasan, kamu juga bisa melatih pikiran agar tidak hanyut pada pikiranmu. Memikirkan masalah hidup secara terus menerus tak akan menyelesaikannya. Kamu perlu mencari solusi agar semua terselesaikan.

    Salah satu cara melatihnya adalah mengganti pikiranmu dengan pertanyaan seputar bagaimana dan berhenti untuk bertanya kenapa. Tanyakan pada dirimu langkah apa yang bisa kamu pelajari dan cara menghindarinya di masa yang akan datang.

    Langkah ini juga bisa membuatmu berpikiran positif dalam menghadapi masalah. Jika memulainya sulit, kamu bisa mempraktikan cara berikut.

    1. Catat apa yang membuatmu cemas hingga memengaruhi perasaan dan memenuhi pikiranmu.

    2. Setelah itu, cobalah untuk melihatnya kembali sebagai bahan evaluasi diri mengapa hal ini bisa menimbulkan pikiran negatif.

    3. Kendalikan emosimu dengan bicara pada diri sendiri tentang situasi yang sedang dialami.

    4. Pahamilah dirimu bahwa kamu telah melakukan yang terbaik.


    4. Meditasi

    Meditasi merupakan praktik yang mampu membantu menjernihkan pikiran sekaligus melatih kesadaran berpikir. Cukup melakukannya selama 5 menit sehari, agar diri tenang menghadapi semua masalah.


    5. Bersosialisasi

    Bergabung dalam kegiatan peduli masyarakat atau lingkungan bisa meringankan beban orang lain sekaligus membantumu untuk atasi overthinking. Cara ini bisa membawamu pada perspektif lain tentang masalah dalam hidup.

    Secara tidak langsung kegiatan sosial bisa membantumu untuk menyadari bahwa dirimu memiliki kemampuan untuk membuat hari seseorang merasa lebih baik. Bahkan bisa melatih fokus dan produktivitasmu.


    Itulah sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi overthinking.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below