5 Langkah Mudah Memulai Gaya Hidup Sehat Dari Sekarang


  • 5 Langkah Mudah Memulai Gaya Hidup Sehat Dari Sekarang
    Cara mudah memiliki gaya hidup sehat mulai sekarang (Foto:Dok/Pexels/Nathan)


    Memulai hidup sehat memang bukan hal mudah. Bisa jadi, langkah pertama justru yang paling sulit. Kamu perlu menentukan tujuan, mengapa kamu ingin hidup lebih sehat. Ingin hidup lebih panjang, atau takut terserang penyakit berat? Tujuan utama ini perlu dipegang kuat supaya bisa lanjut ke langkah berikutnya. 

    Ini 5 langkah mudah memulai hidup sehat yang bisa kamu lakukan sekarang juga.




    (Baca Juga: Mengintip Gaya Hidup Sehat Dari Desainer Vera Wang)


    1. Tentukan Tujuan

    Apa tujuan utama kamu ingin hidup lebih sehat? Agar terhindar dari penyakit, ingin umur panjang, supaya langsing dan menarik, atau ngga mau ketinggalan dengan pertemanan di sosmed? Apapun itu, pegang teguh agar tidak mudah tergoda untuk kembali ke gaya hidup tidak sehat.


    2. Target Spesifik

    Setelah menentukan tujuan utama, tentukan target-target lebih kecil yang sesuai ketertarikan (interest) kamu. Misalnya, ingin ikut lari marathon, mendaki gunung, bergabung dalam komunitas bersepeda, atau ikut kompetisi dance.


    3. Perubahan Bertahap

    Untuk bisa mencapai target di atas, diperlukan tubuh yang fit. Kamu perlu mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat, misalnya memilih menu makanan dengan gizi seimbang, latihan fisik teratur, tidak merokok, dan lain-lain. Lakukan perubahan ini secara bertahap.


    (Baca Juga: Daftar Vitamin Penting Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh)


    4. Atasi Rintangan

    Perhatikan hal-hal yang menghambat niat sehat kamu. Misalnya, kesulitan bangun pagi atau tidak tersedia nya bahan makan sehat di kulkas. Berlatihlah selalu untuk mengatasi rintangan-rintangan tersebut. Dengan tidur lebih cepat (supaya bisa bangun lebih pagi) atau dengan membuat daftar belanja bahan makanan sehat yang diperlukan setiap akan ke supermarket.


    5. Komitmen

    Keempat langkah di atas tidak akan terlaksana tanpa adanya komitmen dalam diri yang kuat. Jika mungkin, tulis komitmen itu di secarik kertas, dan letakkan di tempat yang bisa kamu lihat setiap bangun tidur.


    (Baca Juga: 12 Makanan Kaya Antioksidan Untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh)



    (tips memiliki gaya hidup sehat.Foto:Dok/Unsplash/Jamie Brown)


    Lima langkah tersebut perlu dipecah lagi menjadi beberapa aksi nyata, misalnya seperti di bawah ini:

    1. Rutin Makan Sayur dan Buah.

    2. Minum Air Putih (lebih banyak), hindari minuman manis, bersoda dan mengandung alkohol.

    3. Bedakan Lemak Baik (alpukat, dark chocolate) vs Lemak Jahat (makanan diproses, gorengan, dll).

    4. Perhatikan Kesehatan Mental. Kurangi stress, berpikir positif, hindari kekhawatiran berlebihan dan overthinking.

    5. Olah raga. Pilih olah raga sesuai minat, lakukan secara rutin, dan nikmati manfaatnya. Ketika kamu sudah merasakan manfaat olah raga, maka kegiatan ini bisa menjadi rutinitas yang menyenangkan.

    6. Kualitas Tidur. Tubuh perlu rehat. Prioritaskan waktu tidur sesuai anjuran yaitu 7-8 jam sehari.

    7. Rekreasi. Rasa bahagia dan relaks sangat penting buat kesehatan secara keseluruhan.

    8. Paparan Matahari. Jangan sepelekan paparan matahari pada tubuh. Sinar matahari pagi tidak saja memberi energi tetapi juga dapat meningkatkan asupan vitamin D yang baik bagi kesehatan tulang serta mencegah depresi.


    Itulah langkah-langkah yang perlu diambil jika kamu ingin memulai gaya hidup sehat. Jangan cepat putus asa, ya! Selalu ingat tujuan utama dan lakukan dengan komitmen yang tinggi.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below