10 Manfaat Berciuman Untuk Kesehatan Yang Patut Diketahui


  • 10 Manfaat Berciuman Untuk Kesehatan Yang Patut Diketahui
    Manfaat berciuman bagi kesehatan tubuh dan mental (Foto:Dok/Pexels/Freestock)


    Berciuman kerap jadi kegiatan intim yang dilakukan pasangan untuk mengungkapkan perasaan cinta hingga melakukan hal romantis. Namun ternyata, ciuman memiliki banyak manfaat lain yang bahkan baik untuk kesehatan tubuh.

    Selain bisa mengeratkan hubungan, ternyata berciuman bisa meningkatkan hormon oksitosin dan lainnya yang bisa membuat seseorang lebih bahagia. Sehingga rasa stres dan kecemasan bisa teratasi dengan perlahan. Lalu apa lagi? Dirangkum dari Healthline, berikut manfaat berciuman untuk kesehatan yang patut diketahui.


    (Baca Juga: 5 Teknik Ciuman yang Akan Buat Pria Tergila-gila)


    1. Meningkatkan hormon

    Saat berciuman otak terpicu melepaskan hormon yang membuatmu merasa lebih bahagia. Diantaranya adalah oksitosin, dopamin dan serotonin yang juga bisa mendorong perasaan kasih sayang dan mengeratkan hubungan. 

    Sehingga saat hormon itu muncul, kadar hormon kortisol dalam tubuh bisa menurun. Melansir laman Healthline hormon inilah yang bisa menimbulkan rasa cemas hingga stres.


    2. Mendorong rasa percaya diri 

    Selain meningkatkan hormon bahagia, berciuman dapat mengurangi kadar kortisol yang juga berpotensi meningkatkan rasa percaya diri. Masih melansir laman yang sama, sejumlah peneliti dalam studi di tahun 2016 menemukan bahwa partisipan yang tidak bahagia dengan penampilan fisik mereka memiliki kadar kortisol yang lebih tinggi. 


    (Baca Juga: 4 Tipe Ciuman yang Paling Disukai Pria)


    3. Mengurangi tekanan darah

    Menurut Andrea Demirjian, penulis buku, "Kissing: Everything You Ever Wanted to Know About One of Life’s Sweetest Pleasures. saat berciuman detak jantung meningkat sehingga melebarkan pembuluh darah. Ketika pembuluh darah membesar, aliran darah meningkat dan secara efektif menurunkan tekanan darah.


    4. Meredakan kram

    Efek yang tidak banyak diketahui dari berciuman adalah ia bisa meredakan kram. Bahkan, saat kram yang disebabkan oleh menstruasi.


    (Baca Juga: 6 Hal yang Terjadi Pada Tubuh Saat Berciuman)


    5. Menghilangkan rasa sakit kepala

    Berciuman bisa menghilangkan rasa sakit kepala. Hal ini dikarenakan hormon oksitosin yang bisa meningkat dan meredakannya.


    6. Meningkatkan sistem imun tubuh

    Ketika berciuman, bertukar air liur bisa meningkatkan kekebalan tubuh karena adanya kuman baru yang bisa memoerkuat sistem imun tubuh. Melansir laman Healthline satu studi tahun 2014 menemukan bahwa pasangan yang berciuman sering kali memiliki mikrobiota yang sama di air liur dan di lidah mereka.


    (Baca Juga: Yang Harus Dihindari Saat Ciuman)


    7. Mencegah alergi

    Berciuman telah terbukti bisa mencegah alergi seperti gatal-gatal dan tanda-tanda reaksi alergi lain yang terkait dengan serbuk sari, tungau, debu dan lainnya.


    8. Mengurangi risiko sakit kronis

    Sebuah studi di tahun 2009, menemukan bahwa pasangan yang sering berciuman mengalami penurunan risiko terserang penyakit seperti jantung dan stroke. Hal ini dikarenakan saat berciuman, kadar kolesterol menjadi terkendali dan membuat tubuh menjadi lebih relaks.


    (Baca Juga: Pasangan Bukan Pencium yang Handal? Lakukan Ini!)


    9. Mengencangkan otot wajah

    Semakin sering berciuman, maka bisa semakin kencang pula otot wajah. Bukan tanpa alasan, hal ini dikarekanan berciuman melibatkan 2 hingga 34 otot wajah. Sehingga jika dilakukan teratur bisa meningkatkan produksi kolagen yang membuat kulit tampak lebih awet muda.


    10. Membakar kalori

    Menggunakan otot wajah tersebut juga bisa membakar kalori. Sehingga saat berciuman kamu bisa membakar 2 hingga 26 kalori per menit tergantung pada seberapa bersemangat ciuman itu sendiri. Tapi, ini bukanlah program olahraga terbaik jika kamu ingin menurunkan berat badan, ya! 


    Itulah sejumlah manfaat berciuman bagi kesehatan tubuh yang patut diketahui.