Tips Jaga Hubungan Dengan Pasangan, Menikmati Waktu Sendiri


  • Tips Jaga Hubungan Dengan Pasangan, Menikmati Waktu Sendiri
    Ternyata menikmati waktu sendiri justru bisa membantu untuk membangun hubungan yang sehat dengan pasangan. (Foto:Dok/Pexels/Jack Sparrow)



    Menghabiskan waktu secara intens dengan pasangan, seringkali malah berujung dengan ketergantungan yang berlebihan. Batas diri dalam hubungan menjadi tidak jelas, meragukan nilai diri sendiri, ataupun emosi yang kurang stabil. Lalu, bagaimana agar bisa menjaga hubungan dengan pasangan tanpa kehilangan jati diri ini?


    Untuk membangun hubungan yang sehat dengan pasangan, memiliki waktu berkualitas yang intens atau terus-menerus dengannya belum tentu termasuk hal yang lebih baik. Tiap menit dan detik memang terasa penting untuk dinikmati bersama-sama. Namun, jika tanda-tanda berikut ini mulai muncul dalam diri kamu, ini saatnya untuk mencoba cara baru guna menjaga hubungan lebih baik dengan pasangan.


    • Mengabaikan emosi yang sedang dirasakan

    • Kebahagiaan datang saat berada dalam hubungan serius/stabil

    • Merasa kesepian dan tak berdaya jika tidak bersama pasangan

    • Kecemasan atau depresi terus menerus

    • Merasa bertanggung jawab atau bersalah jika terjadi konflik dalam hubungan

    • Rasanya ada yang salah jika tidak berkomunikasi secara konstan dengan pasangan

    • Mengamuk berlebihan jika pasangan mengabaikan telepon atau pesan

    • Selalu ditemani orang lain, meski sedang tidak dalam hubungan


    (Baca juga: Awas Depresi, Ini Tanda-Tandanya)


    Apakah kamu sering merasakan hal-hal seperti di atas? Mengalami ketergantungan ataupun tidak, menjaga privasi dan saling menghargai merupakan komponen penting dalam membangun hubungan sehat. Tidak ada salahnya mundur selangkah sejenak untuk menikmati waktu sendiri masing-masing. Demi mencegah rasa ketergantungan yang berlebihan, beberapa tips berikut ini bisa kamu lakukan bersama dengan pasangan.


    Bangun koneksi dengan diri sendiri

    Kurangi rasa ketergantungan dengan cara mulai mengenal diri sendiri terlebih dahulu. Bangun koneksi tersebut dengan menciptakan waktu khusus terpisah dari dia yang digunakan sebagai ruang personal. Bukan mengabaikan atau mengakhiri hubungan, namun mencoba membangun kesehatan mental yang baik dengan diri. Bisa saja dengan mencari hobi baru, rutin olahraga, bertemu dengan teman, meditasi, dan masih banyak lagi.


    Self-love

    Terdengar klise namun ini hal tersulit untuk dilakukan, yaitu mencintai diri. Memiliki citra yang sehat serta menghargai nilai individu mampu memberikan rasa aman pada pribadi ini. Dengan demikian, ini membangun percaya diri untuk mengutarakan apa yang kamu butuhkan dalam sebuah hubungan.


    (Baca Juga: Lakukan Cara Ini Jika Ingin Bahagia Dengan Pasangan)


    Ciptakan batasan diri

    Mengomunikasikan keinginan akan batasan diri dalam hubungan, bisa membantu menciptakan kepuasan dalam jangka panjang serta rasa sayang tanpa syarat. Tujuan dari batasan diri ini agar kamu serta pasangan merasakan kedamaian dalam diri, saling menghormati, membangun kerjasama serta komunikasi yang baik. Sehingga bisa saling mengerti tanpa harus tergantung akan opini milik yang lain.


    (Baca Juga: 5 Kalimat Penyemangat untuk Pasangan)


    Konsisten dan bertanggung jawab

    Terus konsisten mempraktikkan tips yang dijabarkan sebelumnya merupakan hal yang wajib dilakukan. Ini guna mencapai tujuan kamu yaitu memiliki hubungan yang sehat dengan pasangan. Tak luput pula agar hubungan ini bisa berjalan dengan baik, yaitu bertanggung jawab akan kebutuhan personal masing-masing bukannya membebankannya ke pasangan. Rawat diri ini guna meminimalisir keinginan untuk mencari persetujuan dari orang lain.


    Itulah cara-cara kamu bisa menjaga hubungan dengan pasangan selain menikmati waktu sendiri. Selamat mencoba, ya.