Kata Ahli, Hindari 5 Bahan Makeup Ini Bagi Kulit Berjerawat


  • Kata Ahli, Hindari 5 Bahan Makeup Ini Bagi Kulit Berjerawat
    Ada beberapa bahan makeup yang harus dihindari agar tidak semakin memperburuk kondisi jerawat. (Foto: Dok. Cookie_Studio/Freepik)

    Apakah kamu memiliki tipe kulit berjerawat? Jika iya, tentu kamu tahu ada beberapa bahan makeup yang harus dihindari, agar tidak semakin memperburuk kondisi jerawat. Melansir dari laman Byrdie, menurut Yoram Harth, M.D., seorang dokter kulit dan direktur medis MDacne mengatakan bahwa, jika kamu memiliki kulit yang rentan berjerawat, kuncinya adalah menghindari bahan makeup yang berpotensi menyumbat pori-pori, yang akan menyebabkan munculnya jerawat. Lantas, bahan makeup apa saja yang harus dihindari oleh pemilik kulit berjerawat? Simak pemaparannya di bawah ini!


    1. Oils




    Meskipun tergolong ke dalam bahan alami, tetapi beberapa jenis minyak (oil) tertentu dapat menyumbat pori-pori (comedogenic), yang akan menyebabkan munculnya jerawat. Menurut Rhonda Klein, MD, MPH, FAAD, seorang dokter kulit di Modern Dermatology di Westport, CT, mengatakan bahwa almond oil, avocado oil, dan coconut oil tergolong ke dalam jenis minyak comedogenic, sehingga harus dihindari oleh pemilik kulit rentan berjerawat. 


    (Baca Juga: Hindari 7 Kandungan Skincare Ini Untuk Kulit Berjerawat)


    2. Silikon


    Menurut Deanne Robinson, M.D., FAAD, seorang dokter kulit di Modern Dermatology, silikon adalah bahan makeup lain yang harus dihindari bagi pemilik kulit berjerawat. Bahan makeup silikon biasanya terdapat pada primer untuk membuat tekstur produk lebih lembut dan tahan air. Pada dasarnya, bahan silikon dapat menyebabkan dehidrasi dan penyumbatan pada pori-pori, sehingga tidak baik digunakan bagi mereka yang rentan berjerawat. 


    3. Wewangian


    Sebenarnya, semua jenis wewangian di dalam produk kecantikan sangat tidak dianjurkan untuk digunakan bagi pemilik kulit berjerawat. Tetapi, dikutip dari Byrdie, terdapat salah satu jenis wewangian yang biasa ditambahkan ke dalam produk kecantikan, yaitu benzaldehyde. Sama seperti jenis wewangian lainnya, benzaldehyde juga dapat menyumbat pori-pori wajah. Tak hanya itu saja, jenis wewangian juga dapat menyebabkan iritasi, alergi dan jerawat. 


    4. Lanolin


    Bahan makeup lainnya yang harus dihindari oleh pemilik kulit berjerawat adalah lanolin. Menurut Yoram Harth, lanolin adalah salah satu bahan yang sangat bersifat comedogenic dan dapat memperburuk kondisi jerawat pada kulit. Bahkan, lanolin diketahui juga dapat memicu terjadinya dermatitis kontak. Perlu diketahui, lanolin memiliki beberapa nama lain antara lain, PEG 16 lanolin, acetylated lanolin alcohol, ethoxylated lanolin, dan solulan 16. 


    (Baca Juga: Inilah Kandungan Skincare Yang Tidak Boleh Dicampur)


    5. Petrochemicals


    Menurut Robinson, bahan makeup ini sebenarnya tidak akan disebut “petrochemicals” pada daftar ingredients produk kecantikan, tetapi biasa ditulis dengan nama lain seperti paraffin wax, mineral oil, atau petrolatum. Pada dasarnya, bahan ini digunakan untuk memperlama umur simpan suatu produk, tetapi sayangnya bahan ini diketahui dapat menyebabkan penyumbatan pada pori-pori wajah, yang akan memicu munculnya jerawat. 


    Itulah 5 bahan makeup yang harus kamu hindari demi kesehatan kulit wajahmu. Pastikan kamu benar-benar memerhatikan semua kandungannya saat membeli produk baru, ya.