Lukisan Pesanan Bung Karno Selesai Direstorasi


  • Lukisan Pesanan Bung Karno Selesai Direstorasi
    Hotel Indonesia Kempinski kembali dibuka dan disambut dengan lukisan pesanan dari Bung Karno saat menjabat sebagai Presiden RI (Foto:Dok/Kempinksi)


    Hotel Indonesia Kempinski kembali membuka pintunya untuk para tamu, ditandai dengan terpajangnya lukisan terbesar karya pelukis Lee Man Fong (1913-1988) berjudul Margasatwa dan Puspita Indonesia yang telah selesai direstorasi akhir Juli lalu. Lukisan sebesar 4x10.85 meter yang terbagi menjadi tiga panel ini adalah pesanan dari Bung Karno saat menjabat sebagai Presiden RI.

    Hotel Indonesia merupakan salah satu hotel heritage yang sangat dijaga keberadaannya, baik gedung maupun isinya yang dipenuhi oleh karya seni para seniman kenamaan Indonesia. Saat hotel ini dibangun, Bung Karno memesan lukisan kepada Lee Man Fong, yang saat itu merupakan pelukis istana. Bung Karno berharap, lukisan yang menampilkan keindahan flora dan fauna Indonesia ini menjadi lukisan termegah dan terbesar di Indonesia. 




    (Baca Juga: Makanan Khas Imlek di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta)



    Dalam pembuatan Margasatwa dan Puspita Indonesia, Lee Man Fong dibantu oleh 4 orang asisten bernama Lim Wa Sim, Tjio Soen Djie, Siauw Swie Ching dan Lee Ren. Lukisan megah yang selesai dibuat pada tahun 1962 ini tidak saja menjadi lukisan terbesar di Indonesia tetapi juga di dunia. 

    Melewati beberapa kali renovasi hotel, lukisan ini pun terdampak dan sempat diturunkan dari tempatnya. Sampai akhirnya, atas inisiatif Hotel Indonesia, Margasatwa dan Puspita Indonesia direstorasi secara profesional oleh ahlinya. Hotel Indonesia Kempinski mempercayakan proses ini pada Michaela Anselmini, seorang ahli restorasi lukisan asal Italia yang bermukim di Indonesia. Di studio restorasinya, di bawah naungan Sarasvati Art, Michaela membutuhkan waktu satu tahun penuh untuk memperbaiki lukisan ini tanpa mengubah wujud aslinya.


    (Baca Juga: 'Mencicipi' Cita Rasa Indonesia di Hotel Gran Mahakam)


    Jika ingin menyaksikan karya masterpiece ini, silakan berkunjung ke Hotel Indonesia Kempinski. Lukisan ini terletak tepat menghadap pintu masuk Bali Room yang megah.









 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below