Ingin Keramas Seminggu Sekali? Ini Tipsnya agar Tetap Segar


  • Ingin Keramas Seminggu Sekali? Ini Tipsnya agar Tetap Segar
    Keramas seminggu sekali tapi tetap "on"? Tak ada yang tak mungkin! (Foto: Dok. Her World Indonesia)

    Bagi pemilik rambut panjang, tebal, atau membutuhkan waktu lama untuk dikeringkan, keramas mungkin menjadi ritual yang cukup melelahkan. Untuk itu, her world merangkum tips sederhana agar kamu hanya perlu keramas seminggu sekali saja dan tetap terlihat segar. Ini berlaku untuk kamu yang WFH (work from home) saja ya, karena kalau kamu setiap hari beraktivitas di luar, sangat disarankan untuk selalu keramas sesampainya di rumah agar aman dari bakteri dan virus, terutama Covid-19.


    (Baca juga: 9 Essential Oil dan Manfaatnya Dalam Merawat Rambut)




    Kalau kamu punya privillege untuk WFH dan hanya ingin keramas seminggu sekali saja, ikuti jadwal penataan rambut berikut yuk untuk mewujudkannya. 


    Hari 1: Keramas

    Cuci rambut kamu menggunakan sampo yang menjanjikan efek deep cleansing. Karena kamu baru akan keramas kurang lebih satu minggu lagi, lakukan double shampoo untuk memastikan kulit kepala benar-benar bersih. Jika kulit kepala kamu termasuk sangat mudah berminyak, tak ada salahnya juga menggunakan hair scrub sebelum sampo. Setelah membersihkan dengan saksama, ikuti dengan pemakaian kondisioner hanya di bagian ujung-ujung agar rambut terhindar dari rasa “berat” dan berminyak. Keringkan dan tata rambut sebagaimana kamu menginginkan tampilannya selama beberapa hari ke depan.  


    Rated Green Real Mary Exfoliating Scalp Shampoo (Rp249.000)

    (Teksturnya gel bening serta memberi efek sejuk dan enteng. Foto: Dok. Sociolla.com)

    Sampo organik ini diproses dengan cara cold brew dan cold pressed sehingga nutrisinya masih terkonsentrasi dengan baik. Dengan jus rosemary dan bahan alami lainnya, ia mampu mengatur produksi minyak berlebih, membersihkan mendalam, menyeimbangkan, sekaligus membantu meredakan rasa tidak nyaman seperti gatal pada kulit kepala. 


    Rated Green Real Mary Energizing Scalp Spray (Rp189.000)

    (Aplikatornya sangat memudahkan pemakaian, semprotannya presisi ke kulit kepala. Foto: Dok. Sociolla.com)

    Setelah selesai keramas, semprotkan kulit kepala dengan tonik rambut yang menyegarkan ini. Kandungan biotin dan Black Complex 3-nya juga mendorong pertumbuhan alami rambut. Selain itu, ia membuat kulit kepala terasa semakin sejuk, segar, dan volume rambut pun bertahan lebih lama.  


    Hari 2: Lindungi dan Manfaatkan Produk Styling

    Setelah menjalankan ritual panjang mencuci dan menata rambut kemarin, hari ini kamu cukup melakukan quick shower dan tak perlu memusingkan soal rambut. Namun agar rambut tidak mengembang (bebas frizzy), gunakan shower cap saat mandi. Jika ingin membuat tampilan helai rambut lebih berkilau lagi, kamu bisa menggunakan produk styling yang bersifat melembutkan, namun bebas minyak agar rambut tidak cepat lepek. 


    Living Proof No-Frizz Weightless Spray (Rp499.000)

    (Temukan koleksi produk Living Proof hanya di Sephora Indonesia. Foto: Dok. Sephora Indonesia)

    Ia beraksi menjaga kelembapan rambut tanpa menjadikannya berat. Produk bebas minyak ini dilengkapi molekul PolyfluoroEster untuk menciptakan perlindungan ringan pada rambut terhadap kotoran, sekaligus menghaluskan helai dan kutikula rambut. Jika ingin tatanan rambut tetap terjaga, kamu bisa blow dry sebentar setelah menyemprotkan produk ini. 


    Hari 3: Catok Ikal / Curling Iron

    (untuk kamu yang memiliki rambut lurus dan cenderung tipis)


    Di hari ketiga ini kamu mungkin sudah menginginkan ekstra volume. Saatnya manfaatkan curling iron. Belah rambut menjadi empat atau enam bagian kunciran. Posisikan curling iron menghadap ke bawah dan gulung tiap bagian kunciran tadi selama 10 detik. Teknik ini, dengan posisi tongkat catokan yang lebar berada di dekat akar rambut, akan membuat tekstur rambut lebih bervolume dan bebas lepek. Agar tatanan tetap awet sampai keesokan hari, kamu bisa mengamankannya dengan kunciran tinggi yang longgar selama tidur. Untuk usaha ekstra dan jika punya, kamu juga bisa membungkusnya dengan hair wrap


    GlamPalm Clipless Curling Iron Medium (Rp1.600.000)

    (Kamu bisa cek produk ini di e-commerce kesayangan. Foto: Dok. Glampalm Indonesia)

    Konsep tanpa klip-nya membuat kamu lebih leluasa dalam menciptakan tatanan wavy yang natural. Ia memiliki tiga pilihan pengaturan temperatur yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Plat keramik dengan Healing Stone Technology-nya menjaga rambut tetap terlindungi dan berkilau selama penataan. 


    Hari 4: Ganti Belahan Rambut & Sisir

    Tatanan rambut sudah “on” dari hari sebelumnya. Jika bagian akar rambut mulai terasa lepek, coba ganti belahan rambut dan aplikasikan produk penambah tekstur. Sebelum tidur, sisir rambut untuk membantu mendistribusikan minyak rambut secara merata dari kulit kepala ke ujung rambut.


    Ouai Dry Texture Foam (Rp503.000)

    (Kamu juga bisa dapatkan brand perawatan rambut milik hair stylist Hollywood Jen Atkin ini hanya di Sephora Indonesia. Foto: Dok. Sephora Indonesia)

    Foam super ringan ini ideal untuk diaplikasikan pada rambut kering. Formulanya bening tranpsaran dan tidak kaku, sehingga sangat fleksibel untuk penataan berulang. Ia menambahkan tekstur pada rambut secara instan, namun terkesan undone, tidak sekaku hair spray atau dry shampoo


    Hari 5: Dry Shampoo

    Walaupun begitu menggoda, simpan dry shampoo untuk digunakan menjelang hari-hari terakhir sebelum kembali keramas. Mengapa? Dry shampoo memang ampuh untuk menyerap minyak dan membasmi lepek, namun ia juga meninggalkan residu putih karena kandungan talc-nya sehingga keesokan harinya rambut berpotensi menjadi kaku dan lebih sulit ditata. Jika sudah bertahan sampai hari ini, maka inilah saat yang tepat untuk menyemprotkan dry shampoo kesayangan. 


    Klorane Dry Shampoo with Nettle Oil Control (Rp195.000)

    (Temukan rangkaian perawatan rambut alami dari Klorane hanya di Sociolla.com. Foto: Dok. Sociolla)

    Mengandung ekstrak daun nettle yang tidak hanya menyerap minyak dalam 25 detik, namun juga mengurangi produksi minyak berlebih. Menjadikan rambut terasa bersih, segar, dan menambah volume hingga waktu keramas berikutnya. Setelah menyemprotkannya, diamkan selama dua menit, lalu Anda bisa mengatur rambut dengan tangan, sisir, atau hair dryer


    Hari 6: Tatanan Simpel

    Waktunya lebih kreatif dengan tatanan rambut. Agar tidak mengganggu aktivitas namun tetap terlihat chic, kamu bisa mencoba French braid. Kepangan ini efektif untuk menyembunyikan rambut lepek sekaligus membuat kamu tampil beda (cocok untuk tampil ekstra saat meeting virtual!). Untuk memudahkan proses mengepang, sebelum mulai, aplikasikan hair oil bertekstur ringan pada helai dan ujung-ujung rambut. Langkah ini akan menambah kilau pada tatanan rambut. 



    (Jika tidak memiliki poni, kamu bisa memulai kepangan dari bagian depan. Kalau berponi, jepit poni dengan bobby pin ke arah belakang. Foto: Dok. Corey O'Brien)

    Salah satu tutorial membuat French braid yang simpel bisa dilihat di sini.


    Hari 7: Gerai Rambut

    Sampai ke akhir minggu dan rambut tentu sudah terasa berat. Jika kamu berdiam di rumah saja, biarkan rambut tergerai agar akarnya tidak tambah tertarik atau terbebani dengan residu minyak dan kotoran yang menumpuk. Jika terpaksa keluar, ikat rambut dalam ponytail yang rapi. Pilih ikat rambut berbahan plastik yang bergelombang seperti kabel telepon agar ikatannya lebih kencang. Lalu semprotkan hairspray agar rambut tampak licin dan rapi. Selamat! Kamu berhasil melewati hari ketujuh. Nikmatilah ritual keramas kembali keesokan harinya. 


    (Baca juga: 7 Rekomendasi Masker Rambut Yang Bagus Untuk Harian)


    *DISCLAIMER: Artikel ini sudah terbit di majalah Her World Indonesia edisi Juli 2020 dengan judul "7 Hari, Sekali Keramas, & Tetap Fabulous!"