Tips Mudah Menghadapi Pasangan Yang Posesif


  • Tips Mudah Menghadapi Pasangan Yang Posesif
    Rasa sayang yang berlebihan artinya si dia punya sifat posesif. Begini cara menghadapi pasangan posesif agar hubunganmu lebih awet. (Foto: Dok. Joao/Pexels)

    Dalam sebuah hubungan, kita harus bisa mengenal sifat pasangan baik-baik. Rasa sayang dan percaya kadang jadi sifat yang diinginkan semua orang pada pasangannya. Namun, bisa jadi rasa sayang ini dilakukan oleh pasangan secara berlebihan. Inilah yang akhirnya disebut sebagai posesif. Hingga akhirnya kamu merasa kurang nyaman dalam menjalani hubungan, apalagi banyak pertengkaran yang akhirnya dipicu oleh sifat posesifnya. Jika ini yang terjadi, bukan berarti hubunganmu tak bisa diselamatkan. Pastikan kamu melakukan hal-hal ini saat menghadapi pasangan yang posesif.


    1. Meyakinkan pasangan tentang perasaanmu

    Sikap cemburu dan posesif sebenarnya didasari karena si dia merasa insecure alias tidak percaya diri. Ia ragu apakah kamu benar-benar mencintainya dan khawatir kamu akan pindah ke hati lain. Minimalisir hal ini dengan meyakinkan bahwa pasangan adalah orang satu-satunya dalam hatimu. Setelah kamu meyakinkannya dengan tegas, ia akan merasa lebih lega dan mengurangi tingkat kecemburuannya.


    (Baca Juga: Perbedaan Jatuh Cinta Dan Obsesi Berlebih)


    2. Mengenalkan pasangan pada teman-temanmu

    Ajak pasangan ke lingkaran pergaulanmu. Dengan begitu, ia akan mengenal teman-temanmu sehingga tak menaruh rasa curiga apa pun. Ia semakin bisa mengenal dan akrab dengan mereka sehingga ia akan merasa "lebih aman" saat kamu sedang bersama teman-temanmu.


    3. Hindari sengaja membuatnya cemburu

    Kamu yang tahu pribadi pasanganmu seperti apa. Jika pada dasarnya pacarmu memang sudah cemburuan, sebaiknya kamu enggak membuatnya cemburu dengan sengaja. Jaga jarak saat berteman dengan lawan jenis dan hindari kontak fisik. Pastikan juga kamu tidak menjadikan teman lawan jenismu sebagai tempat curhat, apalagi yang kesannya pribadi. Hargai perasaan pasangan.


    4. Filter yang kamu ceritakan

    Dalam hubungan, kejujuran adalah hal penting. Namun, kalau kamu sudah tahu bahwa pasangan punya sifat protektif dan gampang cemburuan, ada baiknya kamu filter apa yang hendak kamu ceritakan. Bukan memintamu untuk berbohong, namun jangan tambahkan bumbu-bumbu yang bisa memperkeruh suasana.


    5. Menyindirnya halus

    Kalau kamu punya teman yang memiliki watak sama dengan pasanganmu, kamu bisa "pura-pura" menceritakannya pada si dia. Betapa temanmu punya sikap cemburuan dan posesif yang selalu mengekang pasangannya. Dengan sindiran halus ini, semoga pacarmu bisa merasa bahwa sikapnya sudah berlebihan.


    (Baca Juga: Menjaga Pasangan Tidak Selingkuh, Begini Caranya)


    6. Batasi gerak-gerikmu

    Ambil sikap lebih tegas dan jelaskan bahwa sifatnya selama ini terlalu kekanak-kanakan sehingga hal ini justru membatasimu dalam begerak. Kamu pun jadi tidak bahagia dalam hubungan tersebut. Minta pada pasangan untuk mengutamakan rasa saling percaya dan kejujuran di antara kalain.


    7. Ambil waktu untuk introspeksi

    Jika si dia masih tak bisa mengubah sifatnya, ambil waktu untuk introspeksi diri sebagai langkah terakhir. Dengan cara ini, semoga ia bisa menyadari bahwa ia kelewat batas. Ada baiknya untuk memberi waktu pada pasangan untuk introspeksi dan ketahui titik kesalahannya.


    Nah, itulah cara mengatasi pasangan yang posesif. Semoga kamu bisa lebih siap menghadapinya, ya