Menjaga Pasangan Tidak Selingkuh, Begini Caranya


  • Menjaga Pasangan Tidak Selingkuh, Begini Caranya
    Cara menjaga kesetiaan seseorang selalu jadi topik yang dicari. Mungkin beberapa hal berikut bisa membantumu jaga pasangan tidak selingkuh. (Foto: Dok. Andrea/Pexels)

    Pasti tidak ada orang yang mau diduakan. Nah, kamu harus pintar menjaga pasangan agar ia tidak coba-coba bermain api di belakangmu. Menurut Shirley Glass, penulis Not “Just Friends”: Protect Your Relationship from Infidelity and Heal the Trauma of Betrayal, hubungan persahabatan antar pria dan wanita bisa menjadi hubungan cinta. Mungkin kamu sudah punya kecurigaan, mungkin juga belum. Apa pun itu, jangan sampai kamu kecolongan. Simak cara berikut untuk menjaga pasangan agar tidak selingkuh.


    1. Memiliki passion

    Kenali diri dan passion kamu, bukan hanya karena pasangan, tapi juga untuk diri sendiri. "Banyak wanita yang melupakan kebutuhan mereka karena terlalu terpesona dengan kekasihnya. Tantangan terbesar yang dirasakan wanita adalah mempertahankan harga dirinya," ujar John Gray dalam bukunya Men, Women, and Relationships.


    (Baca Juga: Obat Anti Selingkuh)


    2. Punya gairah hidup

    Tunjukkan pada pasangan bahwa kamu punya gairah hidup yang besar. Berani mengutarakan isi hatimu tanpa harus takut atau malu. Kalau ada yang belum memuaskan dirimu, tak ada salahnya untuk menyatakannya dan ungkapkan bahwa kamu ingin mencoba hal-hal baru.


    3. Punya kesibukan bersama

    Bukan hanya bisa menambah keharmonisan hubungan, melakukan banyak aktivitas bersama bisa jadi cara agar pasangan tidak selingkuh. Mungkin kalian terbiasa sibuk dengan urusan masing-masing. Segera rencanakan sesuatu yang belum pernah dilakukan bersama.


    4. Tidak posesif

    Cemburu boleh, asal jangan sampai jadi posesif. Kalau pasangan telat membalas WhatsApp kamu, kamu langsung marah, atau justru memaksa ikut ke mana pun pasangan pergi. Bukan hanya ini bisa membuat pasangan jadi jengah, kebiasaan ini justru bisa mendorong si dia untuk berselingkuh. Usahakan untuk tetap bersikap wajar. Tidak semua kesibukannya harus melibatkanmu.


    (Baca Juga: Apakah Flirting Bagian Dari Selingkuh)


    5. Terlalu cemburu

    Masih menyambung dari poin di atas, cemburu adalah hal wajar, asal tidak berlebihan. Berikan kepercayaan pada pasangan maka ia akan lebih menghargaimu. Saat ia mulai merasa tidak dipercaya, ia justru akan menarik diri. Tentunya kamu enggak mau, kan?


    6. Menghargai privacy

    Kalau kalian belum menikah, kamu perlu menghargai privacy pasangan. Mempunyai dunia sendiri adalah hal penting, jadi jangan takut kalau kamu hidup tanpa berada di sisinya 24 jam. Justru dengan sikap ini, ia akan merasa tak ingin kehilanganmu.


    7. Tanggung jawab pada kebahagiaan sendiri

    Hindari menggantungkan kebahagiaanmu pada orang lain, termasuk pasangan. Ingat, hanya dirimu sendiri yang bisa membuat hidupmu bahagia. Cari tahu apa yang ingin kamu lakukan dan realisasikan. Kamu harus bisa membahagiakan diri sendiri sebelum berusaha membuat orang lain bahagia.


    8. Berikan apresiasi

    Rasanya siapa pun pasti senang mendapat pujian, apalagi karena kerja kerasnya. Perselingkuhan biasanya terjadi karena salah satu pihak kurang mengapresiasi kerja keras yang dilakukan pihak lainnya. Berikan apresiasi atas hal-hal kecil yang sudah pasangan lakukan, apa pun itu.


    (Baca Juga: Walau Sakit, Begini Cara Memaafkan Pasangan Yang Selingkuh)


    9. Menjadi yang terbaik

    Bukan hanya dalam menjalin hubungan, tentunya kita selalu ingin menjadi yang terbaik. Berusahalah untuk mengurangi ego dan rasa egois. Terbaik di sini bukan soal materi, tapi berusaha untuk selalu ada saat pasangan membutuhkan, dalam senang atau pun sedih. Ini adalah tanda bahwa kamu merupakan sosok yang dewasa.


    Itulah cara-cara yang bisa kamu lakukan agar pasangan tidak selingkuh. Tetap berikan ia kepercayaan bukan kehati-hatian. Jika ternyata pasangan tetap berselingkuh, tanyakan lagi pada dirimu apakah ia layak untuk dipertahankan atau tidak.