Bercinta Pagi Hari Disarankan, Ini Manfaatnya


  • Bercinta Pagi Hari Disarankan, Ini Manfaatnya
    Pagi hari ternyata bisa jadi waktu tepat untuk bercinta karena punya segudang manfaat. Mungkin kamu bisa mencobanya esok pagi. (Foto: Dok. Adrienn/Pexels)

    Setiap orang punya ritual khusus untuk menyemangati dirinya pada pagi hari. Ternyata, bercinta juga bisa jadi salah satunya. Berbeda dengan malam hari di mana tubuh sudah banyak kehilangan tenaga usai berkegiatan, kondisi tubuh pada pagi hari masih segar dan penuh energi. Jadi, sesi bercinta tentu akan terasa lebih menyenangkan. Nyatanya, ada banyak manfaat bercinta pagi hari yang bisa kamu temukan selain menambah energi.


    Meredakan stres

    Bercinta pada pagi hari bisa meningkatkan mood-mu sebelum beraktivitas. Tubuh akan mengeluarkan hormon oksitosin dan endorfin saat bercinta sehingga kamu akan merasa lebih bahagia dan nyaman. Inilah yang akan membuat kamu jadi lebih dekat dengan pasangan. Selain itu, menurut penelitian oleh National Academy of Science pada 2020, bercinta pada pagi hari bisa mengurangi produksi hormon kortisol, hormon yang dikenal bisa memicu stres.


    (Baca Juga: 10 Kata-Kata Nakal Yang Bisa Diucapkan Saat Bercinta)


    Membakar kalori

    Kalau kamu malas berolahraga, bercinta bisa jadi solusinya. Bercinta selama 20 menit diketahui bisa membakar hampir 150 kalori. Pastinya, semakin lama durasinya akan semakin baik, kan?



    (Manfaat bercinta pada pagi hari. Foto: Dok. Ana Maria Moroz/Pexels)

    Membiarkan otak bernapas

    Bercinta hingga mencapai orgasme akan memberikan manfaat baik bagi otak. Saat orgasme, oksigen dan aliran darah ke otak akan semakin meningkat secara alami. Inilah kenapa kamu akan merasa lebih "segar" saat hendak memulai aktivitas. Selain itu, tubuh akan memproduksi hormon dopamin yang membuatmu merasa bahagia sehingga bisa meningkatkan fungsi otak. 


    Kekebalan tubuh meningkat

    Bercinta pada pagi hari juga bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh karena meningkatkan kadar IgA yakni antibodi yang melindungi tubuh dari infeksi. Selain itu, bercinta juga bisa mengurangi risiko seseorang mengalami tekanan darah tinggi atau serangan jantung. Di tengah situasi saat ini yang mengutamakan kekebalan tubuh, bercinta bisa jadi opsi favorit untuk dicoba.


    (Baca Juga: 7 Tips Foreplay Untuk Bercinta Nanti Malam)


    Siklus menstruasi teratur

    Bagi wanita, bercinta bisa memengaruhi kadar hormon luteinizing, di mana hormon akan membantu tubuh dalam mengatur siklus menstruasi dan ovulasi. Dengan waktu bercinta yang lebih sering, siklus menstruasimu juga akan lebih teratur. 


    Pasangan lebih tahan lama

    Tahukah kamu bahwa libido pria lebih tinggi pada pagi hari daripada waktu biasanya? Kadar hormon testosteron yang tinggi ditambah istirahat yang cukup membuat pria punya tenaga lebih saat bercinta. Energi inilah yang akhirnya membantunya bertahan lebih lama dalam satu sesi bercinta.


    (Baca Juga: 7 Zodiak Ini Paling Ahli Berhubungan Intim)


    Penampilan lebih prima

    Pada dasarnya, bercinta akan meningkatkan aliran darah. Biasanya, aliran darah yang lancar ini akan paling terlihat di area wajah dan kulit. Salah satunya adalah rona bibir yang lebih cerah dan rona kulit yang berseri. Siapa sih yang enggak mau punya kulit memesona?


    Pada akhirnya, bukan hanya manfaat pada kesehatan yang didapat kalau kamu bercinta pada pagi hari, hubunganmu dan pasangan juga akan lebih berkualitas dan romantis. Bahkan, sebuah penelitian juga mengungkapkan bahwa bercinta 3-4 kali seminggu akan memperbaiki kualitas pernikahan. Nah, itulah manfaat bercinta pada pagi hari yang perlu kamu ketahui.