Kenali Diet Militer, Diet Yang Cepat Menurunkan Berat Badan


  • Kenali Diet Militer, Diet Yang Cepat Menurunkan Berat Badan
    Diet militer diketahui dapat dapat membantu menurunkan berat badan dengan cepat, hingga 4,5 kg dalam seminggu. (Foto:Dok. Freepik)

    Tidak seperti jenis diet lainnya, seperti diet ketogenik, diet militer mungkin masih terdengar kurang familier. Meskipun begitu, ternyata diet militer juga merupakan salah satu jenis diet yang cukup populer di dunia. Jenis diet ini diklaim dapat membantu menurunkan berat badan dengan cepat, hingga 4,5 kg dalam seminggu. Benarkah demikian? Untuk mengetahui lebih lanjut, dalam artikel ini HW telah merangkum semua yang perlu kamu ketahui tentang diet militer.


    Apa itu Diet Militer?




    Pada dasarnya, diet militer adalah jenis diet rendah kalori dan rendah karbohidrat yang diketahui dapat membantu menurunkan berat badan hingga 4,5 kg dalam waktu seminggu. 


    Diet militer melibatkan rencana makan tiga hari diikuti dengan empat hari menjaga asupan makan dalam satu minggu. Diet ini harus terus dilakukan secara berulang sampai kamu mencapai berat badan yang diinginkan.



    (Baca Juga: Tips Diet Mudah 1 Minggu Sebelum Menikah)



    Melansir dari laman Healthline, meskipun disebut dengan diet militer, namun pada kenyataannya diet militer tidak berafiliasi dengan militer atau lembaga pemerintah. Diet militer juga dikenal dengan beberapa sebutan lain, termasuk diet angkatan laut, diet tentara dan bahkan diet es krim.


    Bagaimana Cara Kerja Diet Militer untuk Menurunkan Berat Badan?


    Diet militer, atau diet tiga hari sebenarnya dibagi menjadi dua fase selama tujuh hari. Selama 3 hari pertama, kamu harus mengikuti rencana makan rendah kalori untuk sarapan, makan siang dan makan malam, serta tidak ada camilan di antara waktu makan. Total asupan kalori selama fase ini kira-kira 1.100–1.400 kalori per hari. Asupan kalori ini jauh lebih rendah daripada asupan kalori rata-rata orang dewasa. Selanjutnya, selama empat hari tersisa dalam seminggu, kamu dianjurkan untuk makan sehat dan terus menjaga asupan rendah kalori. Sangat tidak dianjurkan untuk mengonsumsi daging olahan, junk food, dan fast food. Konsumsi banyak sayuran dan kacang-kacangan. Untuk minuman, kamu bisa konsumsi teh hijau, teh herbal, dan tentunya air putih. Lakukan fase ini hingga kamu mendapatkan berat yang kamu inginkan. 


    Benarkah Diet Militer Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan Secara Signifikan?


    Dikutip dari laman Medical News Today, sebuah artikel ulasan di The American Journal of Clinical Nutrition meneliti diet yang sangat rendah kalori (VLCD) dan menunjukkan bahwa diet sangat rendah kalori bisa sangat efektif untuk membantu menurunkan berat badan dalam jangka pendek.



    (Baca Juga: Diet Ketat, 8 Artis Korea Yang Berhasil Turunkan Berat Badan)



    Menurut jurnal yang dipublikasikan di National Library of Medicine, secara teoritis, tingkat penurunan berat badan ini dimungkinkan untuk orang yang kelebihan berat badan yang sangat membatasi kalori. Namun, sebagian besar penurunan berat badan akan disebabkan oleh hilangnya air, bukan lemak. Berat air turun dengan cepat ketika glikogen tubuh menurun, yang terjadi ketika kamu membatasi asupan karbohidrat dan kalori. Hal ini mungkin terlihat bagus pada timbangan, tetapi berat badan akan sangat mungkin mengalami peningkatan kembali saat kamu mulai makan secara normal lagi. 


    Dengan kata lain, dalam jangka pendek, diet militer bisa bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Penurunan berat badan yang kamu alami terjadi karena adanya pembatasan asupan kalori selama seminggu atau lebih. Namun, jika kamu menjalani diet ini selama berbulan-bulan sekaligus melakukan batasan asupan kalori yang ketat, tentu dapat meningkatkan risiko kekurangan nutrisi, termasuk kemungkinan mengalami peningkatan berat badan setelah berhenti mengikuti metode diet militer.




 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below