Alasan Jatuh Cinta Pada Pandangan Pertama Bisa Terjadi


  • Alasan Jatuh Cinta Pada Pandangan Pertama Bisa Terjadi
    Apakah jatuh cinta pada pandangan pertama benar adanya? berikut faktanya (Foto:Dok/Pexels/Helena)


    Apa kamu percaya jatuh cinta pada pandangan pertama? Apakah itu benar adanya? mungkin sebagian orang sulit bahkan tidak percaya sama sekali dengan teknik cinta yang satu ini. Tapi meskipun begitu hal ini benar adanya, dan bisa terjadi padamu.

    Bahkan sejumlah penelitian menemukan bahwa mereka yang mengalami cinta pandangan pertama cenderung memiliki hubungan jangka. Tapi, kenapa seseorang bisa merasakannya pada orang yang belum ia ketahui lebih dalam? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut alasan kenapa seseorang bisa jatuh cinta pada pandangan pertama.

    (Baca Juga: 7 Film Romantis Pilihan yang Mengajarkan Arti Cinta)


    1. Reaksi di dalam otak

    Saat kamu jatuh cinta sebetulnya terjadi reaksi hormon di dalam otak yang membuatmu merasa sesuatu yang berbeda. Hal ini disebut dopamin dan serotonin. 

    Melansir laman Huffington Post, Dr. Trisha Stratford seorang ahli saraf neuroterapi menjelaskan bahwa perasaan ini mirip dengan kecanduan heroin.

    "Saat kamu melihat mata orang lain, osilator adaptif kamu, di mana itu bagian dari pusaran prefrontal yang kompleks telah mengunci antara kamu ada pasanganmu dan membentuk lingkaran ini," jelasnya.

    "Semakin besar perasaan di sini, semakin kuat perasaan cinta. Dari sana, osilator adaptif ini menyatukan kamu dan membimbing kedua mulut secara bersamaan dan berciuman. Jadi ada reaksi hormon dalam segala hal," tambahnya.


    2. Ilusi Positif

    Perasaan setiap orang berubah-ubah setiap waktu. Melansir laman Psychology Today, sebuah penelitian dari University of Groningen mengungkapkan bahwa cinta pada pandangan pertama sebetulnya bisa jadi sebuah ilusi positif. 

    Hal ini muncul ketika kamu berpikir bahwa kamu langsung jatuh cinta padanya. Sebetulnya hal ini mungkin karena perasaan yang bisa muncul bulan atau tahun setelahnya.

    Selain itu, studi itu juga mengungkapkan bahwa mereka yang mengalami cinta pada pandangan pertama cenderung memiliki hubungan yang bertahan lama. 

    (Baca Juga: 15 Tanda Yang Kamu Rasa Adalah Cinta)


    3. Menarik perhatian

    Saat seseorang merasakan jatuh cinta pada pandangan pertama, sebetulnya adanya ketertarikan awal yang membuatnya jatuh semakin dalam. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Neuroscience, sejumlah ilmuwan menemukan bahwa orang bisa segera memutuskan seseorang yang menarik perhatian.

    Dan tanpa ketertarikan, cinta pandangan pertama tidak akan pernah terjadi. Dan dengan adanya sesuatu yang menarik, memungkinkan hubungan yang langgeng.


    4. Kesan pertama

    Membangun kesan pertama atau first impressions hal yang penting untuk sebagian orang kala bertemu orang baru. Hal ini lah yang bisa buat seseorang jatuh cinta pada pandangan pertama.

    Namun, menurut Dr Salida seorang psikolog klinis mengatakan hal terpenting bagaimana keduanya saling membangun emosi setelahnya. Ada hal yang bisa lebih ditingkatkan selain kecantikan dan atraksi yang dilakukannya,

    Jika kamu mengalami jatuh cinta pada pandangan pertama maka penting untuk saling mengenal satu sama lain lebih dalam untuk hubunganmu awet dan bertahan lama.