15 Tanda Yang Kamu Rasa Adalah Cinta


  • 15 Tanda Yang Kamu Rasa Adalah Cinta
    Bicara soal perasaan, akan sangat rumit. Bagaimana kamu tahu kalau itu cinta, dan bukan hanya rasa suka biasa? (Couple. Foto:Dok/AndreaPiacquadio/Pexels.com)


    Apakah kamu sedang merasa jatuh cinta? Jika benar, maka nikmati momennya. Namun, bicara soal perasaan, akan sangat rumit. Bagaimana kamu tahu kalau itu cinta, dan bukan hanya rasa suka biasa?  

    Chloe Carmichael, seorang terapis dan pengarang buku 'Dr.Chloe's 10 Commandments of Dating' pernah menggungkapkan bahwa rasa suka atau naksir bisa saja hadir karena mengidolakan seseorang. Sementara, rasa cinta lebih dari itu.

    Lalu, bagaimana mengetahui bahwa rasa yang kamu punya itu adalah cinta? Apakah seperti merasakan kepak sayap kupu-kupu di dalam perutmu? Mudahnya, berikut beberapa tanda yang bisa kamu jadikan panduan.

    (Baca juga: 7 Hal Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Cinta) 

    (Love. Foto: Dok/HassanOuajbir/Pexels.com) 


    1. Beri perhatian penuh

    Saat kamu mencintai seseorang, kamu memberinya perhatian penuh, dan sangat mudah untuk bicara tentang apa saja, atau kontak mata. Tatapan lama membuat kamu merasakannya.  

    2. Menjadi saling terbuka

    Kamu menjadi lebih terbuka dan bicara tentang banyak hal lebih dalam dengannya. Bahkan berbagi sesuatu yang mungkin selama ini tak pernah kamu ceritakan ke orang lain. Di samping itu, kamu juga tertarik untuk tahu apa yang disukainya, impian si dia, latar belakang dan bahkan keluarganya.  

    3. Rasa yang tak pudar

    Rasa yang kamu punya tak pernah pudar meski sudah berlangsung lama, dan terpisah jarak misalnya. Justru makin menguat dan dalam. Jika kamu merasakan ini sejak lama, dan tak berubah bisa jadi itu cinta.  

    4. Mudah membuat rencana

    Saat jatuh cinta dengan seseorang, semua menjadi mudah dan termasuk dalam hal membuat rencana ke depannya. Si dia masuk dan ada di dalam hidupmu dan membuatnya menjadi lebih bermakna.  

    5. Hidup lebih menyenangkan

    Hidup terasa lebih menyenangkan saat bersamanya, bahkan hal-hal kecil seperti berbelanja di supermarket, mengisi bensin kendaraan, atau memasak makan malam. Ditemaninya menjadi hal cukup buat menikmati waktu.  

    6. Membantunya jadi prioritas

    Kamu jadi ingin membantunya setiap saat terutama dalam hampir setiap kegiatannya, entah itu ikut serta membantu proyek yang ia kerjakan, atau menemaninya mencari sesuatu. Percikan rasa yang kamu punya mendorong kamu untuk ingin terlibat lebih jauh di kehidupannya.  

    7. Ingin kenalkan ke keluarga

    Kamu ingin mengenalkannya ke keluarga, dan ini jelas bukan hanya rasa suka biasa. Kamu merasa nyaman saat dia ada di sekitar anggota keluarga, dan teman-teman. Ini langkah besar, apalagi jika kamu ingin mengajaknya untuk liburan bersama. Kamu tak ingin melewatkan momen penting dalam hidupmu, tanpa dia.  


    (Pasangan. Foto: Dok/TanDanh/Pexels.com) 


    8. Nggak lagi 'hard to get'

    Hubunganmu dengannya mengalir begitu saja. Kamu yang biasanya mungkin suka bermain 'hard to get' atau susah diajak jalan, tiba-tiba menjadikannya lebih mudah. Kamu tak ingin lagi bermain-main dalam hal ini.  

    9. Memahami satu sama lain

    Makna jatuh cinta berbeda di setiap orang, dan ketika kamu dan dia saling terbuka dan mengungkapkan rasa yang sama dan 'serius' menjalaninya. Ini bisa jadi langkah besar untuk kamu dalam hal jatuh cinta.  

    10. Ingin terus bersama

    Ini tanda yang sangat mudah dikenali, karena kamu ingin terus bersama orang yang kamu cintai. Jika rasa suka biasa dia akan pudar dan bisa hilang begitu saja, atau kadang dihinggapi rasa bosan. Namun, saat jatuh cinta, kamu tak pernah merasa bosan.  

    11. Jadi peduli dengan yang ia sukai

    Misalkan kamu tak pernah suka surfing, tapi karena si dia sangat menyukainya, kamu juga mau untuk mencobanya. Kamu jadi ingin tahu lebih jauh apa yang ia sukai. 

    12. Beda pendapat tak jadi masalah

    Saat jatuh cinta dan menjalin hubungan, tak melulu indah momennya. Bisa jadi dia akan sangat menyebalkan. Namun, kamu malah terus menikmatinya, bahkan beda pendapat tak lagi jadi masalah besar.  

    13. Tertarik secara seksual

    Kamu memiliki ketertarikan seksual dengannya, dan ingin lebih intim, seperti memeluk dan atau menciumnya. Ketertarikan ini menjadi penting kemudian dalam hubungan jangka panjang.  

    14. Mengerti akan perubahan mood

    Selalu ada saat up and down dalam hidup. Jika kamu di saat mood tidak bagus, atau sebaliknya dia yang sedang bad mood, itu tak jadi persoalan. Dia bisa akan diam saja, tapi selalu ada di dekatmu. Hubungan yang matang diantara kamu berdua membuat hubungan menjadi lebih dekat.  

    15. Membangun 'chemistry'

    Butuh waktu yang lama untuk membangun chemistry atau kedekatan yang langeng dan tahan lama. Namun, kamu ingin menjalaninya, dan merasakan itu di hampir setiap waktu kala bersamanya. Dalam hal tertentu ini berlanjut dengan konsistensi jangka panjang seperti ingin menikah dan menghabiskan waktu bersama sampai tua.  


    (Berdua pasangan. Foto: Dok/LeahKelley/Pexels.com) 


    Tanda si Dia merasakan hal yang Sama

    Setelah mengenali rasa yang kamu punya, lalu bagaimana memastikan bahwa si dia juga serius dan merasakan hal yang sama?  

    Kenali tanda-tandanya: 

    1. Kamu jadi prioritasnya

    Jika seorang serius denganmu, kamu menjadi prioritas dalam hidupnya. Ia akan memperlakukanmmu sebagai orang yang penting dalam hidupnya, bukan nomor kesekian. Prioritas juga bukan selalu menjadi nomor satu dalam setiap situasi, tapi bagaimana dia memperlakukanmu bahkan misalnya dalam waktu yang ketat. Jika dia memberikan usaha dan waktu buat bersamamu sementara ia punya banyak hal yang harus dilakukan, bisa jadi satu tanda ia serius denganmu.  

    2. Dia ingin tahu lebih banyak tentangmu

    Salah satu hal mudah buat mengetahui dia punya rasa padamu adalah rasa ingin tahunya yang besar terhadapmu. Ia ingin mencari tahu apa saja, tentang apa yang kamu sukai, kepribadianmu, apa yang kamu inginkan, dan mimpi yang ingin kamu capai. Ini untuk hal yang positif tentunya.  

    3. Terbuka dan jujur denganmu

    Tanpa rasa percaya hubungan tak akan menjadi langgeng. Oleh karenanya ketika ia memberi kepercayaan penuh dan jujur denganmu maka bisa jadi itu tanda ia serius menyukaimu.  

    4. Ia menjadi dirinya sendiri di dekatmu

    Ia merasa nyaman dan menunjukkan kepribadiannya yang sebenarnya tanpa rasa sungkan. Ia ingin tak lagi berpura-pura atau jaim seperti yang mungkin ia lakukan ke teman-temannya.

    5. Mendengarkan pendapatmu

    Hal paling mendasar dari sebuah hubungan adalah respect dan ketika ia mendengarkan pendapatmu bisa jadi itu sebuah tanda yang baik. Ia menjadikan pendapatmu sebagai salah satu pertimbangan dalam membuat keputusan, dan itu lebih baik lagi.  

    6. Ingin kenalkan ke keluarga dan teman-temannya

    Saat dia ingin mengenalkan kamu ke keluarga dan teman-teman dekatnya, bisa jadi ini jadi satu penanda serius. Ia ingin mencoba membuatmu masuk lebih jauh dalam kehidupannya dan itu menjadi baik buat jalin hubungan ke depan.  

    7. Ia menepati janji

    Ketika si dia serius, maka ia tak ingin mengecewakan pasangannya. Ia menjadi seseorang yang selalu menepati janji dan tak ingin kamu bersedih hati. Sesuatu yang akan ia jaga untuk hubungan yang serius.