Ciri Pasangan Setia Yang Enggak Boleh Kamu Lepaskan


  • Ciri Pasangan Setia Yang Enggak Boleh Kamu Lepaskan
    Pasangan setia dan mesra selalu jadi dambaan. Cari tahu ciri pasangan setia berikut ini dan apakah kriterianya ada di pasanganmu? (Foto: Dok. Helena/Pexels)

    Salah satu tips agar sebuah hubungan bisa berhasil adalah kesetiaan dari kedua belah pihak. Setia bukanlah sifat yang dimiliki dari lahir melainkan sebuah karakter yang harus kamu bentuk dan asah terus-menerus. Jika kamu dan pasangan bisa sama-sama setia dan jujur, maka hubungan asmaramu pasti akan berjalan lebih baik. Nah, agar kamu tahu apakah pasangan masuk kategori "setia", cari tahu dulu ciri pasangan setiap berikut sehingga kamu enggak boleh melepaskannya.


    Menjadi dirinya sendiri

    Pasangan tidak pernah berpura-pura menjadi "orang lain" di depanmu. Ia tidak takut mengekspresikan dirinya pada pasangannya (baca: kamu). Kejujuran ini adalah awal dari karakter setia yang kamu dambakan.


    Membagikan impian dan masa depannya denganmu

    Ia membagikan berbagai aspek hidupnya yang perlu diperbaiki dan memiliki rencana untuk masa depan yang lebih baik. Ia menceritakan semua mimpi-mimpi tersebut dan kamu ada di dalamnya. Artinya, ia sudah memikirkan masa depan kalian dan tak punya waktu untuk "bermain" dengan hal-hal yang tidak serius.


    (Baca Juga: 4 Tipe Orang Yang Paling Sering Selingkuh)


    Memberi tahu soal finansial

    Finansial atau uang adalah topik besar dalam kehidupan berumah-tangga nanti. Saat ia yakin bahwa kamu adalah sosok yang tepat baginya, ia akan bersikap jujur tentang caranya mengelola keuangannya. Dalam hubungan asmara, transparansi adalah hal yang sangat krusial dan menjadi bibit dari pribadi yang setia.


    Membagikan masalah pribadinya

    Semua orang bisa saja mengaku setia, tapi ia tak bisa bersikap jujur pada pasangannya sendiri. Cara membedakan setia yang asli dengan yang palsu adalah saat ia berani menceritakan masalah pribadi dan rasa takut yang dirasakannya demi memajukan hubungan kalian. Ini tandanya ada keeratan emosional di antara kalian dan ia mengganggapmu sebagai "poros" hidupnya.


    (Baca Juga: 5 Rekomendasi Film Untuk Ditonton Sambil Pelukan Romantis)


    Tidak menyembunyikan ponsel

    Kalau kamu merasa khawatir akan kesetiaannya hingga akhirnya sering "memeriksa" kegiatan di ponselnya, ini bukanlah sikap yang tepat. Meski begitu, pasangan yang setia tak akan membuat kamu merasa perlu untuk memeriksa ponselnya secara diam-diam. Kalau si dia sering menutup layar ponsel saat ada pesan masuk atau keluar dari ruangan saat menerima telefon, kamu punya hak untuk menanyakan langsung soal ini.


    Menceritakan masa lalu dengan mantan

    Seperti diungkapkan di atas, karakter setia berkaitan erat dengan transparansi. Jika pasangan secara terbuka dan jujur menceritakan pengalaman masa lalunya dengan para mantan, berarti ia menyadari kesalahan yang mungkin pernah dilakukan dan berhasil mendapat pelajaran yang baik agar hubungan kalian bisa berjalan lebih baik.


    Itulah ciri pasangan setia yang enggak boleh kamu lepaskan. Jadi, apakah pasanganmu masuk dalam kategori ini?