Cara Membersihkan Kuas Makeup Agar Tidak Mudah Rusak


  • Cara Membersihkan Kuas Makeup Agar Tidak Mudah Rusak
    Kuas makeup yang kotor bisa jadi penyebab masalah kulitmu. Yuk, rutin bersihkan. (Foto: Dok. Master1305/Freepik)

    Menjaga kebersihan kuas atau brush makeup sangatlah penting. Selain bisa membuat aplikasi riasan lebih sempurna, kuas makeup yang bersih juga akan menjauhkan kulit wajahmu dari masalah seperti jerawat atau iritasi. Untuk itu, sebaiknya kuas makeup rutin dibersihkan setidaknya seminggu sekali. Membersihkannya pun memerlukan teknik tertentu, namun tak perlu khawatir, tidak ribet kok. Begini cara membersihkan kuas makeup agar tidak mudah rusak.


    (Baca juga: Rekomendasi Foundation Brush Yang Praktis Bagi Pemula)




    1. Basahi

    Gunakan air bersuhu hangat atau suam-suam kuku (hindari air panas) untuk membasahi bulu kuas. Metode ini lebih efektif dalam menghilangkan kotoran sekaligus menjaga kualitas kuas. Sebisa mungkin hindari menggosok bagian pangkal bulu kuas karea dapat mengikis lemnya. Dan jika tidak dibersihkan dengan benar, hal ini dapat menyebabkan kerontokan pada bulu kuas.


    2. Aplikasikan Sabun

    Tuangkan sedikit sabun pada telapak tangan atau silicone pad, lalu pijatkan kuas secara lembut sampai bersih. Indikasi kuas makeup sudah benar-benar bersih adalah sudah tidak ada residu warna makeup lagi pada busa sabun. Pilih sabun yang berformula lembut atau sabun khusus brush agar kuas tetap halus dan lebih cepat kering. 


    (Salah satu label makeup tools lokal yang bisa kamu cek. Foto: Dok. @lamicabeauty/Instagram)


    3. Bilas

    Bilas dengan air mengalir bersuhu ruangan. Tidak perlu digosok saat membilas, cukup bantu bersihkan secara lembut menggunakan ujung-ujung jari. 


    4. Keringkan

    Peras kuas secara lembut menggunakan jari tangan untuk menyingkirkan sisa air, lalu peras kembali menggunakan handuk bersih dan kering untuk menyerap sisa air lebih dalam. Setelah tidak ada air yang menetes dari kuas, bentuk kembali kuas sesuai dengan bentuk awalnya menggunakan ujung-ujung jari.


    5. Biarkan Mengering

    Penting untuk membiarkan kuas benar-benar kering 100% sebelum memasukkannya kembali ke dalam makeup pouch untuk mencegah timbulnya bakteri atau jamur. Keringkan kuas secara alami. Kamu bisa menaruhnya pegangannya di tepi meja dan membiarkan bagian bulu kuas menggantung. Atau jika memiliki brush holder, kamu bisa menggantungnya dengan posisi bulu kuas menghadap bawah tanpa menyentuh permukaan meja. 


    (Baca juga: Alat Makeup yang Wajib Dibersihkan Selain Brush Dan Spons)


    6. Cleaning Spray

    Jika kamu membawa kuas makeup bepergian sehari-hari, semprotkan cleaning spray setiap kali menggunakannya agar terbebas dari bakteri dan kuman sebelum jadwal mencuci tiba. 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below