Cara Memilih Tas Belanja Untuk Gaya Hidup Ramah Lingkungan


  • Cara Memilih Tas Belanja Untuk Gaya Hidup Ramah Lingkungan
    Berikut cara memilih tas belanja yang tepat untuk gaya hidup ramah lingkungan (Foto:Dok/Pexels/Andrea)


    Sejak awal bulan Juli 2020, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah melarang menggunakan kantong plastik sekali pakai disejumlah pusat perbelanjaan. Mulai dari pasar hingga toko swalayan.

    Hal ini dikarenakan sampah plastik yang meningkat setiap harinya akibat belanja online yang digemari masyarakat selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Sementara untuk mengolahnya dibutuhkan waktu yang lama.



    Sebagai salah satu cara untuk meminimalisirnya, menggunakan tas belanja yang ramah lingkungan atau sustainable adalah pilihan yang bisa dilakukan. Lalu bagaimana memilihnya yang baik dan benar? Dirangkum dari berbagai sumber berikut cara memilih tas belanja reusable yang tepat.

    (Baca Juga: Selamatkan Lingkungan dengan Tas Kanvas)


    1. Bahan

    Melihat bahan jadi hal utama sebelum menentukan tas belanja yang tepat. Jika salah pilih, bisa membuatnya tak berguna dengan baik. Lalu material apa yang bagus?

    Kamu bisa memilih bahan seperti cotton, polypropylene, kanvas, kertas dan rami atau bambu. Selain kuat, beberapanya juga tahan air, sehingga tidak perlu takut jika minumanmu tumpah atau terkena hujan saat bepergian.

      

    2. Ukuran

    Saat berbelanja, mungkin kamu akan tergiur membeli barang-barang yang tak dibutuhkan. Sehingga ukuran tas belanja juga jadi hal penting untuk diperhatikan.

    Pilihlah tas belanja dengan kapasitas besar. Cara ini memudahkanmu membawa kantong belanja yang banyak setelahnya.

    (Baca Juga: 4 'Shopper Bag' Modis untuk Tampil Gaya Saat Belanja)


    3. Praktis

    Inovasi kini bermunculan tak hanya pada teknologi, tapi juga pada kebutuhan manusia seperti fesyen, kecantikan dan lainnya. Oleh sebabnya, pilihlah kantong belanja yang praktis dan mudah untuk dibawa.

    Kini berbagai produk hadir menawarkan ragam variasi tas belanja. Adalah yang bisa dilipat menjadi ukuran kecil, menjadi gantungan kunci, hingga ada pula yang tak menyangka dari bentuknya kamu sedang membawa tas belanja. 


    4. Warna

    Meski tak ada hubungannya dengan kapasitas dan berat yang lebih utama, namun warna jadi salah satu yang patut untuk dipikirkan. Apalagi jika kamu adalah orang yang peduli akan penampilan.

    Kamu bisa memilih warna-warna netral agar bisa disesuaikan dengan tampilanmu saat pergi berbelanja. Di antaranya adalah hitam, putih, cream dan lainnya. Tapi tak jadi masalah, jika kamu memilih satu warna favoritmu agar mood belanjamu meningkat.


    5. Sustainable dan Reusable

    Sebagai pengurangan sampah plastik, ada baiknya untuk memilih tas belanja yang sustainable dan ramah lingkungan. Selain bisa menyelamatkan bumi, cara ini bisa membuatmu lebih hemat karena tak perlu membuang barang yang masih digunakan atau diolah kembali. Maka jika kamu tertarik dengan gaya hidup ini, cobalah untuk memilih kebutuhanmu yang mendukung aksi pengurangan penggunaan plastik saat ini.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below