Selamatkan Lingkungan dengan Tas Kanvas


  • Selamatkan Lingkungan dengan Tas Kanvas
    Dok. Herworld & Pexels

    Pada hari Jumat lalu, tepatnya tanggal 13 April 2018, sekelompok mahasiswa jurusan Komunikasi Universitas Bina Nusantara Internasional, atau yang lebih dikenal dengan sebutan 'Binus Inter', menyelenggarakan sebuah event bertajuk '1 Tote for 1 Movement; Against Plastic Bags' untuk memerangi penggunaan kantong plastik sebagai salah satu pencemar lingkungan terburuk belakangan ini.






    Di Indonesia sendiri, langkah untuk mengurangi sampah plastik bukan belum pernah dilakukan, namun lebih kepada gagal diaplikasikan pada masyarakat yang masih menganggap plastic bag sebagai satu-satunya pembawa belanjaan paling ekonomis dan praktis dengan alasan yang beraneka macam. Dengan begitu, sampah jenis ini jadi sulit tereduksi. Semakin lama bukannya semakin sedikit malahan semakin banyak hingga bisa dikategorikan sebagai salah satu musuh terbesar ekologi terutama pada ranah kelautan. Jumlah biota laut yang mati akibat kepungan sampah plastik pun kian bertambah. Too sad to be true and too worst to be ignored.

    Mengetahui hal ini, beberapa mahasiswa Universitas Bina Nusantara Internasional pun berhasil membuat satu kegiatan untuk menekan jumlah penggunaan kantong plastik setidaknya di antara mereka dahulu. Bekerja sama dengan Ganara Art Space, mereka membuka kelas melukis tas kanvas yang bisa diikuti oleh siapa saja. Dengan hanya membayar Rp.100.000, para peserta sudah bisa mendapat customized canvas bag hasil lukisannya sendiri sambil ikut melestarikan lingkungan.




    "Idenya sebenarnya sederhana, yaitu ingin mengajak siapa saja untuk menyadari bahwa polusi laut kita sudah semakin parah karena sampah plastik. Makanya, kalau bukan kita yang memulainya, siapa lagi. Di luar negeri bahkan kantong plastik hampir tak pernah dipakai untuk belanja, tapi kenapa di Indonesia masyarakat masih belum bisa menyadari hal itu?", ujar Karen sebagai salah satu perwakilan dari mahasiswa Binus Inter yang berinteraksi dengan tim Herworld.




    Ketika acara dimulai, siapa sangka prosesnya amat seru dan menyenangkan. Tiap peserta dibagikan satu buah tas kanvas dan celemek untuk mulai berkarya. Didampingi langsung oleh tim dari Ganara Art Space, ternyata kreasi tas kanvas para peserta banyak yang bagus! Jika sudah begitu, mereka pun tentu senang memakainya untuk belanja.




    Sebagai bagian dari kegiatan kampus yang masuk dalam sistem SKS, apa yang dilakukan oleh anak-anak muda ini patut diacungi jempol. Karena sebagai generasi millenial yang terlingkupi 'dinding' digital dan modernisasi tanpa batas, mereka masih  mau peduli akan kelestarian alam yang faktanya masih sangat esensial untuk dibenahi. 

    Semakin banyak gerakan untuk menyadarkan sesama, harapan terbaik adalah orang lain semakin meniru langkah positif yang dimulai dari diri sendiri. Melakukan aksi untuk menimbulkan reaksi. Such a great idea, right?




    Great job, all! Semoga yang kalian lakukan bisa menginspirasi banyak orang. Much luck!




 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below