5 Cara Hadapi Rasa Takut Menikah Yang Patut Diketahui


  • 5 Cara Hadapi Rasa Takut Menikah Yang Patut Diketahui
    Hadapi rasa takut menikah dengan cara berikut ini (Foto:Dok/Pexels/Trung)


    Bagi pasangan yang menjalin hubungan asmara, pernikahan bisa jadi tujuan agar mereka terus bersama. Menjalani hidup dan mengarunginya sebagai pasangan suami istri merupakan bagian dari impiannya. 

    Namun, tak semua orang memiliki keinginan yang sama. Bahkan beberapa orang merasa takut untuk menikah atau memperkuat komitmen dengan pasangannya. Hal ini dikenal juga dengan sebutan Gamphobia. Lalu bagaimana untuk mengatasinya?

    Selain bisa mengubah perspektifmu dan memperkaya diri dengan berbagai ilmu pernikahan, ada berbagai cara lain yang bisa dilakukan untuk membuat dirimu tak lagi takut menikah. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut di antaranya:

    (Baca Juga: Alasan Pria Takut Menikah)


    1. Hadapi rasa takut

    Hal utama yang bisa dilakukan adalah mencoba untuk mengubah pandanganmu mengenai pernikahan. Dengan memandang pernikahan bukanlah hal yang menakutkan bisa membantumu untuk menghadapi rasa takutmu.

    Melansir laman Huffpost Moshe Ratson seorang terapis untuk masalah keluarga menyarankan untuk menggali lebih dalam lagi apa yang sebetulnya ditakuti dalam pernikahan. "Cobalah menggali lebih dalam lagi apa yang menyebabkan ketakutan itu muncul. Cara ini bisa membantumu untuk menemukan langkah yang harus dihadapi,"jelasnya


    2. Jangan berekspetasi

    Wajar jika memiliki bayangan sekaligus impian pernikahan seperti cerita dongeng. Namun, sebaiknya jangan terlalu berharap karena hal itu tidak akan terjadi.

    Saat memilih untuk menikahi seseorang yang kamu cintai, kamu harus memahami bahwa kamu tak hanya menikahi sisi baik dirinya, tapi begitu juga sisi buruknya. Begitu juga dengan pasanganmu yang bisa menerima segala kekurangan dan kebaikanmu.

    Oleh sebabnya, penting untuk menyadari bahwa pernikahan bukanlah hal yang akan selalu penuh dengan kebahagiaan. Tapi, bersama pasanganmu nanti, berbagai rintangan bisa dilalui dengan mudah.

    (Baca Juga: Masih Rindu Mantan? Ini 6 Tanda Kamu Belum Siap Menikah)


    3. Tambah pengetahuan

    Hal yang terpenting sebelum melangkah ke jenjang pernikahan, adalah mengetahui panduan untuk memiliki hubungan yang harmonis. Kamu bisa membaca bahkan dengan mendengarkan kisah dari mereka yang sudah menjalaninya.

    Dengan belajar dan memperkaya diri dengan ilmu pernikahan, cara ini bisa memandumu untuk memilih pasangan secara bijak, berkencan dengan konstruktif, berkomitmen, bahkan membangun keluarga yang kuat. 


    4. Tanyakan "Kenapa saya harus menikah?"

    Mengetahui jawaban dari keinginan untuk menikah bisa mengurangi rasa takut yang ada pada dirimu. Jadi kenapa kamu ingin atau bahkan harus menikah?

    Karena pernikahan bukan sesuatu yang bisa dicoba-coba, maka pastikan betul dirimu memiliki alasan yang kuat untuk menjalaninya. 


    5. Impian pernikahan

    Takut menikah biasanya terjadi akibat banyaknya kekhawatiran pada diri saat menjalani suatu hubungan. Bahkan bisa juga mendengar berbagai cerita kegagalan dalam pernikahan.

    Pasangan yang selingkuh, kekerasan, perdebatan dan lainnya kian menghantui sehingga niatmu untuk melangkah ke sana menjadi hilang. Lalu bagaimana cara menyiasatinya?

    Dengan mengetahui pasangan yang akan kamu nikahi, dan memiliki prinsip yang sama dalam membangun rumah tangga bisa menciptakan hubungan pernikahan yang ajaib. Tapi perlu dipahami bahwa berbagai rintangan pasti akan ditemui, namun dengan kekompakan dan ikatan yang kuat, semua bisa teratasi.