Masih Rindu Mantan? Ini 6 Tanda Kamu Belum Siap Menikah


  • Masih Rindu Mantan? Ini 6 Tanda Kamu Belum Siap Menikah
    Selain kangen mantan, berikut tanda bahwa diri belum siap menikah.(Foto:Dok.Pexels/Jasmine)


    Setiap pasangan yang menjalin hubungan, mungkin akan membayangkan untuk hidup bersama. Membangun rumah tangga dan mengikrarkan janji sehidup semati saat pernikahan. Tapi, apakah betul kamu siap untuk memasuki jenjang itu?

    Menikah bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Selain cinta, banyak hal lainnya yang harus dipersiapkan oleh dirimu dan juga pasangan. Tapi jika perasaanmu masih takut dan kegalauan terus hadir apakah itu tanda kamu siap menikah? Simak faktanya.

    (Baca Juga: Menimbang Untung Rugi Menikah Dengan Sepupu)


    1. Merasa Takut

    Jika kamu merasa takut akan menjalani hidup 10 hingga 20 tahun bersama seseorang, itu bisa jadi tanda bahwa dirimu tidak siap untuk masuk dalam hubungan pernikahan. Hal ini juga dikatakan oleh Marcia Sirota seorang psikiater dan pendiri Ruthless Compassion Institute.

    "Jika memikirkan menghabiskan sisa hidupmu setidaknya 10 hingga 20 tahun ke depan dengan orang yang sama membuatmu takut, kamu belum siap menikah," ujarnya melansir laman Huffpost.


    2. Merahasiakan sesuatu

    Membangun suatu rumah tangga bukanlah lagi persoalan kamu, tapi di mana kamu dan dia saling menjaga rahasia keluarga bersama. Lalu apa jadinya jika kamu masih menyimpan fakta yang tidak dia ketahui?

    Seorang pekerja sosial klinis, psikoterapis sekaligus pendiri DC Counseling and Psychotherapy Center mengatakan bahwa, "Satu tanda bahwa kamu mungkin belum siap untuk menikah adalah jika kamu menyimpan rahasia penting dari pasanganmu," ujarnya.

    "Ini termasuk dengan cara hidup, dengan siapa kamu menghabiskan waktumu, informasi tentang keuanganmu atau seringnya kamu menggunakan suatu zat."

    (Baca Juga: 8 Pertanyaan yang Harus Diajukan Sebelum Menikah)


    3. Perceraian bukanlah masalah

    Jika kamu memikirkan perceraian bukanlah suatu masalah dalam hubungan pernikahan, mungkin ada baiknya untuk berpikir dua kali untuk masuk ke dalamnya. Itu juga bisa jadi tanda bahwa kamu belum siap untuk berkomitmen dan mempertahankan hubungan walaupun ada masalah yang menghampiri.


    4. Tidak satu tujuan

    Mungkin saat ini asmaramu terasa baik-baik saja dengan sang kekasih. Video call, bertukar pesan dan lainnya. Tapi apakah kamu sudah pernah menanyakan pandangannya mengenai dunia saat ini? Bagaimana caranya menghadapi suatu masalah?

    Moral, kepercayaan, visi dan misi menjadi penting untuk membawa hubunganmu ke jenjang pernikahan. Hal ini merupakan fundamental yang kuat untuk hubungan jangka panjang.

    (Baca Juga: 8 Manfaat Menikah di Usia Muda yang Patut Diketahui)


    5. Berharap perubahan

    Pernikahan bukanlah cara untuk mengubah seseorang menjadi sesuatu yang bisa dia lakukan. Jika kamu berharap demikian, ada baiknya untuk memikirkannya terlebih dahulu sampai diri yakin pernikahan hal yang kamu inginkan. 

    Seseorang yang mencintaimu akan mengubah dirinya sendiri dengan versi terbaik untuk dirimu. Oleh sebabnya, kamu tak perlu bersusah payah memaksanya dan memintanya untuk menghilangkan kebiasaan yang kamu tidak sukai. Jika dia benar menyayangimu, dia akan melakukannya tanpa perlu diminta.


    6. Mengingat masa lalu

    Kenangan masa lalu seharusnya tak lagi menghantui pikiran dan hatimu saat diri benar siap untuk menikah. Tapi apabila bayang-bayang sang mantan kekasih masih ada di benakmu, maka cobalah untuk menenangkan diri dan jangan gegabah.

    Ini bisa jadi tanda bahwa kamu tidak benar mencintai pasanganmu. Dan jika diteruskan, sulit untuk berhasil menjalaninya.

    Itu dia 6 tanda kamu belum siap memasuki dunia pernikahan. Sebelum memutuskan untuk mengambil langkah itu, pikirkanlah secara matang dan baik!