5 Resep Masker Rambut Alami yang Mudah Dibuat di Rumah


  • 5 Resep Masker Rambut Alami yang Mudah Dibuat di Rumah
    Trik membuat masker rambut alami yang sangat mudah, kamu bahkan tidak perlu memotong buah. (Foto: Dok. Tim Mossholder/Pexels.com)

    Selain sampo dan kondisioner, perawatan ekstra apa yang sudah kamu lakukan untuk rambut? Tidak hanya kulit saja yang butuh booster dengan perawatan masker atau peeling di rumah, rambut juga perlu perhatian lebih. Apalagi di saat seperti ini yang tidak memungkinkan untuk melakukan perawatan di salon. Namun tak perlu khawatir, walaupun berdiam di rumah, kamu juga bisa kok merawat lambut secara lebih intensif. Cukup berkreasi dengan masker rambut alami yang mudah dan bisa dibuat dari bahan-bahan simpel di dapur.  


    Lima masker rambut alami berikut dijamin anti ribet namun tetap membuat rambutmu ternutrisi secara maksimal. 




    #1 KAYU MANIS DAN MINYAK KELAPA UNTUK MENYUBURKAN

    Tak hanya aromatik untuk dijadikan pelengkap teh atau kue, kayu manis juga merupakan bumbu yang bersifat antimikroba. Ia juga dapat membantu menstimulasi sirkulasi darah dan mendorong pertumbuhan rambut, sekaligus memperkuatnya. 


    (Kamu bisa menggunakan kayu manis bubuk kemasan yang praktis. Foto: Dok. Heather Barnes/Unsplash.com)


    Bahan: Bubuk kayu manis + minyak kelapa dalam jumlah takaran yang sama.


    Cara membuat: Campurkan kedua bahan di atas sampai menyatu. Aplikasikan ke akar rambut dan pijatkan ke kulit kepala. Diamkan selama 30 sampai 45 menit, lalu bilas. Lakukan ini setidaknya seminggu sekali untuk mengurangi rambut rontok. 



    #2 PUTIH TELUR DAN LEMON UNTUK RAMBUT LEPEK

    Jika rambut mudah lepek, putih telur memiliki enzim protein yang dapat membantu meminimalisir kelebihan minyak. Lemon juga mengandung vitamin C yang tinggi dan membantu membersihkan kulit kepala secara mendalam.  


    (Pastikan putih telur benar-benar terpisah dari kuningnya. Foto: Dok. Jess Bailey/Pexels.com)


    Bahan: 1 putih telur + ½ perasan air lemon

    Cara membuat: Balurkan dari akar hingga ujung rambut dan diamkan selama 30 menit sampai satu jam. Lebih lama pun tidak apa-apa. Bilas dengan air suam-suam kuku, hindari air panas. 



    #3 YOGURT, MADU, & OLIVE OIL UNTUK MELEMBUTKAN RAMBUT

    Masker rambut alami yang satu ini cocok untuk semua jenis rambut, dan juga sangat menguntungkan untuk rambut kering. Antioksidan dalam minyak zaitun membuat kulit kepala lebih sehat dan mampu menumbuhkan batang rambut yang lebih kuat. Sementara madu berfungsi sebagai pelembap yang mudah meresap, serta yogurt membantu memperbaiki helai dan kutikula rambut.


    (Gunakan plain yogurt yang tidak memiliki tambahan rasa atau pemanis. Foto: Dok. Freepik.com)


    Bahan: 

    - 2 sdm greek yogurt

    - 1 sdm madu

    - 1 sdm extra virgin olive oil


    Cara membuat: Masukkan greek yogurt ke dalam mangkuk. Hangatkan madu dan olive oil di panci kecil agar menyatu (jangan terlalu panas). Tuangkan campuran ini ke dalam mangkuk berisi greek yogurt tadi, lalu aduk sampai semuanya tercampur. Aplikasikan masker ini mulai dari ujung rambut, ketika sampai kulit kepala, pijat lembut untuk mendorong sirkulasi. 


    (Baca juga artikel: 10 Manfaat Yogurt Untuk Perawatan Kulit Wajah)



    #4. TEA TREE DAN CUKA APEL UNTUK KETOMBE

    Ketombe dapat disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya adalah alergi dan jamur. Tea tree memiliki fungsi antibakteri dan anti jamur, sehingga dapat membantu menghentikan munculnya ketombe pada kulit kepala sekaligus meredakan rasa gatalnya.


    Bahan:

    - ¼ cup air

    - ¼ cup cuka apel (apple cider vinegar)

    - 6-8 tetes tea tree oil


    Cara membuat: Campurkan air dan cuka apel dalam botol spray yang bersih. Teteskan tea tree oil, lalu aduk sampai semuanya tercampur. Semprotkan ke seluruh bagian kulit kepala dan diamkan selama 30 menit. Setelah ini kamu bisa keramas menggunakan sampo dan kondisioner seperti biasa. Tenang saja, aroma cuka apelnya akan hilang. 



    #5 MINYAK KELAPA ATAU OLIVE OIL UNTUK RAMBUT MENGEMBANG

    Jenis rambut bergelombang dan keriting biasanya paling rentan untuk mengalami frizzy hair. Supaya tekstur alami rambutmu tetap memesona, coba resep satu ini yang super simpel. Coba lakukan masker ini seminggu sekali untuk memperindah tekstur rambutmu. Bye-bye catokan!


    (Baca juga artikel: Tips Menggunakan Minyak Rambut untuk Hasil Maksimal)


    (Sahabat rambut mengembang adalah hair oil yang penuh nutrisi. Foto: Dok. Freepik.com)


    Bahan: ½ cup minyak kelapa atau olive oil



    (Kamu bisa memanfaatkan minyak kelapa jenis apa saja. Foto: Dok. Freepik.com)


    Cara membuat: Cukup hangatkan oil pilihanmu di dalam microwave (pastikan wadahnya aman untuk microwave) sampai teksturnya sedikit lebih mencair. Kalau rambutmu mengembang dari bagian atas, oleskan dari akar ke ujung rambut. Namun jika bagian atas rambutmu cenderung mudah lepek, cukup oleskan dari bagian tengah sampai ujung helai rambut. Setelah dibalurkan, jepit rambut ke atas dan bungkus dengan shower cap. Jika kondisi rambutmu sedang sangat kering, diamkan semalaman dan bilas keesokan paginya.