Ini 10 Penyebab Rambut Lepek, Nomer 3 Pemicu Tersering!


  • Ini 10 Penyebab Rambut Lepek, Nomer 3 Pemicu Tersering!
    ilustrasi rambut lepek, (Foto: Freepik)

    RAMBUT lepek merupakan satu dari berbagai masalah rambut yang dialami wanita. Bila kamu sering mengalaminya, jangan sampai keluhan itu dibiarkan sampai berlarut-larut. Ya, kamu harus mencari tahu penyebab dan mencari solusinya.


    Pasalnya, rambut lepek bukan sekedar adanya perubahan penampilan saja atau membuat rambut tidak bervolume. Hal itu bikin percaya diri menurun dan suasana hati jadi memburuk. 




    Berikut ini kami sudah merangkum penyebab rambut lepek dengan berkonsultasi dengan Aar Yazuar, top hairstylist dari Prestige Hair & Beauty Kemang. Tertarik mengetahunya? Simak penjelasannya di bawah ini 


    1. Mengikat rambut terlalu lama

    Ini bukan soal rasa sakitnya saja ya ladies. Lebih dalam, karena kebiasan ini mendorong pori-pori kulit kepala bekerja lebih keras dan akhirnya menghasilkan kelenjar minyak (sebum). Dalam kebiasaan mengikat rambut ini, seringnya banyak wanita yang mengikat rambut saat mau tidur. 


    Apakah kamu salah satu orang diantaranya? Semoga tidak ya, ladies. Karena, kalau 'iya', nantinya kamu bakal kesulitan menata rambut karena rambut lepek.


    2. Paparan sinar matahari

    Ya, ini sepertinya sudah jelas, bahwa sering terpapar matahari bisa membuat kulit kepala memproduksi keringat dan minyak dalam jumlah yang besar. Alhasil, membuat kamu jadi lepek dan sulit sekali ditata.


    3. Pemakaian helm

    Di kondisi moda transportasi ojek online saa ini, rambut lepek sering  terjadi karena pemakaian helm. Hal itu bisa terjadi kulit kepala tertutup dan tertekan dalam waktu lama, sehingga membuat kondisi jadi lembap dan muncul keringat di kulit kepala.


    4. Stres

    Apakah kamu menyadari bahwa saat kita sedang stres bukan perubahan detak jantung saja yang berubah. Tapi kondisi rambut kita? Ya, ternyata stres bisa membuat rambut jadi lepek. Di mana kondisi itu memicu peningkatkan sebum pada kulit kepala kita.


    5. Sisa produk yang menempel di rambut

    Terkadang, bila kamu memakai dry shampoo atau produk styling akan ada gumpalan yang terjadi kulit kepala. Oleh karenanya, sempatkan untuk melakukan keramas lalu membilasnya sampai bersih agar sisa produk yang kamu pakai hilang.


    6. Menyisir rambut berlebihan

    Ya, jangan kira menyisir rambut berlebihan tidak memberi efek buruk buat rambuat kita ya ladies. Faktanya, hal itu bisa mengstimulasi produksi minyak kepala yang kemudian membuat kulit rambut berminyak. Dan saat itu terjadi, rambut kamu tidak akan bervolume lagi. Hayo, siapa yang mau?


    7. Pakai produk yang salah

    Ini juga jadi faktor yang harus kamu pertimbangkan bila kamu mengalami rambut lepek. Apalagi, jika sudah mengalaminya dalam waktu lama. Kemungkinan bahwa kamu salah memakai produk yang sesuai rambut kamu.


    Untuk itu, cari formula yang ringan dan hindari label bertulis ‘shine’ atau ‘moisture’. Karena kedua kandungan tesebut hanya cocok untuk jenis rambut kering.


    8.Mengikat rambut saat basah


    Sebabnya, kebiasaan ini bikin kulit kepala jadi lembap dan berminyak. Alhasil, membuat rambut jadi lepek dan tak bisa ditata. Untuk itu, selalu sempatkan saat mandi atau keramas, mengeringkan rambut dulu.


    9. Terlalu sering keramas

    Apakah kamu orang yang tergolong sering keramas ladies? Jika iya, mulailah mengurangi kebiasan tersebut. Sebab, keramas setiap hari akan membuang minyak alami rambut. Dalam usaha mengganti semua minyak itu, kepala kamu akan memproduksi minyak berlebihan. Alhasil, bikin rambut kamu jadi lepek. Lantas, berapa banyak kita melakukan keramas? Setidaknya tiga kali seminggu.


    10. Terlalu sering menyentuh rambut

    Ya, kebiasaan ini rupanya bisa memicu terjadinya rambut lepek. Apa sebab? Itu karena bermain dengan rambut bisa mentransfer minyal alami dari tangan ke rambut. 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below