5 Vitamin Untuk Kulit Sehat Dan Bersinar


  • 5 Vitamin Untuk Kulit Sehat Dan Bersinar
    Kamu dapat mencapai kulit yang sehat dan bercahaya jika memilih vitamin kulit yang tepat. (Foto:Dok. Freepik)

    Siapa yang tidak ingin punya kulit yang sehat dan bercahaya? Tampaknya, hampir semua orang menginginkannya. Kamu dapat mencapai kulit yang sehat dan bercahaya jika memilih vitamin kulit yang tepat. Setiap perubahan yang terjadi pada kulit terjadi pada tingkat sel.


    Oleh karena itu, mempersiapkan sel dengan vitamin yang tepat (baik secara internal maupun topikal) sangat penting untuk menjaga kulit dalam kondisi yang baik dan sehat. Dalam artikel ini, telah dirangkum lima vitamin kulit yang dapat membantu kamu mendapatkan kulit sehat dan bercahaya. Simak pemaparannya di bawah ini!




    Vitamin Terbaik untuk Kulit Sehat dan Bersinar


    Kulit kamu mencerminkan apa yang kamu makan. Memberi nutrisi pada tubuh dengan makanan padat vitamin dan nutrisi adalah satu-satunya cara untuk memerangi kondisi kulit tidak sehat. Vitamin-vitamin ini akan membantu memperbaiki kerusakan sel dan meningkatkan regenerasi kulit.


    (Baca Juga: Ketahui Penyebab Dan Cara Menghilangkan Jerawat Di Leher)


    Vitamin A: Mencegah Penuaan dan Jerawat


    Jika kamu ingin meminimalkan tampilan tanda-tanda penuaan, vitamin A seperti retinol adalah pilihan tepat. Retinol adalah bentuk vitamin A yang sangat efektif dalam mengatasi masalah tanda-tanda penuaan. Vitamin A, ketika dioleskan atau dikonsumsi (makanan) dapat membantu mencegah timbulnya berbagai masalah kulit. 


    Dikutip dari Stylecraze, menurut penelitian tahun 2007, vitamin A telah diketahui dapat mengurangi garis-garis halus dan kerutan, meningkatkan produksi kolagen, yang meningkatkan elastisitas kulit, memperbaiki penampilan kulit, mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, dan mencegah jerawat. 


    Jika kamu ingin menambah asupan vitamin A, konsumsilah makanan seperti, ubi, labu, bayam, kuning telur, wortel, makanan laut, paprika, cod liver oil, susu, dan tomat. Untuk aplikasi topikal, kandungan Retin A, Tretinoin, Retinol, Renova, atau Retinaldehyde, ini semua adalah jenis vitamin A yang biasa ditemukan dalam krim kulit. Kalau ingin menggunakan kandungan retinol atau sejenis vitamin A lainnya, ingatlah bahwa efektivitasnya akan berkurang di bawah sinar matahari. Oleh karena itu, lebih baik mengaplikasikannya pada malam hari. 


    Vitamin B3: Mengobati Kerusakan Matahari dan Pigmentasi


    Sebagaimana diketahui, paparan sinar UVA dan UVB jangka panjang dapat menyebabkan munculnya berbagai masalah kulit seperti pigmentasi, garis-garis halus, dan dark spot. Vitamin B3 atau juga disebut niacinamide dapat melindungi kulit kamu dari efek merusak sinar matahari.


    (Baca Juga: Cara Mudah Atasi Kulit Belang Dengan Bahan Alami)


    Menurut penelitian tahun 2015, vitamin B3 oral atau niacinamide dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan juga dapat mencegah kanker kulit non melanoma pada pasien yang berisiko tinggi. Selain itu, menurut studi yang dipublikasikan di National Library of Medicine, vitamin B3 juga dapat mengurangi hiperpigmentasi (yang disebabkan oleh paparan sinar matahari) dengan mencegah transfer melanosom, meminimalkan proses penuaan kulit dengan bekerja pada garis-garis halus dan bintik-bintik hitam (dark spots) yang disebabkan karena paparan UV yang berlebihan, dan meningkatkan tekstur dan elastisitas kulit.


    Jika kamu ingin memperoleh manfaat dari vitamin B3, kamu bisa mendapatkannya dari jamur, tuna, alpukat, kacang hijau, hati, kacang-kacangan, dada ayam, kacang merah. Untuk Aplikasi Topikal, kamu dapat menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung niacinamide. 


    Vitamin C: Antioksidan


    Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam US National Library of Medicine National Institutes of Health tahun 2017, menunjukan bahwa vitamin C dapat mempromosikan produksi kolagen di kulit, mencegah photodamage yang disebabkan oleh paparan UV, mempertahankan kadar antioksidan dalam tubuh, mencegah penuaan dan mengurangi munculnya keriput, serta membuat kulit terhidrasi. 


    Kamu dapat memperoleh sumber vitamin C dari paprika merah, jambu biji, stroberi, brokoli, pepaya, kacang polong, jeruk bali (grapefruit), kembang kol, dan kubis. Jika kamu ingin menggunakan vitamin C secara topikal, cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menggunakan produk skincare berbahan vitamin C.


    (Baca Juga: Konsumsi 10 Makanan Ini Agar Rambut Sehat Dan Kuat)


    Biasanya, vitamin C dapat kamu temukan dalam produk skincare seperti serum atau pelembap. Perlu diketahui, penggunaan vitamin C secara topikal dapat membuat kulit sensitif terhadap cahaya. Oleh karena itu sangat penting untuk mengaplikasikan sunscreen setelah penggunaan vitamin C sebelum beraktivitas di bawah sinar matahari. 


    Vitamin E: Mencegah Kekeringan Pada Kulit


    Tidak sedikit produk perawatan kulit yang menggunakan vitamin E sebagai salah satu ingredients-nya. Hal ini karena, vitamin E dapat menetralkan radikal bebas berbahaya dan menjaga kulit tetap sehat. Sebuah studi yang berjudul Vitamin E in dermatology, menunjukan bahwa vitamin E dapat meminimalkan kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV yang berbahaya, seperti bintik-bintik gelap (dark spots), mencegah kekeringan, menjaga kondisi kulit tetap sehat, mengurangi stres oksidatif dan mengurangi tanda-tanda penuaan, Menjaga kulit tetap lembap, dan mengurangi peradangan kulit. 


    Kamu dapat meningkatkan asupan vitamin E dengan mengonsumsi beberapa makanan meliputi, kacang almond, bayam, kubis, hazelnuts, alpukat, pepaya, peterseli, zaitun, dan brokoli. Untuk aplikasi topikal, kamu dapat menggunakan minyak vitamin E. Namun, pengaplikasian minyak vitamin E langsung pada kulit hanya dilakukan jika kamu memiliki kulit yang sangat kering atau masalah kulit yang serius, seperti psoriasis dan eksim. Jika tidak, lebih baik untuk mencampurkan minyak vitamin E dengan minyak zaitun, lalu aplikasikan pada kulit sembari dipijat perlahan. 


    Vitamin K: Samarkan Bintik Gelap dan Bekas Hitam

     

    Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2004 menemukan bahwa penerapan gel di bawah mata yang mengandung 2% vitamin K, bersama dengan 0,1% retinol, vitamin C dan E diketahui dapat mengurangi keriput dan lingkaran hitam secara signifikan. Studi lainnya yang dilakukan para peneliti Taiwan menemukan bahwa vitamin K dapat membantu mengurangi tampilan warna keunguan akibat memar pada kulit. 


    (Baca Juga: Selain Mengatasi Jerawat, Ini 6 Manfaat Es Batu Untuk Wajah)


    Kamu dapat meningkatkan asupan vitamin K dengan mengonsumsi makanan seperti kubis, brokoli, selada, lobak hijau, peterseli, dan kembang kol. Untuk aplikasi topikal, biasanya dokter akan meresepkan krim vitamin K untuk membantu memar kulit (setelah operasi) atau untuk mengurangi stretch mark. Krim ini juga diresepkan untuk mengatasi lingkaran hitam, spider veins, dan masalah kulit lainnya.


    Itulah lima vitamin kulit yang dapat membantu kamu mendapatkan kulit sehat dan bercahaya. Sangat penting untuk menjaga kulit agar tetap sehat dan bercahaya, karenanya cobalah untuk mengonsumsi atau memasukan vitamin-vitamin ini ke dalam rejimen perawatan kulit kamu. 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below