Cara Mudah Atasi Kulit Belang Dengan Bahan Alami


  • Cara Mudah Atasi Kulit Belang Dengan Bahan Alami
    Cara mudah atasi kulit belang dengan bahan alami (Foto:Dok/Pexels/Freestocks.org)


    Kulit belang kerap jadi masalah kulit yang sulit untuk dihindari. Terutama saat diri aktif berkegiatan di luar rumah dan terkena paparan sinar matahari terlalu lama.




    Alhasil, sebagian orang yang mengalaminya memilih untuk menutupinya demi tampil percaya diri. Namun, apakah ini efektif dilakukan dalam jangka panjang?


    Sebetulnya ada banyak cara untuk menghilangkan warna kulit yang belang. Salah satunya dengan rutin melakukan perawatan seperti scrubing, masker dengan bahan-bahan alami. Sudah tahu apa saja? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut yang bisa digunakan agar kulit cerah secara merata.


    (Baca Juga: 26 Cara Memutihkan Wajah Secara Alami dan Cepat)


    1. Putih Telur

    Putih telur merupakan bahan alami yang dipercaya bisa mengatasi kulit belang. Hal ini dikarenakan kandungan protein yang dimilikinya bisa membantu kulit untuk melakukan regenerasi. Kamu bisa menjadikannya masker dengan campuran madu dan jeruk nipis, Gunakan secara rutin, selama 30 menit.


    2. Timun

    Selain kaya akan gizi, ternyata timun juga berkhasiat di dunia kecantikan saat ini. Terutama bagi kamu yang menyukai perawatan kulit dengan bahan alami. 

    Salah satu yang bisa dimanfaatkan dari timun ialah menghilangkan kulit belang yang buatmu tidak percaya diri. Kamu bisa menambahkan air perasan lemon dan lidah buaya pada timur yang telah dihaluskan. Lalu oleskan ke bagian kulit yang kamu inginkan untuk dicerahkan.

    (Baca Juga: 10 Manfaat Yogurt Untuk Perawatan Kulit Wajah)


    3. Kulit jeruk

    Masih banyak yang tidak tahu bahwa selain buahnya, kulit jeruk juga memiliki manfaat, salah satunya untuk mengangkat sel mati pada kulit. Kaya akan vitamin E, ia bekerja untuk menyamaratakan warna kulit yang belang. Lalu bagaimana cara mengaplikasikannya pada kulit?

    Kamu bisa menghaluskannya lalu mencampurnya dengan madu. Kemudian oleskan ke bagian kulit, diamkan hingga 10-15 menit, lalu bilas dengan air. Lakukan secara rutin dan perhatikan perubahannya.


    4. Pepaya

    Pepaya memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Bahkan kandungan mineral serta vitamin yang dimilikinya dipercaya ampuh untuk mengatasi kulit belang pada bagian tubuh. 

    Kamu bisa mencampurkannya madu ataupun air perasan lemon dan oleskan sebelum tidur. Kemudian esok pagi, kamu bisa membersihkan saat mandi.


    5. Teh Hijau

    Melansir laman Healthline, teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Sehingga saat diminum bisa meningkatkan sistem imun tubuh dan menenangkan. Lalu apa lagi?

    Sama seperti jeruk, selain air seduhannya, ampas yang dihasilkan dari teh ini ternyata bisa digunakan sebagai masker kulit. Ia juga salah satu yang dipercaya bisa menyamaratakan warna kulit hingga melawan radikal bebas yang buat penuaan dini. 

    Kamu bisa menjadikannya scrub alami setiap mandi pagi dan sore hari. Setelahnya kamu bisa mendiamkannya 10-15 menit sebelum dibilas.

    (Baca Juga: 10 Cara Alami dan Efektif Menghilangkan Mata Panda)


    6. Kunyit

    Siapa yang tak tahu bumbu dapur yang satu ini? yap, kunyit jadi salah satu bahan alami yang ampuh untuk mengatasi kulit belang. Kaya akan antioksidan dan curcumin, keduanya bekerja secara efektif untuk membuat kulit lebih cerah. 

    Cara menggunakannya pun cukup mudah, kamu bisa mengambil bubuk kunyit atau memarutnya serta mencampurkannya dengan air hangat. Lalu oleskan pada kulit dan diamkan kurang lebih 20-30 menit. Bilas, lakukan ini secara berulang setiap hari.


    7. Lidah Buaya

    Lidah buaya memang sudah terkenal di dunia kecantikan akan khasiatnya untuk kulit. Mungkin kamu sudah tak heran lagi jika ia bisa memutihkan sekaligus mengatasi kulit yang belang.

    Yap, jika memilihnya, kamu tak perlu mencampurnya dengan bahan lain. Cukup oleskan pada kulit, lalu diamkan selama 10-20 menit hingga meresap ke dalam kulit.


    8. Bengkuang

    Kaya akan vitamin, Bengkuang dipercaya efektif untuk mengatasi kulit yang belang akibat paparan sinar matahari. Kandungan vitamin B, C dan E di dalamnya bekerja untuk mengatasi masalah yang satu ini.

    Kamu bisa menghaluskannya terlebih dahulu dan mencampurkannya dengan yoguurt alami dan garam. Oleskan pada kulit hingga mengering dan bersihkan dengan air.

    Itulah tadi sejumlah bahan alami yang bisa mengatasi kulit kering akibat paparan sinar matahari. Selamat mencoba!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below