Fashion

Tips Merawat Baju Warna Hitam Agar Tidak Mudah Pudar

By : Hafizah Rana Dalilah - 2020-07-04 18:00:01


Baju warna hitam kerap jadi busana favorit bagi sebagian orang. Selain mudah dipadupadankan dengan warna lain, ia juga bisa buat tampilan semakin elegan saat dipakai.


Namun sayangnya, warna yang satu ini mudah pudar jika digunakan secara terus menerus, terutama saat dicuci berkali-kali. Lalu bagaimana cara menyiasatinya? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut tips agar baju warna hitam tidak mudah pudar.


(Baca Juga: 7 Warna Pakaian Yang Cocok Untuk Kulit Sawo Matang)


1. Jangan dicuci terlalu sering

Jika kamu penyuka warna hitam ada baiknya untuk memiliki busana hitam lebih dari satu. Cara ini bisa dilakukan untuk mencegah penggunaan satu baju warna hitam berulang kali. 


Sebagai contoh, jika kamu menggunakan sweater dan celana dengan rona ini dan tak berkeringat terlalu banyak, kamu bisa menggunakannya 3-4 kali. Namun dimasa pandemi seperti ini penting sekali untuk menjaga kebersihan diri. Maka ada baiknya untuk merendamnya dengan deterjen antiseptik menggunakan tangan. 


2. Pisahkan warna dan berat

Selain warna putih, pakaian berwarna hitam juga harus dipisahkan dengan rona lainnya demi merawatnya agar tidak pudar. Sehingga ketika warna tercampur atau luntur karena air, pakaian bisa menyerapnya kembali.


Selain itu, penting juga untuk membaginya sesuai dengan berat pakaian masing-masing. Langkah ini guna menjaga kehalusan serat pakaianmu.


(Baca Juga: 5 Warna Pakaian Yang Cocok Untuk Kulit Kuning Langsat)


3. Balikan Pakaian

Membalik bagian dalam hingga menjadi bagian luar bisa jadi cara melindungi pakaian hitammu dari kepudaran warna. Hal ini dikarenakan saat busanamu dicuci, terutama dengan mesin pencuci, bagian terdepan adalah area yang mudah terkena gesekan. Selain bisa memudarkan warna, serat pakaian juga mudah rusak. 


4. Perhatikan kapasitas

Langkah yang satu ini kerap kali dilupakan saat mencuci pakaian. Memerhatikan kapasitas mesin cucimu juga berkaitan dengan kualitas busana saat dibersihkan. Semakin banyak jumlah baju yang dicuci secara bersamaan, maka semakin banyak satu sama lain saling bergesekan.


(Baca Juga: Tips Memilih Warna Gaun Pengantin untuk Kulit Gelap)

 

5. Suhu air

Suhu air juga jadi salah satu yang patut diperhatikan saat mencuci pakaian yang berwarna gelap, terutama hitam. Lalu air apa yang sebaiknya digunakan untuk mencucinya?


Menggunakan air bersuhu dingin membantu mempertahankan warna agar tidak pudar sekaligus menjaga serat kain. Gunakanlah air dengan suhu 15,6 - 26,7 celcius. Namun, jika cuaca dingin, kamu bisa menggunakan air hangat lalu bilas dengan air dingin.

 
6. Pilih deterjen yang benar

Jika kamu tidak memiliki deterjen yang diformulasikan untuk warna gelap, gunakanlah satu hingga dua sendok teh deterjen biasa untuk membersihkan noda yang menempel. Sebaiknya pilihlah deterjen yang bertekstur cair, ini tips untuk mencegah permukaan bajumu tampak kusam.


(Baca Juga: A Chat with Raegita Zoro: Cerita di Balik Warna Neon)


7. Gunakan siklus singkat

Saat mencuci pakaian yang berwarna gelap dengan mesin pencuci, pastikan untuk memilih siklus pemutar yang ringan. Cara ini bisa melindungi serat baju yang mungkin rusak dan menyebabkan perubahan warna. Sebagai alternatif lain, kamu bisa membersihkannya dengan tangan.


8. Hindari dari matahari

Agar baju warna hitam tidak pudar, hindari mengeringkannya di bawah sinar matahari langsung. Kamu bisa menggunakan rak pengering dalam ruangan, atau tetap menjemurnya di luar tapi pastikan untuk meletakkannya jauh dari cahaya langsung.



Fashion