Cara Dapatkan Lowongan Kerja Selama Pandemi Covid-19


  • Cara Dapatkan Lowongan Kerja Selama Pandemi Covid-19
    Lowongan kerja tengah banyak dicari khususnya saat pandemi Covid-19. Simak tips berikut untuk berhasil mendapatkannya. (Foto: Dok. Pexels/Jopwell)

    Lowongan kerja saat ini sedang mengalami kesulitan akibat pandemi Covid-19. Dengan semakin banyak perusahaan yang merumahkan karyawan hingga menutup bisnisnya, proses pencarian kerja jadi semakin ketat dan lebih kompetitif. Namun, bukan berarti kamu harus berkecil hati dan pasrah dengan keadaan. Mavin Ang selaku Director of the Professional Development Centre di British Council Singapura bagikan cara sukses dapatkan lowongan kerja selama pandemi Covid-19.


    Punya keahlian baru yang dibutuhkan saat ini

    Kalau kamu sedang mempersiapkan diri untuk wawancara online, mungkin kamu sadar bahwa kemampuan presentasi dan teleconferencing jadi lebih penting dari sebelumnya. Bayangkan sekarang kamu harus melakukan presentasi secara virtual ke audiens yang besar, pasti akan jadi tugas yang menegangkan. Tingkatkan kemampuanmu di area ini sebelum kesempatan wawancara online datang. Kemampuan untuk berbicara efektif dan usaha untuk terus engage dengan audiens jadi keahlian yang akan membawamu pada kesuksesan.




    (Baca Juga: Tips Public Speaking Bagi Pemula)


    Bagi kamu yang baru lulus, pastikan untuk meningkatkan kemampuan menulis dan presenting. Keahlian ini tak hanya penting tapi juga sedang sangat dibutuhkan. CV yang ditulis dengan baik atau presentasi yang berjalan sukses bisa menempatkan kamu lebih tinggi di atas kompetitor lain.



    Terbuka untuk kesempatan jangka pendek

    Melihat ketidak-stabilan ekonomi saat ini, para pencari kerja harus dihadapkan pada proses yang lebih sulit dengan tingkat keberhasilan yang rendah. Maka, tak ada salahnya untuk mempertimbangkan kontrak jangka pendek yang tak hanya akan memberikan penghasilan bulanan tapi juga menambah kemampuan baru. Kesempatan ini sangat tepat bagi kamu yang baru ingin mulai bekerja atau masih belum yakin dengan jenjang karier yang sesuai.



    Tips berhasil wawancara online

    Berkat pandemi Covid-19, sebagian besar wawancara kerja kini dilakukan secara online lewat video atau telepon. Bagi kamu yang sebentar lagi akan menghadapi jadwal wawancara, bisa mencoba tips berikut:

    1. Persiapkan area kerjamu lebih awal. Pastikan kamu punya latar belakang yang bersih dan presentable serta kenakan pakaian yang profesional, meski kamu melakukannya di rumah.

    2. Cek koneksi Wi-Fi sekaligus kualitas audiomu di komputer. Pastikan semuanya bekerja dengan baik setidaknya satu hari sebelum jadwal wawancara. Jika ada masalah teknis, kamu punya waktu yang cukup untuk memperbaikinya.


    (Baca Juga: 5 Dress Rumahan Yang Modis Dan Nyaman Untuk Bekerja Di Rumah)


    3. Layaknya wawancara tatap-muka, selalu persiapkan dirimu sebaik mungkin. Cari informasi yang banyak seputar perusahaan yang kamu tuju, baca job description yang adam dan persiapkan jawaban yang baik untuk pertanyaan umum.

    4. Gunakan waktu yang ada sebaik mungkin. Kalau kamu menyediakan 1 jam untuk wawancara, luangkan 15 menit untuk sesi diskusi. Di waktu ini, kamu bisa berikan pertanyaan pada HRD agar menunjukkan ketertarikanmu pada posisi yang ditawarkan.



    Berpikir untuk keluar dari kantor, pikir lagi...

    Mungkin saat ini bukanlah waktu yang tepat untuk keluar dari pekerjaanmu. Tenangkan pikiran dan hati namun tetap buka dirimu terhadap kesempatan baru dari teman, kerabat, atau rekan kerja lain. Gunakan waktu ini untuk mempertajam banyak kemampuan baru demi kesempatan menarik di masa depan.


    (Baca Juga: Berniat Jadi Freelancer, Ini Yang Harus Kamu Tahu)


    Itulah tips yang bisa kamu coba untuk berhasil dapatkan lowongan kerja di masa pandemi Covid-19. Tetap semangat, ya. Kamu pasti bisa.




 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below