Ketahui 5 Manfaat Pepaya Untuk Kulit Sehat Dan Cantik Alami


  • Ketahui 5 Manfaat Pepaya Untuk Kulit Sehat Dan Cantik Alami
    Apakah kamu sudah familiar dengan manfaat pepaya untuk kulit? (Foto: Dok. Freepik)

    Selain dikenal bisa melancarkan pencernaan, ternyata buah pepaya juga memiliki manfaat yang baik untuk kecantikan kulit. Karena memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, pepaya bisa membantu mencerahkan, memperlancar regenerasi kulit, memberi efek antioksidan, serta mengencangkan pori-pori. 


    Selain itu, buah pepaya juga kaya akan nutrisi bermanfaat lainnya, seperti pro mulai dari vitamin A, beta karoten, niacin, folat, vitamin B6, vitamin E, vitamin K, polifenol, danielone, kalium, magnesium, dan kalsium. Enzim papain di dalamnya juga berfungsi sebagai anti jamur dan anti bakteri. 




    (Baca juga: 7 Bahan Alami yang Dapat Digunakan Untuk Atasi Komedo)


    Saat ini memang sudah banyak produk kecantikan yang menggunakan ekstrak pepaya sebagai salah satu kandungannya. Tapi kalau merasa belum yakin produk mana yang akan cocok, kamu bisa mencoba masker pepaya terlebih dahulu di rumah. 


    Cukup haluskan pepaya matang yang dingin, lalu aplikasikan ke wajah sebagai wash-off mask. Agar kulit wajah bisa mendapatkan manfaat yang maksimal dari pepaya, sebaiknya ikuti dengan perlindungan sinar matahari dan gaya hidup yang sehat. Manfaat pepaya untuk kecantikan kulit di antaranya adalah:


    1. Mencegah Jerawat

    Fungsi anti jamur dan anti bakteri dari enzim papain di dalam pepaya sangat berguna untuk melindungi kulit dari peradangan jerawat. Masker pepaya juga mampu menyerap kotoran dan sumbatan pada pori-pori wajah, sehingga kulit terasa lebih bersih menyeluruh. Salah satu trik mencegah jerawat dan mengurangi minyak berlebih adalah dengan mencampurkan masker pepaya dengan larutan teh hijau. Selain mencegah, pepaya juga dapat mempercepat penyembuhan dan pengempesan jerawat yang sudah ada. 


    2. Mencerahkan Kulit

    Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, pepaya mengandung vitamin C yang tinggi beserta nutrisi lainnya. Hal ini membuatnya efektif dalam meratakan warna kulit dan membuat kulit lebih cerah. Untuk mendapatkan efek mencerahkan, gunakan masker pepaya selama 20 menit kemudian bilas dengan air dingin.


    3. Memperlambat Munculnya Tanda Penuaan


    (Jumlah vitamin C dalam 100 gram buah pepaya dapat memenuhi kebutuhan vitamin C tubuh untuk sehari. Foto: Dok. Freepik)

    Kandungan vitamin A pada pepaya dapat meluruhkan sel kulit mati dan menjaga kulit tetap lembut serta elastis. Pepaya juga mengandung AHA yang dapat membantu membersihkan sel kulit mati, serta meminimalisir garis halus dan kerutan. Dengan regenerasi kulit yang berjalan optimal, flek hitam dan noda bekas jerawat yang ada pada wajah pun akan memudar. Otomatis, wajah terlihat lebih segar bercahya dan tampak lebih muda. Vitamin C dan E pada pepaya dapat membantu kamu untuk memiliki kulit yang sehat dan tampak lebih muda.


    4. Mengecilkan Pori-pori

    Penampakan pori-pori yang besar dan jelas juga kerap mengganggu penampilan. Penggunaan masker pepaya yang rutin dapat membantu mengecilkan pori-pori sehingga kulit wajah tampak lebih halus. 


    (Baca juga: Lakukan 10 Hal ini Untuk Tampil Cantik Alami Tanpa Makeup)


    5. Menangani Eksim dan Psoriasis

    Bagi kamu yang memiliki kondisi kulit eksim dan psoriasis, pepaya juga bisa membantu menenangkan. Aplikasikan masker pepaya sebagai spot treatment di area yang membutuhkan untuk meredakan rasa gatal dan kemerahan. Pepaya juga akan membantu mengembalikan kelembapan di area-area yang kering tersebut. 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below