7 Manfaat Menggenggam Tangan Pasangan Bagi Hubungan Cinta


  • 7 Manfaat Menggenggam Tangan Pasangan Bagi Hubungan Cinta
    Ketahui sejumlah manfaat menggenggam tangan pasangan untuk hubungan percintaan (Foto:Dok/Pixabay/Freephoto)


    Saat menjalani hubungan cinta, berbagai masalah kerap hadir silih berganti. Mulai dari kesalahpahaman, cemburu, khawatir dan lainnya yang bisa memicu pertengkaran hingga emosi.

    Jika hal semacam itu terjadi, Selain duduk berdua dan mengkomunikasikannya, melakukan beberapa kontak fisik juga bisa membantu agar jalinan kasih tak kandas di tengah jalan. Salah satunya adalah menggengam tangan pasangan. Mengapa demikian?

    Selain mudah dilakukan, cara ini juga terbukti bisa meredakan stres dan amarah yang timbul saat bertengkar. Beberapa penelitian juga telah menemukan manfaat dari sentuhan bagi percintaan. Dirangkum dari berbagai sumber berikut sejumlah manfaat lain dari berpegangan tangan.

    (Baca Juga: 5 Posisi Pelukan Yang Baik Dan Manfaatnya Bagi Hubungan)


    1. Menurunkan stres

    Sebuah studi yang dilakukan oleh Tiffany Field dari University of Miami di Florida menemukan bahwa berpegangan tangan dengan pasangan, teman, atau rekan kerja bisa mengontrol hormon kortisol yang bisa memicul stres saat meningkat. 

    Oleh sebabnya, saat kita cemas, sentuhan ringan di telapak tangan dan ujung jari bisa mengurangi ketegangan baik fisik atau pun mental. Bagian ini adalah letak terpeka dan paling cepat menerima rangsangan.


    2. Meningkatkan cinta dan kekompakan

    Selain membantu meredakan hormon kortisol, berpegangan tangan juga efektif untuk meningkatkan hormon oksitosin. Hormin ini memperkuat empati dan komunikasi antara pasangan dalam suatu hubungan. Bahkan, bisa juga membuat perasaan membaik.

    Tak hanya itu, melansir laman Nursing Times, Honey Langcaster James seorang psikologis telah menyarankan untuk melakukan kontak fisik dengan orang tua, terutama saat menjalani penyembuhan diri.


    3. Baik untuk jantung

    Saat menyentuh tangan pasangan atau orang yang dicintai, bisa menurunkan tekanan darah yang bermanfaat untuk meningkatkan fungsi dan kinerja jantung. Sebuah studi dari Behavioral Medicine juga telah menemukan bahwa saling bersentuhan bisa menambah kekuakan untuk melawan penyakit di dalam tubuh.

    (Baca Juga: Wow! Cara Kamu Memegang HP Tentukan Gaya Asmaramu)


    4. Mengurangi rasa sakit

    Manfaat lain yang bisa dirasakan dari berpegangan tangan adalah bisa mengurangi rasa sakit. Sebagai contoh, saat seorang wanita akan menjalani persalinan, suami yang ada di sampingnya dan menggenggam tangannya akan membuat persalinan lebih lancar. Hal ini dikarenakan rasa sakit akan lebih mudah ditahan saat memegang tangan belahan jiwa.


    5. Menghilangkan rasa takut

    Saat ketakutan atau tak merasa aman, bersentuhan dengan orang yang dicintai bisa membantu untuk menenangkanmu. Hal ini disebabkan oleh otak manusia yang bisa merespon rangsangan mendadak saat adrenalin muncul dan melepaskan hormon kortisol. Dan cara ini adalah yang paling mudah untuk dilakukan saat takut.

    (Baca Juga: 7 Cara Merawat Cinta Agar Tidak Mudah Pudar)


    6. Memberi rasa aman

    Bagi pasangan hingga anak-anak bergandengan tangan adalah sumber keselamatan dan kenyaman yang paling mudah untuk didapatkan. Rasa tidak aman seketika bisa hilang saat ada tangan yang bersedia untuk digenggam.


    7. Membuat nyaman

    Hampir semua orang menyukai kenyamanan. Sensasi ini juga yang diberikan saat berpegangan tangan dengan orang yang dicinitai. Apa kamu merasakannya?

    Saat kamu berjalan-jalan menikmati suasana kota, atau hanya duduk berdua sambil bercerita, menggenggam tangan seseorang bisa membuat semua lebih menyenangkan dan mudah untuk dilalui. Langkah ini juga dipercaya membuat suatu hubungan jadi lebih berkualitas.

    Itulah sejumlah manfaat dari menggenggam tangan pasangan untuk hubungan dan rasa cinta satu sama lain.