6 Cara Mengakhiri Perselingkuhan Yang Harus Kamu Lakukan


  • 6 Cara Mengakhiri Perselingkuhan Yang Harus Kamu Lakukan
    Hubungan yang harus disembunyikan adalah tanda hubungan yang tak baik. Sebelum kelewatan, akhiri perselingkuhan dengan cara-cara ini. (Foto: Dok. Pexels/Marcello)

    Mencintai seseorang memang tak dilarang dan kita tak bisa memilih akan jatuh cinta pada siapa. Namun, untuk meneruskan dan memperdalam rasa cinta itu atau tidak adalah sebuah pilihan. Mungkin saat ini kamu sedang berada dalam hubungan yang rumit. Punya selingkuh atau justru jadi selingkuhan? Ingat, apa pun alasannya, ada hati yang terluka. Sebelum semuanya berjalan terlalu jauh, ini cara mengakhiri perselingkuhan yang harus kamu coba.


    1. Ketahui alasanmu berselingkuh

    Orang berselingkuh disebabkan banyak hal. Bisa jadi kamu enggak bahagia atau bosan dengan pasangan, ada pula yang hanya ingin mencari tantangan. Apa pun alasanmu, sadari bahwa kamu menjalani hubungan yang tidak semestinya.


    (Baca Juga: Apakah Flirting Bagian Dari Selingkuh)


    Dengan mengetahui alasan perselingkuhanmu akan lebih memudahkan untuk memutuskan hubungan dengan si kekasih gelap. Kalau kamu memang bosan dengan pasangan, perbaiki hubungan kalian. Atau jika kamu yang jadi selingkuhan karena ingin tantangan, carilah hobi baru yang menantang tanpa harus menyakiti hati orang lain.


    2. Yakinkan diri untuk mengakhiri perselingkuhan

    Dalam lubuk hati terdalam, mungkin kamu merasa salah melakukan hal ini. Cari tahu alasan terdalam mengapa kamu memang ingin keluar dari hubungan gelap ini. Putus memang enggak gampang, apalagi kalau kamu masih menyayangi kekasih gelapmu, tapi saat kamu bisa menghargai diri sendiri dan pasangan sah, kamu akan sadar bahwa hubungan yang harus disembunyikan adalah sebuah hubungan yang salah.


    3. Berani terima risiko

    Semua hubungan punya risikonya masing-masing, termasuk perselingkuhan. Mungkin di masa depan, akhirnya pasanganmu akan tahu soal hubungan gelapmu. Atau, si dia memang sudah tahu tapi berusaha untuk diam. Namun, kamu enggak boleh menyerah. Pahami bahwa pasangan berhak merasa dirugikan. Sebaiknya, berusahalah sekeras mungkin untuk mengembalikan rasa percayanya dan menerima segala risiko yang ada.


    (Baca Juga: Alasan Kenapa Pria Selingkuh Dan Tanda-Tandanya)


    4. Akhiri dengan jelas

    Saat hendak memutuskan hubungan dengan kekasih gelap, berusahalah untuk jujur tanpa menggunakan istilah yang samar. Hindari menggunakan kalimat, "Mungkin suatu hari kita akan kembali bersatu" atau "Aku akan selalu mencintaimu" pada kekasih gelap karena hal ini hanya akan berujung pada masalah baru. 


    Cukup ucapkan selamat tinggal dan kamu tak mau melihatnya lagi. Segera tutup pintu emosional yang ada dan putuskan semua kontak dengannya. Berikan alasan jujur bahwa hubungan kalian memang tak akan pernah lebih dari sekadar perselingkuhan. Kedua, jujurlah pada pasangan sah.


    5. Hapus semua akses komunikasi

    Mungkin kamu akan merasa ingin sekali menghubungi kekasih gelap. Jika tidak segera diantisipasi, hal ini akan sangat berbahaya karena kamu bisa kembali ke "lubang" yang sama. Jangan biarkan ia kembali masuk dalam hidupmu. Mungkin ia akan berusaha menghubungimu kembali dan meyakinkan untuk tetap tinggal, lawanlah semua usaha itu dengan menghapus atau blokir nomornya. Putuskan juga segala kontak dengan orang-orang yang mungkin dekat dengan kekasih gelapmu. Kamu pun tak akan tergoda untuk menghubunginya lagi.


    (Baca Juga: Walau Sakit, Begini Cara Memaafkan Pasangan Yang Selingkuh)


    6. Lakukan perubahan besar

    Kamu sukses keluar dari jerat perselingkuhan dan pasangan sudah memaafkanmu. Mungkin juga kamu sudah tak merasa bersalah dan mulai percaya diri lagi. Nah, gunakan waktu ini untuk berubah dan menjadi pribadi yang lebih baik. Hargai perasaan pasanganmu sekarang. Jika masih ada kecurigaan dari si dia, jangan langsung marah dan maklumi perasaannya. Karena rasa sakit akibat diselingkuhi tak akan langsung hilang.


    Pastikan kamu benar-benar melakukan semua tips di atas agar bisa segera mengakhiri perselingkuhanmu, ya. Semoga berhasil!c