Cerminan Harapan Dan Kebangkitan Amotsyamsurimuda


  • Cerminan Harapan Dan Kebangkitan Amotsyamsurimuda
    Label fashion lokal Amotsyamsurimuda menghadirkan koleksi tahunan 'Judgement-free Zone' melalui virtual fashion show. (Foto: Dok. A-Corp- Media)


    Kondisi pandemi yang sedang melanda membuat tantangan baru bagi setiap orang. Tidak terkecuali industri mode yang dulu identik dengan peragaan busana saat fashion week, kini pun dituntut untuk menampilkan koleksi terbaru secara digital. Hal ini juga dirasakan oleh para perancang busana Tanah Air, termasuk Amot Syamsuri Muda.




    (Baca Juga: Musim Panas Finlandia Di Koleksi Uniqlo X Marimekko Terbaru)


    Untuk meluncurkan koleksi terbaru label miliknya, Amotsyamsurimuda, ia tidak mengadakan pagelaran tahunan yang biasanya dilakukan. Melainkan melalui virtual fashion show yang bekerjasama dengan Studio47 untuk produksi, fotografer fashion ternama Glenn Prasetya, serta koreografer papan atas peragaan busana Edwan Handoko.


    Bertajuk 'Judgement-free Zone', koleksi tahunan Amotsyamsurimuda kali ini bercerita tentang kebebasan dalam berkarya di tengah kebatasan. Koleksi yang bersifat seasonless ini terdiri dari 22 looks yang memiliki arti mendalam bagi sang desainer sekaligus direktur kreatif, karena mengusung pesan "harapan dan restorasi" pada karyanya.



    Berbagai produk dalam koleksi ini dijahit langsung oleh Amot selama masa self-quarantine sebagai bentuk ekspresi kreativitas tanpa batas selaku seniman yang menolak untuk terkurung dalam kecemasan situasi dunia. Setiap produknya diharapkan menjadi cerminan "harapan dan kebangkitan" setiap insan seni untuk terus maju walaupun terhimpit situasi yang suram.


    Koleksi ini diciptakan dalam segala keterbatasan kegiatan produksi dan logistik bahan, sehingga mendorong sang desainer untuk mengulik kembali bahan-bahan arsip dan ikon dari koleksi terdahulu, yang di-twist menggunakan proses pengolahan dye dan patch-work untuk memberikan sentuhan berbeda yang lebih unik, segar, dan oranik, namun tetap mempertahankan aspek wearability.


    Sentuhan era tahun 1980-an yang memiliki warna berani, oversized, dan strong shoulder menjadi inspirasi utama koleksi ini, dikombinasikan juga dengan gaya teddy boy yang populer pada awal tahun 1950-an.


    (Baca Juga: Tulola Segera Hadirkan Koleksi Artwear Terbaru)


    Video virtual fashion show akan ditayangkan melalui akun Instagram @amotsyamsurimuda serta lebih dari puluhan akun personal pendukung yang terlibat dalam produksi ini. Video ini akan dibagi menjadi tiga rangkaian terpisah yang dirilis secara bergilir, yaitu hari ini pada pukul 18:00 WIB dan besok pada pukul 12:00 serta 18:00 WIB.


    Video behind the scene proses produksi virtual fashion show juga akan ditayakangkan melalui channel YouTube Amotsyamsurimuda Studio pada hari Jumat (26/6) mendatang. 




 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below