Penuaan Dini Pada Wajah, Segera Hindari 5 Kebiasaan Ini


  • Penuaan Dini Pada Wajah, Segera Hindari 5 Kebiasaan Ini
    Kebiasaan yang kita anggap wajar ternyata bisa memicu penuaan dini. (Foto: Dok. Drobotdean/Freepik.com)

    Penuaan kulit memang tidak terhindarkan seiring bertambahnya usia. Namun sayangnya, hal ini bisa terjadi lebih cepat akibat berbagai faktor. Mulai dari gaya hidup, pola makan, hormon, sampai kebiasaan sehari-hari. Walaupun jarang disadari, inilah lima kebiasaan yang bisa memicu penuaan dini pada wajah.


    (Baca Juga: 7 Serum untuk Mengatasi Penuaan Dini yang Patut Dicoba)




    1. Kurang waktu tidur dan istirahat

    Regenerasi dan perbaikan kulit terjadi secara optimal pada malam hari. Jika kita tidur terlalu larut, atau bahkan tidur pagi, siklus kulit tadi akan terganggu. Akibatnya, kulit akan terlihat lelah dan tidak sesegar seharusnya. Skincare yang kamu gunakan juga tidak akan bekerja optimal. Kulit akan lebih mudah kehilangan kekenyalan dan hidrasinya, garis halus juga mulai muncul. 


    2. Malas membersihkan wajah sebelum tidur

    Di penghujung hari, keringat, sebum, kotoran, dan sisa-sisa makeup tentunya menumpuk pada kulit. Jika tidak dibersihkan, residu tadi akan menyumbat pori-pori dan menghambat regenerasi kulit. Selain bisa memicu penuaan dini, kebiasaan ini juga bisa mengundang peradangan jerawat. 


    3. Tidak menggunakan tabir surya

    Kebiasaan buruk lain yang bisa memicu penuaan dini adalah melalaikan penggunaan tabir surya atau sunscreen. Paparan sinar matahari, terutama UVA, dapat menyebabkan photoaging yang meliputi flek hitam, garis halus, dan warna kulit tidak rata. Walaupun berada di dalam ruangan, kita tetap terpapar oleh spektrum UVA karena ia bisa menemus kaca, sedangkan UVB tidak. Jadi selalu gunakan sunscreen ya!


    4. Merokok

    Selain berdampak buruk bagi paru-paru dan kesehatan tubuh secara keseluruhan, merokok juga bisa mempengaruhi penampilan. Zat-zat beracun yang ada pada rokok cenderung memperburuk jaringan tubuh, dan menghambat peredaran darah, termasuk peredaran darah ke wajah. Hal ini akan mempercepat munculnya kerutan, wajah juga akan tampak lebih kusam. 


    5. Mengonsumsi minuman beralkohol berlebihan

    Poin ini tidak jauh berbeda dari efek merokok. Konsumsi alkohol dapat menyebabkan kerusakan jaringan karena sifatnya menyerupai radikal bebas. Alkohol juga dapat menurunkan kadar vitamin A, B3, dan C di dalam tubuh. Sementara ketiga vitamin tersebut merupakan antioksidan penting untuk regenerasi sel baru, termasuk sel kulit. 


    (Baca juga: 8 Foundation Anti Aging Untuk Kulit Lebih Awet Muda)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below